>

Contoh Abstrak Skripsi tentang Kecerdasan Spritual Siswa Melalui Solat Dhuha

contoh-abstrak-skripsi-kecerdasan-spiritual-siswa

ABSTRAK

Judul Skripsi: "Pembinaan Kecerdasan Spiritual Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Sunnah Dhuha di Madrasah Aliyah Salafiyah Bode" 

Shalat dhuha bagi seorang pelajar akan memotivasinya untuk menjadikan sekolah sebagai lahan ibadah menuntut ilmu dan prestasi, juga melatih kualitas hubungan harmonis dengan guru, orang tua, dan sesama rekannya. Ketika kita melakukan shalat dhuha, kita sedang melakukan audiensi (spiritual) dengan Allah SWT. Spiritualitas juga memiliki dampak integritas dan harmonisasi yang melibatkan kesatuan batin dan keterhubungan dengan manusia lian serta realitas yang lebih luas, serta kemampuan individu untuk menjadi transenden (berfikir jauh ke depan) sehingga dapat menjalin hubungan yang lebih efektif dengan sesama.


Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Salafiyah Bode. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan Teknik pengolahan data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan.

Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) Cara yang dilakukan guru dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Salafiyah Bode Plumbon Cirebon diantaranya, yang paling utama yaitu melakukan pendisiplinan waktu baik untuk melakukan kegiatan shalat sunnah dhuha, maupun dalam pelaksanaan KBM. 2) Dalam pelaksanaan kegiatan shalat dhuha untuk mewujudkan visi dari lembaga pendidikan agar terwujudnya lembaga pendidikan yang favorit dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dan akhlaqul karimanya. tidak terlepas dari berbagai macam hambatan, baik dari internal maupun eksternal. 3) fungsi dan tujuan diadakanya pembinaan shalat dhuha karena bagi sebagian orang meyakini shalat dhuha dapat membantu dalam mendapatkan kesuksesan. Namun pada dasarnya kesuksesan juga tidak bisa didapatkan tanpa usaha. Oleh karena itu agar lebih seimbang dan juga menjadi berkah, semuanya harus dilakukan dengan berusaha dan ditunjang dengan berdoa, salah satunya dengan menjalankan salat dhuha.


Maka dapat diambil ke simpulan bahwasanya, menumbuhkan kecerdasan spiritual kepada anak dengan cara melakukan pendisiplinan. Dan lebih diutamakan dalam hal beribadah yakni shalat dhuha, karena shalat dhuha diyakini mampu mendatangkan kesuksesan. Walaupun pada hakikatnya kesuksesan harus kita jemput dengan doa beserta usaha. Dalam hal ini menjalakan shalat dhuha dengan rajin dan khusyuk.

Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Shalat Dhuha

Belum ada Komentar untuk "Contoh Abstrak Skripsi tentang Kecerdasan Spritual Siswa Melalui Solat Dhuha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel