>

Hukum Tidur Setelah Solat Subuh (UAS Menjawab)

Solat Subuh (UAS Menjawab)

Vadcoy.com - Pertanyaan jemaah: "Apakah boleh tidur setelah solat subuh? Sebab di negeri kami musim hujan ustad, dingin! Solat subuh pukul 5 pagi, kemudian pukul setengah 6 sampai pukul 7 masih gelap."

UAS Menjawab

Sebaik-baiknya setelah solat subuh, seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah berdzikir, berdoa, dan membaca al-quran sampai matahari terbit. 

Misalnya masuk waktu magrib di daerah sini adalah pukul 6 lebih seperempat petang. Maka setelah solat subuh berdzikirlah, lalu berdoalah dan bacalah al-quran sampai pukul 6 lebih seperempat pagi.

Mudah sekali cara memperkirakannya, jadi patokannya adalah masuk waktu magrib saja. Misalnya masuk waktu magrib pukul 6 lebih 30 menit petang, maka setelah solat subuh juga berlaku demikian sampai pukul 6 lebih 30 menit pagi.


Setelah jam menunjukkan pukul 6 lebih 30 menit, lalu cobalah untuk melakukan solat isyraq 2 rokaat dan setelah melakukan solat isyraq, pulanglah ke rumah. Hal seperti itulah yang paling bagus untuk dilakukan setelah solat subuh.

Adapun rincian dzikirnya adalah sebagai berikut: membaca tasbih 1000 kali, hamdalah 1000 kali, takbir 1000 kali, istighfar 1000 kali, dan solawat seribu kali. Kemudian baca quran melanjutkan deresan dan membaca yasin.

Lalu bagaimana hukum tidue setelah solat subuh?

Maka hukumnya tidak apa-apa. Namun menurut pendapat beberapa dokter, jika sering tidur setelah solat subuh maka nantinya akan berpotensi terkena penyakit struk ringan. Naudzubillah!

Apa itu struk ringan?

Struk ringan merupakan penyakit yang mana adanya hambatan aliran darah ke otak, yang disebabkan oleh endapan kolesterol yang mengandung lemak. Gejalanya hapir sama seperti struk, namun masih dalam kategori ringan atau belum parah.


Adapun beberapa ciri-ciri jika seseorang terkena penyakit struk ringan.

1. Terjadinya kelumpuhan pada salah satu sisi tubuh.
2. Sulit untuk memahami perkataan lawan bicaranya.
3. Pandangan mata menjadi kabur.
4. Terjadinya mati rasa pada bagian tubuh tertentu.
5. Kehilangan keseimbangan karena pusing yang datang secara tiba-tiba.
6. Berbicara menjadi tidak jelas atau sulit dipahami.

Itulah hukum tidur setelah solat subuh menurut pendapat UAS. Adapun pendapat tersebut dikutip dari channel youtube: Ustadz Abdul Somad Official. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!

Wallahu 'Alam Bishawab

Belum ada Komentar untuk "Hukum Tidur Setelah Solat Subuh (UAS Menjawab)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel