>

Hp Anda Ngelag saat Bermain Game Online? Lakukan 13 Tips Ini

tips-hp-ngelag-saat-bermain-game-online



Vadcoy.com - Siapa yang tidak punya hp Android di zaman yang serba digital sekarang ini? Tentunya, hampir semua orang mempunyai alat teknologi yang satu ini.

Pada zaman dahulu, bermain game online adalah hal yang sangat sulit dan masih jarang orang-orang bisa memainkannya. Mereka hanya bermain game tradisional saja.

Namun, pada zaman sekarang orang-orang sudah bisa beemain game secara online dengan hanya beediam di rumah saja.

Bahkan bermain dengan orang-orang yang jauh jaraknya dari rumah, dan sampai bermain dengan orang luar negeri pula.

Bermain game online memiliki beberapa syarat yang harus dimiliki, yaitu hp android, aplikasi game online yang akan dimainkan, dan kuota internet yang memadai.

Akan tetapi, saat Anda memainkan game online Anda tidak jarang akan mendapatkan beberapa kendala atau gangguan. Salah satunya adalah ngelag saat bermain game online.

Apa itu ngelag atau lag?
Ngelag atau lag adalah suatu gangguan pada sebuah perangkat lunak pada hp/komputer/dll, yang mana perangkat tersebut akan terhenti sejenak bahkan lama saat sedang digunakan.

Misalnya saat Anda sedang bermain game, tiba-tiba game yang sedang Anda mainkan akan berhenti sejenak atau bahkan lama karena beberapa hal yang mengganggu hp Anda.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika hp Anda tiba-tiba ngelag saat bermain game online.

1. Mengosongkan ruang memori hp

Penyebab pertama yang bisa membuat hp Anda ngelag saat bermain game adalah memori hp yang penuh atau bahkan full tidak ada ruang sama sekali.

Jika terjadi demikian, sebaiknya Anda menyisakan beberapa ruang penyimpanan pada memori hp Anda. Sehingga android bisa berjalan dengan lancar tanpa terjadi ngelag saat bermain game.


2. Uninstall aplikasi yang tidak perlu

Apakah hp Anda memiliki banyak aplikasi? Jika ya, maka hapus aplikasi yang sekiranya tidak sering Anda buka. Hal demikian bisa menyebabkan hp Anda ngelag. 

Bukan hanya saat Anda sedang bermain game saja, namun ketika Anda sedang membuka aplikasi lainnya juga akan terjadi ngelag pada hp Anda. Terutama aplikasi yang memakan ruang penyimpanan besar. 

3. Gunakan aplikasi pembersih hp

Aplikasi pembersih hp berguna untuk membersihkan beberapa file sampah yang sudah tidak terpakai. Karena file-file tersebut bisa membuat hp Anda ngelag. 

Oleh karenanya Anda membutuhkan aplikasi pembersih hp untuk membuang file sampah itu. Sehingga hp bisa bekerja dengan normal kembali dan menjadi lebih ringan saat bermain game. 

4. Gunakan sinyal operator terbaik

Siapa sangka jika sinyal operator ternyata sangat berpengaruh sekali dalam bermain game online. Semakin sinyal operator buruk atau lemah, maka semakin parah pula lag yang terjadi pada hp. 

Maka gunakanlah sinyal operator terbaik saat bermain game online. Biasanya setiap daerah memiliki sinyal operator terbaiknya masing-masing. Anda bisa menanyakan sinyal operator mana yang terbaik pada daerah tersebut kepada konter penjual pulsa. 

5. Jangan charge hp sambil bermain game

Anda mungkin tidak sadar jika bermain game sambil mencharge hp ternyata bisa membuat hp ngelag. Apalagi jika charger yang Anda gunakan merek abal-abal alias kw.

Sudah dipastikan hp akan terasa berat dan bermain game pun akan terganggu. Usahakan untuk menggunakan charger yang original ketika mencharge hp sambil bermain game. Jika masih terasa ngelag, maka sebaiknya Anda tunda dulu bermain gamenya sampai baterai hp benar-benar full.

6. Mulai ulang game

Coba juga untuk melakukan tips ini, yaitu memulai ulang game! Dengan cara keluar dari game tersebut, lalu kembali membukanya lagi. 

Atau Anda juga bisa menggunakan cara keluar dengan tombol minimize, lalu menutup game tersebut. Cukup simpel bukan?

7. Merestart hp

Merestart hp dengan cara menekan tombol power, lalu Anda memilih menu restart atau mulai ulang. 

Dengan demikian, hp Anda sudah bisa digunakan untuk bermain game kembali dan tidak mengalami gangguan lag seperti sebelumnya.

8. Bersihkan cache

Tips selanjutnya adalah dengan cara membersihkan cache pada hp. Cache yang tidak pernah dibersihkan bisa membuat hp menjadi berat.

Cara membersihkannya Anda bisa pergi ke pengaturan, lalu pilih menu penyimpanan hp. Kemudian Anda pilih menu bersihkan cache. Dan silahkan mainkan game kembali.

9. Update game selalu

Ketika bermain game terasa ngelag, cobalah untuk mengecek versi game tersebut. Apakah game perlu diupdate atau tidak.

Jika terdapat versi yang terbaru, maka game harus Anda update secepatnya. Karena game yang tidak diupdate hanya akan membuat Anda tidak nyaman ketika memainkannya.

Bahkan bisa menyebabkan lag saat Anda memainkannya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda selalu mengecek versi game tersebut dan selalu mengupdatenya.

10. Tutup aplikasi yang bekerja di latar belakang layar

Sering kali kita tidak sadar ketika menggunakan hp, bahwa aplikasi yang kita buka sebelumnya masih terbuka di belakang layar hp.

Saking asyiknya memainkan game, kita pun lupa untuk menutup aplikasi-aplikasi tersebut. Sehingga membuat game menjadi berat dan menyebabkan lag saat dimainkan.

Jadi, jangan pernah lupa untuk menutup kembali aplikasi yang sudah Anda gunakan sebelumnya, terlebih jika Anda hendak bermain game.

11. Istirahatkan hp ketika terasa panas

Kemudian ketika hp Anda sudah mulai terasa panas, sebaiknya berhenti bermain game terlebih dahulu. Biasanya hal ini terjadi karena Anda terlalu lama bermain game.

Anda bisa melanjutkan kembali saat hp Anda sudah mulai terasa adem atau sudah tidak panas lagi. Karena hp sama seperti tubuh manusia, jika mulai terasa lelah, maka harus diistirahatkan dulu.

12. Jangan berbagi jaringan ke hp lain

Tak heran saat Anda bermain game bersama teman-teman Anda (MaBar). Ada saja kejadian pada teman Anda yang kehabisan kuota.

Lalu Anda pun berbagi jaringan dengan teman Anda tersebut. Lama-kelamaan hp Anda pun akan terasa ngelag akibat jaringan yang Anda bagikan itu.

Karena berbagi jaringan sama saja Anda sudah mengurangi kecepatan internet pada hp Anda, dan akhirnya menyebabkan lag pada hp Anda.

13. Mengganti hp jika memungkinkan

Tips yang terakhir jika hp Anda masih ngelag saja saat bermain game online. Padahal Anda sudah melakukan ke-12 tips di atas.

Maka cara yang terakhir adalah mengganti hp Anda. Mungkin hp Anda memang tidak cocok untuk bermain game online.

Anda bisa cek spesifikasi hp, apakah memang sudah memenuhi syarat atau belun untuk bermain game online.

Jika tidak memenuhi syarat, maka Anda harus mengganti hp Anda. Dan tentunya Anda juga harus menyiapkan dana yang lumayan besar.

Karena hp yang semakin lancar untuk bermain game online, tentu harganya juga semakin mahal.

Itulah 13 tips yang bisa Admin bagikan. Semoga ke-13 tips tersebut bisa bermanfaat bagi Anda semua!

Belum ada Komentar untuk "Hp Anda Ngelag saat Bermain Game Online? Lakukan 13 Tips Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel