>

Contoh Abstrak Skripsi tentang Model Pembelajaran Team Quiz

contoh-abstrak-skripsi-model-team-quiz

ABSTRAK

Judul Skripsi: "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 3 BUNTET KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON"

Skripsi ini membahas Efektivitas Model Pembelajaran Team Quiz dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SDN 3 Buntet Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019. Kajiannya dilatarbelakangi oleh begitu pesatnya kemajuan sekolah di era modern ini, setiap sekolah selalu melakukan inovasi pembelajaran sehingga siswa tidak merasa bosan dalam kelas. Kebosanan adalah salah satu penghambat dalam proses pembelajaran. Siswa menjadi tidak aktif dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas model pembelajaran team quiz dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 3 Buntet Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode tes dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes untuk mendapatkan data tentang efektivitas model team quiz (X) dan dokumentasi untuk mendapatkan data tentang hasil belajar siswa (Y).


Penelitian ini merupakan penelitian random sampling, karena hanya mengambil siswa kelas V di SDN 3 Buntet dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 34 responden. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis uji normalitas dan uji homogenitas yang ada yaitu variabel X (penggunaan model team quiz) dan variabel Y (peningkatan hasil belajar siswa). Kemudian data penelitian dari kedua variabel tersebut diolah untuk mengetahui hasil belajar dari nilai pre test dan post test.

Selanjutnya, hasil dari perhitungan statistik, dimana terdapat hasil yang positif antara penggunaan model team quiz (X) terhadap peningkatan hasil belajar siswa (Y). Hal ini ditunjukan oleh hasil uji Paired Samples Test di atas nilai thitung sebesar 9,418 dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 dan thitung (9,418) lebih besar dari ttabel (2.14479) yang dapat diartikan perbedaan kemampuan kerja sama siswa adalah signifikan.

Penerapan model team quiz diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi siswa disekolah. Model pembelajaran ini, diharapkan siswa akan merubah cara belajar dari belajar positif menjadi aktif. Penelitian ini, dihrapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar disekolah khususnya di SDN 3 Buntet, terutama dalam memberi dorongan kepada siswa untuk senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai.

Kata Kunci: Model Team Quiz, Hasil Belajar, IPS

Belum ada Komentar untuk "Contoh Abstrak Skripsi tentang Model Pembelajaran Team Quiz"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel