>

Contoh Abstrak Skripsi tentang Penggunaan Origami dalam Meningkatkan Motorik Anak

contoh-abstrak-skripsi-tentang-penggunaan-origami

ABSTRAK

Judul Skripsi: "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ORIGAMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B1 RA THOLA’AL BADR DESA ASTANA GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON"

Skripsi ini membahas perihal “Efektivitas Penggunaan Origami dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Kelompok B1 RA Thola’al Badr Desa Astana Gunung Jati Kabupaten Cirebon”. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan, diperoleh informasi bahwa kemampuan motorik halus anak kelompok B1 RA Thola’al Badr belum memperlihatkan kemampuan yang optimal karena 10 diantara 15 anak masih mengalami kesulitan dalam aspek motorik halus anak.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest and Posttest dengan menggunakan observasi sebagai alat pengumpulan data. Sampel yang digunakan dslam penelitian ini adalah sampel jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Data hasil penelitian yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif data sebelum dan sesudah perlakuan dengan menggunakan tabel konversi persentase untuk menentukan tingkat kemampuan motorik halus anak.


Kemudian tabulasi data hasil penelitian dengan menggunakan analisis statistik inferensial yaitu uji beda rerata dengan rumus Uji t untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan penelitian. Selanjutnya, hasil dari perhitungan ststistik dengan Uji t dapat diketahui perbeedaan kemampuan motorik halus anak sebelum dan sesudah perlakuan penggunaan origami. Pada hasil pretest kemampuan motorik halus anak hanya 35 % atau berada pada klasifikasi presentase kurang, dan pada hasil posttest kemampuan motorik halus anak 80 % atau berada pada klasifikasi persentase sangat baik. Kemampuan motorik halus sebelum dan sesudah terdapat perbedaan yang signifikan, ini ditunjukkan oleh t hitung (27,27) > t tabel (2,145), dengan taraf signifikan 5 % yang berarti pernyataan H0 ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa tingkat efektivitas penggunaan origami terhadap kemampuan motorik halus sangat signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu masukan untuk kegiatan RA Thola’al Badr dalam meningkatkan kemampuan motorik halus.

Kata Kunci: Origami, Motorik Halus, Efektivitas

Belum ada Komentar untuk "Contoh Abstrak Skripsi tentang Penggunaan Origami dalam Meningkatkan Motorik Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel