>

5 Kesalahan Fatal Pebisnis Pemula dalam Membangun Bisnis

5-kesalahan-fatal-pebisnis-pemula

Vadcoy.com - Sebagai seorang pebisnis tentu tidaklah mudah untuk dilakukan. Banyak pebisnis pemula mengalami kegagalan karena beberapa faktor. Salah satu faktornya adalah kurangnya pengetahuan dalam mengelola bisnisnya.

Pengetahuan dalam manajemen bisnis sangatlah penting untuk dipahami oleh pebisnis pemula. Bahkan banyak juga pebisnis senior yang jatuh karena tidak memiliki pengetahuan tentang manajemen bisnis yang dia bangun sejak awal.

Sehingga manajemen bisnis merupakan modal utama dalam memulai bisnis yang akan kita bangun nanti. Anda bisa mempelajarinya dengan mengikuti seminar-seminar bisnis yang diselenggarakan di kota Anda. Atau Anda juga bisa mencari mentor Anda sendiri untuk mengatasi masalah tersebut.

Kemudian Anda pun harus mewaspadai dengan beberapa kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh kebanyakan pebisnis pemula ketika memulai bisnis mereka.

Apa saja kesalahan-kesalahan tersebut? Berikut ini akan Admin jelaskan beberapa kesalahan fatal pebisnis pemulai dalam memulai bisnis.

1. Hanya berpikir modal yang besar

Pada kesalahan yang pertama ini, sering kali kita mendapatkan pemikiran yang mengatakan bahwa untuk memulai berbisnis harus diawali dengan modal yang besar. Memang hal itu benar adanya, tapi juga bisa dikatakan salah.

Rekomendasi: 9 Tips Memilih Bisnis yang Tepat untuk Anda Jalankan

Karena untuk memulai berbisnis tidak harus dimulai dengan modal yang besar terlebih dahulu. Banyak pebisnis sukses yang membangun bisnisnya dimulai dari nol, bahkan dari minus.

Jadi, buanglah pemikiran bahwa modal yang besar adalah segalanya dalam membangun bisnis. Dengan Anda berpikir demikian, maka jika Anda tidak mempunyai modal besar, Anda tidak akan berani untuk membangun sebuah bisnis.

2. Tidak belajar dari kesalahan

Dalam berbisnis tentu Anda akan mengalami banyak masalah yang akan Anda hadapi. Malahan, jika ada seorang pebisnis yang tidak mengalami masalah bukan dikatakan seorang real pebisnis.

Masalah merupakan hal yang tidak kalah pentingnya untuk orang yang baru merintis bisnisnya. Dengan adanya masalah, maka dia akan semakin menjadi lebih baik lagi ke depannya. Itu pun jika dia mau belajar dari kesalahannya.

Karena masih banyak pebisnis pemula yang tidak mau belajar dari kesalahannya, bahkan sampai gulung tikar dan tidak mau meneruskan bisnisnya. Akhirnya dia pun gagal menjadi orang yang berhasil dan sukses.

3. Mencampuradukkan beberapa produk yang kurang sesuai

Kesalahan fatal selanjutnya adalah mencampuradukkan beberapa produk jualan yang kurang sesuai. Misalnya Anda menjual produk pakaian, lalu dalam peletakkannya Anda menempatkan pakaian untuk dewasa dan anak-anak dalam satu tempat.

Rekomendasi: Tips Memulai Bisnis Menjadi Pemain Sirkus Profesional 

Maka hal yang demikian adalah kesalahan fatal harus dihindari. Karena masih ada saja pemula yang melakukan hal seperti itu. Itu pun masih contoh kecilnya saja.

Contoh yang lainnya, misalnya Anda menjual sepatu merek A, merek B, dan merek C, maka dalam penempatannya usahakan agar tidak mencampuradukkannya. Walaupun tempat jualan Anda tidak cukup besar.

Dengan mencampur adukkan produk seperti contoh di atas, hanya akan membuat pembeli merasa kebingungan dan sulit untuk mencari produk yang diinginkannya. Akhirnya dia pun menjadi kapok untuk berbelanja lagi di toko Anda.

4. Tidak ada persiapan (terburu-buru)

Sering kali kita memperhatikan pebisnis pemula yang terburu-buru dalam memulai bisnisnya, yang kemudian bisnisnya tidak bertahan lama. Tidaklah heran hal yang demikian, karena memulai bisnis dengan tidak adanya persiapan hanya membuang-buang modal saja.

Persiapan yang paling utama dalam memulai bisnis adalah pengetahuan tentang bisnis yang akan Anda bangun. Misalnya Anda ingin membangun bisnis salon kecantikan, maka mulailah dari diri Anda terlebih dahulu untuk mengasah skill mencukur rambut.

Rekomendasi: 7 Tips Manajemen Keuangan di Zaman yang Serba Canggih

Jangan hanya mengandalkan karyawan Anda! Karena sewaktu-waktu mungkin Anda akan kesulitan untuk mencari karyawan. Kemudian Anda sendirilah yang harus menjalankan bisnis tersebut.

5. Meremehkan masukan (saran) orang lain

Kesalahan yang terakhir ini juga sering sekali dilakukan oleh pebisnis pemula, yaitu tidak menerima masukan dari orang lain, bahkan sampai meremehkannya.

Sekecil apapun masukan, saran, atau mungkin kometar orang lain tentang usaha Anda, maka usahakan Anda bisa untuk menerimanya. Siapa tau saja dengan masukkan tersebut bisnis atau usaha Anda bisa semakin menjadi lebih baik lagi.

Walaupun saran itu dilontarkan dari mulut orang yang awam, sebaiknya Anda tidak boleh meremehkannya. Cobalah untuk menyaringnya terlebih dahulu, jika tidak cocok maka Anda bisa mengabaikannya.

Namun, yang Anda harus garis bawahi adalah tidak boleh meremehkannya! Dengan Anda meremehkannya, maka secara tidak sadar Anda sudah melakukan kesombongan, yang mana kesombongan itu bisa menjadi malapetaka untuk bisnis Anda ke depannya.

Belum ada Komentar untuk "5 Kesalahan Fatal Pebisnis Pemula dalam Membangun Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel