>

Tips Ampuh Agar Lolos Tes Beasiswa untuk Perguruan Tinggi

Beasiswa

Vadcoy.com - Beasiswa merupakan salah satu alternatif yang paling ramai dicari-cari oleh para mahasiswa ataupun calon mahasiswa yang menginginkan kuliah secara gratis. Baik itu beasiswa di dalam negeri maupun di luar negeri.

Selama mahasiswa bisa belajar secara gratis, bahkan sampai diberi uang saku perbulannya, mereka akan mengambil beasiswa tersebut. Kuliah di kampus swasta pun tidak jadi masalah baginya, yang penting mereka bisa kuliah secara gratis.

Namun berbeda dengan beasiswa untuk kampus di luar negeri. Para mahasiswa tidak boleh menyepelekannya, karena jumlahnya tidaklah sedikit. Terutama beasiswa untuk benua Eropa dan Amerika. Dengan perbedaan mata uang antara Rupiah dan Dollar, tentu sudah bisa ketahui jumlah nominal beasiswa yang akan didapat.

Apakah Anda salah satu mahasiswa atau calon mahasiswa yang ingin kuliah secara gratis dengan mendapatkan beasiswa? Jika iya! Maka terapkan beberapa tips berikut ini agar anda bisa lolos tes beasiswa yang akan Anda ikuti.

1. Pilihlah program studi yang sesuai dengan minatmu

Tips ini tentu harus Anda lakukan dan terapkan jika Anda ingin benar-benar lolos tes beasiswa calon mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa. Pasalnya, program studi atau jurusan yang tidak sesuai dengan minat hanya akan menghambat Anda saja ketika menghadapi tes masuk.

Walaupun Anda lulus tes masuk, namun Anda akan mempelajari jurusan yang tidak sesuai dengan minat Anda. Tentu Anda harus berjuang lebih keras agar nilai yang Anda dapatkan tetap bagus. Karena jika Anda mendapat nilai yang kurang bagus, maka beasiswa Anda akan dicabut.

Rekomendasi: Contoh Visi dan Misi Perpustakaan pada Kampus-Kampus Besar 

Sedangkan jika Anda mengambil jurusan yang sesuai dengan minat Anda, sudah dipastikan Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan nilai yang bagus. Bahkan Anda juga bisa mendapatkan nilai tertinggi. Oleh karena itu, sebelum Anda mengambil program studi melalui beasiswa, sebaiknya Anda kenali terlebih dahulu minat Anda.

2. Kuasai bahasa Inggris

Bagi Anda yang hendak mengikuti tes beasiswa di luar negeri khususnya, maka Anda wajib untuk menguasai bahasa Inggris. Bahasa ini merupakan bahasa internasional yang menjadikan penghubung antara seluruh manusia di dunia.

Anda pasti akan bertemu dengan orang dari berbgai dunia jika Anda kuliah di luar negeri. Apalagi Anda kuliah di kampus ternama, seperti Harvard University, Oxford University, Cambridge University, dan masih banyak yang lainnya.

Apa jadinya jika Anda tidak bisa berbahasa Inggris? Mahasiswa yang regular atau tidakdengan beasiswa saja diwajibkan untuk menguasai bahasa Inggris, apalagi Anda yang hendak masuk lewat jalur beasiswa.

Anda bisa kursus bahasa Inggris terlebih dahulu. Banyak tempat kursusan bahasa Inggris di berbagai tempat pada zaman sekarang ini. Jika Anda ingin cepat menguasai bahasa Inggris, Anda bisa pergi belajar ke Kampung Inggris Pare yang bertempat di Kota Kediri, Jawa Timur.

3. Berkonsultasi dengan guru dan dosen

Sebagai mahasiswa atau calon mahasiswa yang hendak mengikuti tes beasiswa, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan guru atau dosen. Karena Anda statusnya sebagai pemula yang masih belum mengetahui apapun tentang beasiswa.


Dengan berkonsultasi dengan guru atau dosen, Anda bisa mengetahui lebih jauh tentang beasiswa yang akan Anda ikuti. Apalagi anda berkonsultasi dengan guru dan dosen yang pernah mendapatkan beasiswa, maka Anda juga bisa mendapatkan beasiswa seperti mereka jika terus berkonsultasi.

Oleh karena itu, janganlah merasa malu dan sungkan untuk berkonsultasi. Secara tidak sadar juga, dengan Anda tidak berkonsultasi dengan mereka, Anda sudah melakukan perbuatan yang dibilang sombong. Karena tidak mau meminta nasihat dari guru dan dosen Anda.

4. Belajar dan terus belajar

Bagi Anda yang hendak mengikuti tes beasiswa, sudah tidak diragukan lagi Anda harus dan wajib belajar agar bisa lolos tes beasiswa tersebut. Sekalipun Anda sudah memiliki pengetahuan yang cukup luas, tentu saja belumlah cukup untuk tes beasiswa yang akan Anda ikuti.

Anda juga belum tau tes seperti apa nantinya yang akan Anda hadapi. Maka untuk berjaga-jaga, sebaiknya Anda terus belajar. Bahkan setelah Anda sudah lolos tes beasiswa, Anda jangan pernah berhenti belajar.

Siapa tau Anda nantinya akan mengikuti beasiswa ke jenjang yang lebih tinggi lagi, seperti S2 ataupun S3. Belajar juga merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap orang sampai dengan ajalnya datang. Jadi sebelum ajal datang, maka wajib bagi Anda untuk terus belajar.

5. Cari informasi tentang gambaran tes beasiswa

Apabila Anda baru pertama kali mengikuti tes beasiswa, tentu Anda belum mengetahui seperti apa gambaran tes beasiswa tersebut. Maka cobalah untuk mencari gambaran tes beasiswa yang akan Anda hadapi.


Anda bisa mencarinya dengan bertanya kepada orang yang pernah mengikuti tes tersebut, ataupun dengan searching. Yang jelas, pasti ada informasi tentang gambaran ters beasiswa yang akan Anda hadapi. Jika Anda sudah mengetahui gambaran tesnya, langkah selanjutnya tinggal Anda membuat persiapan yang matang.

6. Pelajari budaya negara yang akan dituju

Tips selanjutnya adalah mempelajari budaya negara yang akan Anda tuju. Jika Anda mengikuti tes beasiswa pada kampus luar negeri, misalnya di Oxford University. Maka Anda harus mempelajari budaya tentang negara Inggris juga.

Dengan mempelajari budaya kampus tersebut, Anda akan lebih mudah beradaptasi dengan keadaan di sana. Sehingga Anda bisa memiliki koneksi yang banyak nantinya. Memiliki banyak koneksi bisa membuat kuliah Anda lebih mudah lagi.

Misalnya Anda sedang membutuhkan informasi tentang perkuliahan, Anda tinggal minta ke teman Anda saja yang sudah memiliki koneksi dengan Anda. Begitu juga dengan urusan-urusan lainnya, jika Anda sedan menghadapi masalah pun Anda akan cepat menanganinya dengan bantuan dari koneksi Anda.

7. Jangan lupa berdoa

Sebagai seorang mkhluk ciptaan Tuhan, janganlah pernah untuk berhenti berdoa kepadaNya. Lebih-lebih Anda yang sedang mengikuti tes beasiswa di kampus luar negeri yang terkenal. Teruslah berdoa dan memohon kepada Tuhan agar Anda bisa lolos tes beasiswa tersebut.

Bahkan dalam berdoa tidak hanya ketika Anda sedang mengikuti tes beasiswa saja, Anda juga harus berdoa untuk urusan lainnya. Walaupun Anda sudah lolos dalam mengikuti tes beasiswa, bukan berarti Anda berhenti beroda kepada Tuhan. Anda harus terus berdoa selama Anda hidup di dunia ini.

Belum ada Komentar untuk "Tips Ampuh Agar Lolos Tes Beasiswa untuk Perguruan Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel