>

Contoh Abstrak Skripsi tentang Analisis Strategi Marketing Syariah

contoh-abstrak-skripsi-marketing-syariah

ABSTRAK

Judul Skripsi: "ANALISIS STRATEGI MARKETING SYARIAH DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS WARALABA (Studi Kasus di Toserba Mitra Indah Beber Kab. Cirebon)"

Dewasa ini seringkali menjumpai cara pemasaran yang tidak etis, curang dan tidak profesional. Kegiatan marketing atau pemasaran seharusnya dikembalikan pada karakteristik yang sebenarnya, yakni religius, beretika, realistis, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Inilah yang dinamakan marketing syariah, dan inilah konsep terbaik untuk hari ini dan masa depan. Bisnis yang menerapkan strategi marketing syariah dengan tepat seharusnya dapat bertahan lama dalam menjalankan usahanya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing yang sesuai dengan syariat Islam, untuk menganalisis strategi marketing syariah Toserba Mitra Indah Beber dalam menghadapi persaingan bisnis waralaba, untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat Toserba Mitra Indah dalam menghadapi persaingan bisnis waralaba.


Metodologi dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian adalah deskriptif analitik. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik pengolahan data menggunakan teknik analisis data deskriptif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi yang diterapkan Toserba Mitra Indah Beber adalah menerapkan strategi harga yaitu dengan memberikan harga yang pas dan relatif murah, serta memberikan pelayanan yang ramah, jujur, dan berpedoman pada karakteristik marketing syariah. Akan tetapi, karena keterbatasan sumber daya manusia dan teknologi serta hanya berpedoman pada strategi lama menjadikan Toserba Mitra Indah hanya mampu bertahan dan sulit untuk bersaing.


Strategi yang diterapkan Toserba Mitra Indah Beber sudah sesuai dengan karakteristik marketing syariah, namun jauh daripada konsep Marketing syariahnya itu sendiri. Diharapkan Toserba Mitra Indah Beber terus berinovasi dengan menerapkan strategi-strategi baru, serta terus meningkatkan kualitas pelayanan terhadap konsumen sehingga mampu bersaing di tengah kemajuan bisnis waralaba yang sangat pesat. Diharapkan Toserba Mitra Indah dapat meningkatkan promosinya melalui internet maupun media sosial lainnya.

Kata Kunci: Marketing Syariah, Strategi Marketing, Bisnis Waralaba

Belum ada Komentar untuk "Contoh Abstrak Skripsi tentang Analisis Strategi Marketing Syariah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel