>

5 Mindset (Pola Pikir) yang Harus Anda Jauhi

5-mindset-yang-harus-anda-jauhi


Vadcoy.com - Apakah Anda selalu merasa bahwa hidup itu harus dijalani mengalir saja seperti air? Jika jawaban Anda ya, maka ada yang salah pada mindset Anda.

Setiap orang diciptakan pada hakikatnya memiliki drajat yang sama sejak lahir ke dunia. Namun, proses pertumbuhan, pendidikan, dan perkembangannya lah yang membuatnya berbeda-beda.

Begitu pula dengan mindset (pola pikir), tentu setiap orang mempunyai pemikiran yang berbeda-beda pula. Ada yang dinamakan mindset positif dan negatif.

Keduanya mempengaruhi kehidupan Anda ke depannya. Apakah Anda ingin menjadi orang yang berhasil, atau menjadi orang yang biasa-biasa saja, atau bahkan menjadi orang yang terlihat buruk. Semuanya bergantung pada Anda sendiri yang menentukan.

Karena mindset atau pola pikir adalah salah satu yang mempengaruhi kehidupan Anda, apakah itu dari segi karir, dari segi kesehatan, dari segi finansial, dan yang lainnya.

Jika Anda ingin menjadi orang yang terlihat lebih baik atau menjadi orang yang berhasil ke depannya, maka Anda harus menjauhi 5 mindset ini.

Apa saja 5 mindset tersebut? Berikut ini adalah 5 pola pikir  yang harus Anda jauhi dalam hidup Anda jika Anda ingin berhasil (sukses).

1. Khawatir berlebihan

Apabila dalam hidup Anda selalu merasa khawatir, maka sama saja pola pikir Anda sudah terbawa kepada kekhawatiran tersebut. Apalagi khawatir yang berlebihan, hal itu sangat berdampak sekali untuk kehidupan Anda.

Rekomendasi: Hitung-Hitungan Itu Penting, Tapi Jangan Perhitungan!

Memiliki rasa khawatir ternyata membuang banyak energi pada tubuh Anda, yang akhirnya energi itu terbuang dengan sia-sia. Yang seharusnya Anda gunakan untuk hal-hal positif, namun Anda menghabiskannya hanya untuk rasa khawatir saja.

Misalnya seperti khawatir apakah saya akan lulus ujian atau tidak. Lalu khawatir apakah saya bisa melunasi hutang atau tidak. Kemudian khawatir apakah saya bisa mendapatkan pekerjaan atau tidak.

Daripada Anda terbawa dengan rasa khawatir tersebut, lebih baik Anda bergerak (action) tanpa harus memiliki rasa khawatir yang berlebihan.

2. Selalu merasa hidup di masa lalu

Pola pikir yang harus Anda jauhi selanjutnya adalah selalu merasa hidup di masa lalu. Misalnya Anda pernah jaya di masa lalu, lalu pada masa sekarang kejayaan yang Anda miliki sudah hilang.

Hal yang harus Anda lakukan adalah menjauhi mindset seperti hidup di masa lalu ketika Anda sedang jaya. Anda harus bisa mengulangnya dari awal lagi tanpa memandang masa lalu yang begitu indah di mata Anda.

Tapi Anda harus bisa melihat kepahitan yang Anda hadapi di masa sekarang. Oleh karena itu, jauhi pola pikir di mana Anda selalu merasa hidup di masa lalu.

Begitu pun sebaliknya, ketika masa lalu Anda sedang pahit-pahitnya, maka jangan terlalu Anda pikirkan. Fokuslah pada masa depan dan tujuan Anda. Kejarlah cita-cita dan keberhasilan Anda, sampai Anda bisa benar-benar mengubah masa lalu Anda yang pahit tersebut.

3. Tidak ada yang mau memahami

Sebenarnya di dunia ini tidak ada yang bisa memahami diri Anda kecuali diri Anda sendiri. Sangat fatal jika Anda memiliki mindset ingin dipahami orang lain.

Rekomendasi: 5 Kesalahan Fatal Pebisnis Pemula dalam Membangun Bisnis

Misalnya dalam kenyataan pada hidup Anda banyak orang yang memahami Anda, lalu Anda pun sudah terbiasa dengan keadaan itu. Yaitu, ingin dipahami oleh orang lain.

Namun ketika Anda sedang terjatuh dan Anda sudah terlanjur memiliki mindset ingin dipahami oleh orang lain, di sinilah yang sangat berbahaya. Karena pada kenyataannya tidak ada yang mau memahami Anda.

Akhirnya Anda pun merasa tidak ada orang yang mau memahami Anda, lalu Anda terus-terusan galau dengan keadaan Anda dan tidak mau bangkit lagi dari keterpurukan.

Mindset seperti itulah yang sebenarnya membunuh Anda sendiri. Karena pada hakikatnya diri Anda sendirilah yang bisa memahami Anda, bukan orang lain. Baik itu keluarga, saudara, sahabat, bahkan teman-teman Anda.

4. Masih merasa punya banyak waktu

Selanjutnya pola pikir yang bisa membunuh Anda adalah masih merasa punya banyak waktu. Dampak dari mindset tersebut adalah Anda sering menunda-nunda dalam melakukan sesuatu.

Adapun menunda-nunda dalam melakukan sesuatu bukan termasuk kebiasaan orang-orang sukses. Hal itu termasuk kebiasaan orang-orang yang gagal dan tidak mau berusaha dalam hidupnya.

Makanya jangan heran jika Anda melihat orang-orang yang selalu menunda-nunda, hidupnya begitu-begitu saja. Pada kehidupan nyata pun sudah banyak kejadiannya.

5. Hidup itu susah dan menderita

Jika Anda masih memiliki mindset hidup itu selalu susah dan menderita, maka hidup Anda pun akan benar-benar merasa susah dan menderita.

Rekomendasi: 9 Bisnis Kecil-kecilan di Tahun 2020 yang Harus Kamu Coba

Walaupun Anda merasa hidup itu susah, maka jangan sekali-kali merasa hidup itu susah. Sebaiknya Anda jadikan kesusahan itu sebagai tantangan pada hidup Anda.

Apabila Anda terbawa dengan kesusahan itu, hidup Anda pun akan susah terus-menerus sampai akhir hayat Anda. Dan itu terjadi karena pola pikir salah yang Anda miliki.

Anda bisa melihat kisah-kisah orang sukses yang sekarang sudah berhasil. Pasti mereka memiliki hidup yang susah dan menderita sebelumnya. Tidak ada sukses yang instan dalam hidup ini.

Dalam mengembangkan bisnis pun demikian, jangan sekali-kali Anda merasa menderita dengan bisnis yang sedang Anda jalani. Sebaiknya Anda nikmati saja prosesnya tanpa harus memikirkan kesusahan dan penderitaannya.

Itulah 5 pola pikir yang harus Anda jauhi dalam kehidupan Anda, agar hidup Anda bisa menjadi orang yang berhasil. Semoga bisa bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "5 Mindset (Pola Pikir) yang Harus Anda Jauhi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel