>

Contoh Abstrak Skripsi tentang Efektivitas Berkarya Kolase

contoh-abstrak-skripsi-tentang-berkarya-kolase

ABSTRAK

Judul Skripsi: "EFEKTIVITAS BERKARYA KOLASE TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B RA AL-BURHAN KEC. GEBANG KAB. CIREBON"

RA Al-Burhan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berada di lingkungan kabupaten Cirebon. Kegiatan belajar mengajar masi seperti pada umumnya lembaga pendidikan. Sehingga perkembangan terutama peserta didik masi tergolong lambat, terutama pada perkembangan motorik halus anak. Terkait dengan permasalahan tersebut maka diperlukan pembaharuan dalam upaya perbaikan dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Berkarya kolase sebagai media dharapkan mampu memberikan solusi dalam rangka meningkatkan motorik halus anak. Melalui kegiatan berkarya kolase ini anak mampu menggerakkan jari-jemari tangan serta mengkordinasikan gerakan mata dengan tangan dengan baik.

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan efektivitas berkarya kolase terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B RA Al-Burhan Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon. Serta menganalisis perbedaan sebelum dan sesudah berkarya kolase terhadap kemampuan motorik halus anak dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertolak dari sebuah pemikiran yang menyatakan bahwa kreatifitas guru dalam mengajar memerlukan alat bantu berupa media belajar merupakan salah satu faktor penting untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran. Media belajar dapat mempermudah menyampaikan pesan yang terkandung didalamnya. Kolase merupakan salah satu media yang dapat dijadikan sebagai media belajar dengan konsep kerjanya mampu menggerakkan motorik halus terutama pada anak usia dini.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Adapun desain yang dipilih adalah pre-experimental designs (nondesign). Bentuk pre-experimental designs yang dipilih oleh peneliti yaitu model one-group pretest-posttest design. Model penelitian ini melakukan suatu perlakuan terhadap satu kelompok eksperimen kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal kelompok eksperimen, selanjutnya diberikan perlakuan dan diberikan posttest. Sampel yang dipilih yaitu kelas TK B3 RA A-Burhan dengan jumlah 28 anak.
Analisis terhadap hasil penelitian setelah membandingkan nilai t hitung dan t tabel dalam melakukan penyajian hipotesis yakni diperoleh melalui perhitungan sebesar 6,482 dan besarnya nilai t yang tercantum dalam tabel nilai t pada taraf signifikansi 0,05, nilai t tabel sebesar 1,703 sedangkan pada taraf signifikansi 0,01 nilai t tabel sebesar 2,473 maka dapat diketahui bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel maka hipotesis kerja diterima. Begitu juga dengan hasil yang diterapkan dengan menggunakan analisis Uji Gain yaitu uji perbedaan nilai dari hasi sebelum ada perlakuan (berkarya kolase) dan sesudah ada perlakuan, dengan perhitungan di interpretasikan menggunakan gain ternormalisasi menurut klasifikasi Meltzer adalah kategori sedang dengan nilai 0,51

Kata Kunci: Berkarya Kolase, Kemampuan Motorik Halus

Belum ada Komentar untuk "Contoh Abstrak Skripsi tentang Efektivitas Berkarya Kolase"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel