>

4 Hikmah Datangnya Virus Corona (Covid-19)

hikmah-datangnya-virus-corona-covid-19

Vadcoy.com - Virus corona atau covid-19 yang baru-baru ini sedang menggemparkan jagat dunia, memiliki dampak yang sangat luar biasa. Bukan hanya berdampak pada bidang kesehatan saja, namun juga berdampak pada bidang lainnya.

Misalnya pada bidang pendidikan, dimulai pada bulan April kegiatan pembelajaran di sekolah mulai diliburkan dan hanya dilakukan di rumah masing-masing saja. Tentunya hal tersebut membuat para siswa agak terganggu dalam memotivasi diri mereka untuk belajar.

Bahkan ada para siswa yang setiap harinya melakukan kegiatan untuk bermain saja, dibandingkan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. Karena ada rasa yang berbeda, ketika belajar bersama-sama dan belajar sendirian.

Hal tersebut jika dilihat dari bidang pendidikan. Sedangkan jika dilihat dari bidang ekonomi, virus corona memberikan dampak yang cukup luar biasa pada perekonomian di dunia. Misalnya di bidang per-film-an, banyak beberapa artis mengalami kerugian karena harus menunda syuting mereka.

Kemudian pada bisnis pariwisata, tidak sedikit perusahaan travel yang mengalami penurunan omzet akibat virus ini. Mau tidak mau perusahaan travel dan tour harus menunda perjalanan mereka selama wabah ini masih belum usai.

Namun dari beberapa dampak virus corona di atas, virus ini juga memiliki dampak positif atau hikmah yang harus kita ambil. Ada 4 hikmah yang bisa kita ambil dari wabah virus ini.

Rekomendasi: Keutamaan Mengerjakan Solat Sunah Istikhoroh Setiap Hari

1. Selalu menjaga kesehatan

Dengan datangnya wabah virus ini, hampir semua orang di seluruh dunia selalu menjaga kesehatan mereka. Salah satu contohnya adalah dengan mencuci tangan secara rutin.

Seseorang yang biasanya makan dengan keadaan tangan kotor, karena wabah ini dia lebih rajin lagi untuk mencuci tangannya sebelum makan.

Kemudian dari pakaian juga akan lebih diperhatikan. Seseorang yang biasanya mencuci pakaian 2 hari sekali atau bahkan 3 hari sekali. Sekarang dia lebih rajin mencuci pakaiannya menjadi sehari sekali.

Dari segi kebersihan lingkungannya pun terus diperhatikan. Mereka lebih rajin untuk melakukan bersih-bersih di rumahnya atau lingkungannya demi mencegah dirinya dari virus yang mematikan ini.

2. Lebih sering berkumpul dengan keluarganya

Ada peraturan selama pandemi covid-19 bahwa setiap orang harus diam di rumah demi mencegah tersebarnya wabah ini. Dengan demikian, kebanyakan orang lebih sering berkumpul dengan keluarganya dan menghabiskan waktu bersama mereka.


Yang sebelumnya mereka hanya menghabiskan waktu untuk bekerja saja selama 10 jam. Dengan wabah ini, hikmah yang dapat diambil adalah lebih sering berkumpul dengan keluarganya.

Dan berkumpul dengan keluarga merupakan salah satu kebahagiaan yang sangat luar biasa. Oleh karena itu, kita bisa mengambil hikmah ini dan tetap bersyukur selalu diberikan kesehatan.

3. Perbuatan maksiat semakin berkurang

Sebelum ada covid-19 mungkin kemaksiatan merajalela di sekitar lingkungan Anda. Misalnya banyak orang-orang yang nongkrong tengah malam sambil mabuk-mabukan, bahkan menggunakan obat-obatan.

Tapi dengan adanya wabah ini, mereka pun memilih untuk menghentikannya karena tidak bisa berkumpul dengan teman-temannya. Jika memaksa untuk berkumpul, tentu mereka akan diusir secara paksa oleh pihak yang berwajib.

Oleh karena itu, ini adalah salah satu hikmah yang patut disyukuri karena kemaksiatan semakin berkurang dan secara tidak sadar, hal tersebut juga meredamkan Murkanya Allah SWT.

Allah sangat murka dengan orang-orang yang berbuat maksiat, namun Allah juga meredamkan murka-Nya selama masih ada orang-orang yang taat kepada-Nya.


4. Lebih mendekatkan diri kepada Allah

Seseorang yang dulunya jauh dengan Allah SWT setelah adanya virus ini, dia semakin mendekatkan diri kepadaNya. Tidak bisa dipungkiri, rasa takut yang dirasakannya mungkin karena jika terkena virus corona pasti tidak akan bisa selamat.

Jika demikian, hanya kematianlah yang sudah menunggunya. Sedangkan kematian hanya milik Allah dan yang menentukannya hanya Allah.

Dengan mendekatkan diri kepadaNya, dia akan selalu berdoa agar selalu dijauhkan dari virus yang mematikan tersebut.

Pastinya dalam berribadah dia akan semakin giat lagi. Yang sebelumnya selalu solat bolong-bolong, kemudian menjadi rajin solat menjadi full secara utuh sebanyak 5 waktu.

Itulah 4 hikmah yang bisa kita petik dengan datangnya virus corona ini. Walaupun masih banyak dampak negatifnya jika dibandingkan dengan dampak positifnya. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!

Belum ada Komentar untuk "4 Hikmah Datangnya Virus Corona (Covid-19)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel