>

Hitung-Hitungan Itu Penting, Tapi Jangan Perhitungan!

hitung-hitungan-penting-tapi-jangan-perhitungan


Vadcoy.com - Hal mendasar untuk menjadi seorang pengusaha sejati adalah memiliki sifat dermawan yang dibarengi dengan rasa ikhlas.

Sudah menjadi hukum alam apabila seseorang yang selalu memberi tanpa pamrih, pasti dia  akan diberi tanpa pamrih pula. Bahkan dia akan diberi sampai berkali-kali lipat.

Maka jangan heran jika Anda menemukan orang-orang yang suka memberi, baik dari segi pikiran, tenaga, atau materi, hidupnya tidak akan kekurangan rezeki.

Sedangkan rezeki di sini maknanya luas. Bukan hanya dari segi materi saja, tapi dari segi yang lainnya pula. Misalnya kebahagiaan dalam hidupnya, kesehatannya, materi yang tidak pernah kekurangan walaupun tidak kaya raya, dan masih banyak yang lainnya.

Hitung-hitungan itu penting

Oleh karena itu, jadilah pribadi yang suka memberi! Terutama dalam segi materi. Cobalah belajar untuk mengeluarkan harta kita dalam membantu orang-orang yang membutuhkan.

Kita bisa hitung-hitungan terlebih dahulu tentang pendapatan dan pengeluaran apa saja yang dibutuhkan dalam kehidupan kita. Karena hitung-hitungan itu penting. Jika kita tidak bisa hitung-hitungan, maka manajemen keuangan akan terus jebol.

Rekomendasi: 5 Kesalahan Fatal Pebisnis Pemula dalam Membangun Bisnis

Contoh dari hitung-hitungan itu sendiri seperti Anda memiliki pendapatan dalam sebulan sebesar 3 juta rupiah, maka Anda harus bisa membagi-bagikan uang tersebut selama satu bulan untuk kebutuhan Anda.

Anda bisa membuat list kebutuhan yang Anda perlukan, misalnya untuk keluarga, untuk bayar listrik, untuk makan, untuk liburan, dan yang lainnya.

Hal tersebut sama saja seperti kita mengatur kondisi keuangan kita sendiri. Agar tidak habis sebelum waktunya, sehingga Anda akan mengalami kekurangan atau minus keuangan.

Namun, jika Anda menerapkan hitung-hitungan tersebut, maka kondisi finansial Anda akan selalu membaik ke depannya.

Jangan perhitungan!

Berbeda dengan hitung-hitungan, Anda jangan sekali-kali mencoba untuk perhitungan! Seperti apa perhitungan tersebut?

Misalnya Anda mempunyai uang sebesar 5 juta rupiah. Kemudian ada teman Anda yang ingin meminjamnya dengan jumlah 5 ratus ribu saja.


Lalu Anda pun meminjamkannya, tapi dengan sedikit rasa was-was apakah hutang tersebut akan dibayar atau tidak. Jika hutang tersebut tidak dibayar nantinya, Anda pun akan terpikirkan terus-menerus tentang hutang tersebut.

Hal di atas itulah yang disebut dengan perhitungan. Jika Anda bersikap demikian, maka kehidupan finansial Anda tidak akan menjadi lebih baik ke depannya. Karena sikap perhitungan sama saja seperti Anda belum bisa bersikap ikhlas akan sesuatu, terutama dalam hal materi.

Jadi, sikap yang sebaiknya Anda lakukan jika terjadi hal seperti di atas adalah Anda tidak usah memikirkan uang Anda yang sudah Anda pinjamkan kepada teman Anda tersebut.

Anda lebih baik mendoakan teman Anda agar mendapat rezeki yang banyak dan menjadi lebih baik lagi kehidupan finansialnya. Dengan mempunyai kehidupan finansial yang lebih baik, pastinya dia akan membayar segala hutang-hutangnya.

Bagaimana jika dia tidak bisa membayar hutangnya? Sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW, Anda harus bisa memberikan jangka waktu yang lebih lama lagi agar dia bisa membayar hutangnya.

Akan tetapi, jika dia masih belum bisa saja melunasinya, maka hal yang paling bagus Anda lakukan adalah mengikhlaskannya. Dan dengan mengikhlaskan hutang tersebut, sama saja Anda sudah terlepas dari sikap perhitungan ini.


Orang-orang yang tidak pernah perhitungan, kebanyakan dari mereka hidupnya pasti selalu dibanjiri dengan rezeki. Baik dari segi materi, kesehatan, kebahagiaan, maupun yang lainnya.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang berhentilah untuk bersikap perhitungan! Baik ketika Anda mentraktir orang lain atau teman-teman Anda, maka jangan coba-coba untuk perhitungan!

Begitu pun dari segi yang lainnya, misalnya dari segi tenaga. Jika Anda dimintai bantuan tenaga untuk bergotong royong dalam membangun sebuah kepentingan pribadi maupun umum. Maka jangan pernah untuk bersikap perhitungan juga.

Karena kunci dari orang-orang sukses inilah tidak pernah perhitungan kepada orang lain, yang akhirnya bisa menjadikan dia menjadi orang-orang sukses. 

Dalam membangun bisnis pun demikian, Anda perlu dalam hitung-hitungan, karena sangat penting untuk bisnis Anda ke depannya. Tapi jangan coba-coba untuk bersikap perhitungan!

Maka bisnis Anda tidak akan mengalami kemajuan ke depannya jika Anda terus-menerus bersikap perhitungan dalam menjalankan bisnis. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!

Belum ada Komentar untuk "Hitung-Hitungan Itu Penting, Tapi Jangan Perhitungan! "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel