>

Contoh Abstrak Skripsi tentang Karakter Disiplin Shalat Dhuha

abstrak-skripsi-karakter-disiplin

ABSTRAK

Judul Skripsi: "IMPLEMENTASI KARAKTER DISIPLIN SHALAT DHUHA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI KELAS X DI SMA NEGERI 3 KOTA CIREBON"

Skripsi ini membahas implementasi karakter disiplin shalat dhuha dalam meningkatkan prestasi belajar PAI kelas X di SMA Negeri 3 Kota Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019. Kajiannya dilatarbelakangi oleh begitu pentingnya siswa mempunyai karakter disiplin terutama karakter disiplinan dalam beribadah, problem pada zaman sekarang ini masih banyak siswa yang kurang memperhatiakan akan kedisiplinan dalam beribadah seperti lalai dalam mengerjakan shalat, hal tersebut siswa kuarang memperhatikan dan mengatur waktu. Kasus tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti sosial media, pergaulan dan yang lainnya Sehingga dengan siswa yang kurang akan kedisiplinan khususnya disiplin dalam beribadah maka itu akan mempengahuhi pada tinngkat prestasi belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar PAI dari implementasi karakter disiplin shalat dhuha kelas X di SMA Negeri 3 Kota Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019.


Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket, observasi dan dokumen. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan koesioner atau angket untuk mendapatkan data tentang karakter disiplin shalat dhuha (X) dan prestasi belajar PAI (Y). Penelitian ini Mengambil sampel sebanyak 15% dari jumlah populasi sebanyak 387 dengan subyek penelitian sebanyak 60 responden. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan tekhik analisis Statistik deskriptif yaitu statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul.

Selanjutnya, hasil dari perhitungan statistik dengan Uji Linearitas dan Uji Regresi, dimana terdapat hubungan yang linear antara variabel X (Karakter disiplin shalat dhuha) dengan variabel Y (Prestasi belajar PAI) ditunjukan oleh signifikansi 0,350 > 0,05. Sementara itu Dari koefisien determinasi diperoleh sebesar 26,9361%. Hal ini berarti bahwa variabel karakter disiplin shalat dhuha memberikan kontribusi dalam meningkatkan prestasi belajar PAI sebesar 26,9361% dan sisanya (73,0639%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.


Implementasi karakter disiplin shalat dhuha diharapkan dapat meningkatkatkan prestasi belajar PAI. Penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan pelaksanaan shalat dhuha di sekolah khususnya di SMA Negeri 3 Kota Cirebon, terutama dalam memberi dorongan kepada siswa untuk senantiasa meningkatkan prestasi belajar secara lebih memadai.

Kata Kunci: Disiplin, Shalat Dhuha, Prestasi Belajar

Belum ada Komentar untuk "Contoh Abstrak Skripsi tentang Karakter Disiplin Shalat Dhuha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel