>

Apakah Anda Malas Solat? Tips bagi Anda yang Suka Malas Solat

malas-solat

Vadcoy.com - Kewajiban bagi seorang muslim dalam kesehariannya adalah beribadah kepada Allah SWT. Terutama ibadah yang sering dilakukan setiap hari dengan berulang-ulang, yaitu solat. Jumlah solat yang wajib dilakukan sebanyak 5 waktu dalam sehari semalam.

Bagi siapa saja yang meninggalkannya akan mendapatkan dosa, dan siapa saja yang mengerjakannya akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Solat juga merupakan tiangnya agama, jika solatnya rusak, maka rusak pula seluruh amalan seseorang.

Adapun maksud rusak di atas adalah solat yang tidak sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Jadi, orang yang melakukan solat namun tidak sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah, sama saja dia telah meninggalkan solat.

Apalagi jika orang itu tidak melakukan solat sama sekali, maka sudah tentu amalan-amalan yang lainnya akan menjadi rusak pula. Hal tersebut sesuai dengan yang disabdakan oleh Rasulullah SAW.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang meninggalkan solat, antara lain adalah keadaan tubuh yang lemah (walaupun masih wajib melakukannya), tidak sadarkan diri (tidur atau pingsan), berhalangan (datang bulan/haid), dan yang paling parahnya adalah karena MALAS.

Baik kondisi kita dalam keadaan apapun, meninggalkan solat adalah suatu hal yang terlarang menurut agama Islam. Tentu saja jika Anda tidak segera bertobat, Anda akan mendapat siksaan dari Allah SWT karena perbuatan meninggalkan solat tersebut.

Terkadang, Anda akan merasa malas untuk melakukan solat. Tentu saja, ada penyebab yang membuat Anda malas untuk melakukan solat. Rasa malas tersebut tidak datang begitu saja, yang pasti ada penyebabnya.

Rekomendasi: Perbaiki Solatmu! Maka Hidupmu akan Tenang

Oleh karena itu, Admin mempunyai beberapa tips bagi Anda yang suka malas untuk mengerjakan solat lima waktu sehari semalam. Berikut ini adalah tips bagi Anda yang suka malas solat.

1. Hindari perbuatan maksiat

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah hindari perbuatan maksiat. Karena perbuatan maksiat sangat berpengaruh dengan ketekunan Anda dalam melaksanakan solat wajib. Bahkan Anda pun akan merasa malas untuk menjalankan ibadah lainnya jika masih berbuat maksiat.

Terutama perbuatan maksiat yang tergolong dosa besar, seperti mabuk, zina, mencuri, berjudi, membunuh, durhaka kepada orang tua, merampok, menghina orang lain, menggunjing orang lain, dan masih banyak lagi jenisnya.

2. Bekerja dengan benar

Kemudian tips selanjutnya adalah Anda harus bekerja dengan benar. Dalam bekerja, usahakan Anda harus bisa jujur, disiplin, tepat waktu, rajin, tidak menjelekkan perusahaan, dan berbuat baik kepada sesama rekan kerja.

Hal itu sangat berpengaruh dengan apa yang Anda dapatkan nantinya, misalnya Anda menerima gaji dari hasil kerjaan yang tidak benar, maka gaji itulah yang akan Anda belikan makanan, lalu makanan tersebut nantinya akan menjadi daging dan daging itulah yang tumbuh menjadi daging yang haram.

Daging yang tumbuh dari makanan haram akan selalu malas jika untuk digunakan untuk beribadah. Apapun jenis ibadah tersebut, terutama solat wajib 5 waktu.

3. Tidak menyakiti/merepotkan orang lain

Selanjutnya adalah tidak menyakiti orang lain, baik fisiknya maupun hatinya. Terkadang kita tidak sadar ketika bergaul dengan orang, lalu menyakiti hatinya. Padahal kita sebenarnya tidak berniat untuk melakukan hal itu.

Rekomendasi: Hukum Tidur Setelah Solat Subuh (UAS Menjawab)

Oleh karena itu, sebaiknya Anda berhati-hati dalam berkata. Karena perkataan itulah yang bisa membuat orang lain sakit hati. Berbeda dengan fisik, biasanya hati yang sakit cenderung lebih lama untuk disembuhkan.

Jangan lupa pula untuk meminta maaf ketika Anda berbuat salah kepada orang lain. Meminta maaf lebih baik, dari pada mendiamkannya. Jika Anda tidak sempat meminta maaf sampai ajal Anda tiba, maka Anda akan dipertanggungjawabkan di hari akhir kelak.

4. Berbuat baik kepada sesama mahluk hidup

Anda dituntut bukan hanya berbuat baik kepada sesama manusia saja, namun Anda juga harus bisa berbuat baik kepada sesama makhluk hidup lainnya. Misalnya dengan tumbuhan dan binatang. yang mana mereka semua sama-sama makhluk ciptaan Allah.

Apabila Anda masih berbuat jahat dengan lingkungan, misalnya dengan menginjak-nginjak taman yang selalu dirawat, membuang air kecil ke pohon-pohon besar, maka Anda masih dianggap sebagai orang yang tidak bisa berbuat baik kepada tumbuhan.

Begitu juga dengan binatang atau hewan, jika Anda masih seirng menyiksa mereka, misalnya tidak memberi makan kucing yang dipelihara di rumah. Maka hal tersebut juga termasuk tidak berbuat baik kepada binatang atau hewan.

5. Konsumsi makanan dan minuman yang halal

Mengonsumsi makanan dan minuman yang haram juga bisa membuat Anda malas untuk melaksanakan solat. Untuk hal ini tidak ada toleransi, apakah Anda hanya mengonsumsi makanan yang haram saja, namun minuman yang halal.

Rekomendasi: 7 Tips Mengatasi Anak yang Malas Solat agar Menjadi Rajin

Apakah Anda mengonsumsi minuman yang haram dan makanan yang halal, maka itu sama saja bisa membuat Anda malas dalam beribadah. Sebaiknya jika Anda masih mengonsumsi makanan dan minuman yang haram, maka mulailah berhenti dari sekarang!

6. Selalu berdoa meminta pertolongan kepada Allah

Sebagai seorang hamba Allah, hendaknya kita selalu meminta pertolongan kepadaNya. Apabila Anda merasa malas dalam melakukan solat 5 waktu, cobalah untuk meminta pertolongan kepada Allah. Sehingga Anda bisa lebih rajin lagi dalam melakukan ibadah.

Karena yang memberikan hidayah adalah Allah SWT. Walaupun Anda berusaha apapun untuk melaksanakan ibadah yang telah diwajibkan, tanpa adanya hidayah dari Allah, maka Anda akan selalu malas dalam melaksanakannya.

7. Niat yang kuat

Tips yang terakhir adalah Anda harus mempunyai niat yang kuat untuk mengubah diri Anda sendiri. Niat untuk menjadi pribadi yang senantiasa solat 5 waktu. Walaupun di awal-awal mengalami kesulitan, seperti solat bolong-bolong dan solat tidak tepat waktu.

Jika Anda mempunyai niat yang kuat, InsyaAllah semua kendala tersebut bisa terselesaikan dengan mudah dan cepat. Asalkan Anda benar-benar ingin mengubah diri Anda untuk selalu rajin dalam melaksanakan solat wajib.

Wallahu 'Alam Bishawab

Belum ada Komentar untuk "Apakah Anda Malas Solat? Tips bagi Anda yang Suka Malas Solat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel