>

Contoh Abstrak Skripsi tentang Penerapan Metode Drill

contoh-abstrak-skripsi-tentang-metode-drill

ABSTRAK

Judul Skripsi: "EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM DESA KARANGSARI KECAMATAN WERU KABUPATEN CIREBON”

Kemampuan dalam kelancaran membaca merupakan salah satu kemampuan yang sangat mendasar, yang harus dimiliki pada setiap individu kelas dasar terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, yaitu kelas 1, 2, dan 3, karena pada kelas dasar harus memiliki kompetensi dalam Calistung (Membaca, Menulis, dan Berhitung), khususnya di kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Karangsari, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon.

Penelitian ini menemukan kelemahan dalam kelancaran membaca, maka perlu diperbaiki agar siswa dapat membaca dengan lancar secara efektif. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengefektifkan metode dalam pembelajaran membaca sehingga kemahiran membaca siswa dapat meningkat dengan menerapkan metode drill, untuk mengetahui hasil dari penerapan metode drill dalam kemampuan membaca.
Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti, adalah metode kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sample tertentu, random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.

Subjek penelitian kelas 1 A berjumlah 30 dan 1 B berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian pertama, pada kelas kontrol yaitu pada indikator lafal menunjukkan nilai rata-rata sebesar 7,21, median 7,25, mode 8,00, nilai minimum 6,00 dan maksimum 8,00. Pada indikator intonasi menunjukkan nilai rata-rata sebesar 7,18, median 7,00, mode 7,00, nilai minimum 6,00 dan maksimum 8,00. Sedangkan Pada indikator kelancaran menunjukkan nilai rata-rata sebesar 7,18, median 7,00, mode 7,00, nilai minimum 6,00 dan maksimum 8,00 dan jumlah rata-rata sebesar 215,61. Ke dua, Pada indikator lafal menunjukkan nilai rata-rata sebesar 7,56, median 8,00, mode 8,00, nilai minimum 6,50 dan maksimum 8,50.

Rekomendasi: Contoh Abstrak Skripsi tentang Kecerdasan Spritual Siswa Melalui Solat Dhuha

Pada indikator intonasi menunjukkan nilai rata-rata sebesar 7,47, median 7,75, mode 8,00, nilai minimum 6,50 dan maksimum 8,50. Sedangkan Pada indikator kelancaran menunjukkan nilai rata-rata sebesar 7,61, median 8,00, mode 8,00, nilai minimum 6,50 nilai maksimum 8,50 dan jumlah rata-rata sebesar 241,51.

Penerapan metode drill diharapka dapat meningkatkan nilai tambah bagi kemampuan membaca siswa, metode drill juga diharapkan dapat merubah cara pembelajaran membaca dari yang pasif menjadi aktif. Penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah khususnya di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Karangsari Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon, terutama dalam memberi dorongan kepada siswa untuk senantiasa meningkatkan kemampuan membaca siswa secara lebih mandiri, sehingga siswa MI Miftahul Ulum dapat mahir dalam kemampuan membaca.

Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Metode Drill, Kemampuan Membaca

Belum ada Komentar untuk "Contoh Abstrak Skripsi tentang Penerapan Metode Drill"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel