>

Suka Duka Menjadi Blogger Pemula di Tahun 2020

menjadi-blogger-pemula-tahun-2020

Vadcoy.com - Menjadi seorang blogger mungkin suatu pekerjaan sampingan bagi para blogger pemula. Namun perlu Anda ketahui, menjadi blogger tidaklah mudah untuk dijalani. Banyak blogger pemula yang menyerah begitu saja saat mencobanya.

Mengapa bisa demikian?

Tentunya karena jumlah blogger sudah banyak dari tahun ke tahun. Apalagi para blogger senior yang masih bertahan sampai sekarang dan belum pensiun. Di samping lain, ada pula beberapa blogger senior yang mengadakan pelatihan ngeblog untuk blogger-blogger pemula.

Dengan begitu, bertambahlah jumlah blogger yang semakin banyak dari tahun ke tahun. Bahkan setiap bulan pun jumlah blogger terus meningkat. Mungkin sudah mencapai ratusan juta pada tahun 2020 ini untuk seluruh dunia.

Dari negara Indonesia saja mungkin sudah puluhan ribu, bahkan ratusan ribu. Jika dilihat dari alexa rank negara Indonesia, ada beberapa blog yang menempati ranking 50 ribu ke atas. Jadi, di negara Indonesia sudah ada 50 ribu lebih jumlah blog.

Itupun akan terus bertambah lagi ke depannya. Karena jumlah pengangguran yang semakin bertambah pula, akhirnya menjadi blogger adalah salah satu alternatif lain demi untuk mendapatkan sesuap nasi atau pundi-pundi rupiah.

Rekomendasi: Apa Itu Keyword Cannibalization? Memahami Keyword Cannibalization

Blogger pemula di tahun 2020

Lalu bagaimana nasib blogger pemula di tahun 2020?

Sebenarnya nasib blogger pemula di tahun 2020 ini sangatlah mengkhawatirkan. Karena untuk semua niche atau pembahasan pada suatu blog, di tahun 2020 ini sudah digarap semua oleh situs-situs berita besar.



Bisa dilihat pada gambar di atas, niche tentang masakan pun sudah digarap oleh situs berita besar dan menempati page teratas pada mesin pencarian google. Mari kita pikirkan, apalagi situs-situs tentang masakan yang baru dibuat. Menempati posisi berapakah?

Apakah Anda termasuk seorang blogger pemula di tahun 2020?

Jika Anda termasuk blogger pemula di tahun 2020, maka Anda harus bekerja extra keras untuk membangun blog Anda. Dan jangan berpikir untuk bersaing dengan situs-situs besar tersebut jika Anda tidak memiliki banyak modal.

Karena mereka adalah suatu perusahaan berita yang membayar banyak penulis profesional dengan harga yang fantastis. Sehingga konten-kontennya pun sangatlah berkualitas dan publish dalam seharinya pun bisa mencapai ratusan konten.

Maka jangan coba-coba Anda untuk bersaing dengan mereka! Alternatif lainnya adalah Anda mencari kata kunci baru yang sekiranya tidak banyak dibahas pada situs-situs besar tersebut. Anda bisa meriset kata kunci apa yang sekiranya masih jarang digunakan.


Apa yang harus dilakukan sebagai blogger pemula di tahun 2020?

Anda bisa saja menjadi blogger pemula yang dimulai pada tahun 2020. Namun, Anda harus bekerja lebih keras jika dibandingka dengan para blogger lainnya. Misalnya Anda melihat blogger yang sudah lama, yang setiap harinya hanya memposting satu konten.

Maka Anda harus bisa memposting lebih dari satu konten jika ingin mengejar blogger yang sudah lama tersebut. Itu baru dilihat dari segi publishing. Lalu kita lihat dari segi jumlah kata konten itu, misalnya kontent tersebut memiliki jumlah kata sebanyak 1000 kata.

Maka anda harus bisa melebihi 1000 kata yang ada pada konten blog lama tersebut. Sehingga Anda seperti berlari kencang untuk mengejar blog yang sudah lama dibuat. Ibaratnya, Anda seperti kuda, sedangkan blogger senior tersebut seperti kura-kura yang berjalan santai.

Jadikan blog seperti bisnis yang sedang Anda jalani. Bisnis harus dijalani dengan serius, janganlah setengah-setengah. Jika Anda menjalaninya setengah-setengah, maka hasilnya pun akan setengah-setengah pula.

Walaupun ngeblog Anda jadikan usaha sampingan, namun Anda harus tetap serius dalam membuat konten yang berkualitas dan jangan asal-asalan. Sehingga blog Anda nantinya akan terlihat lebih profesional, dan akan banyak pengunjung yang mampir ke blog Anda.

Rekomendasi: 5 Tips agar Blog Anda Dibanjiri Banyak Visitor

Blog juga ibarat seperti toko, yang mana tidak mengenal toko lama dan toko baru. Misalnya toko lama yang memiliki pelayanan kurang baik atau kurang sopan, maka lama kelamaan akan dijauhi oleh pelanggannya.

Sedangkan toko baru, walaupun masih baru, namun pelayanan dan keramahan dalam melayani pelanggannya jauh lebih baik dibandingkan toko yang sudah puluhan tahun. Maka akan bisa menjadi toko yang memiliki banyak pelanggan ke depannya.

Intinya, janganlah berputus asa! Tetaplah menulis dan menjadi blogger kapan pun Anda mau. Baik itu di tahun 2020, tahun 2021 atau bahkan tahun 2030 jika memungkinkan. Karena zaman akan terus berkembang, dan pastinya akan lahir manusia-manusia baru yang mencari informasi dan pengetahuan dengan melalui blog.

Tetaplah optimis walaupun blog Anda tidak ada pengunjung sama sekali. Sama halnya seperti pebisnis yang baru memulai bisninya, tentu di awal-awal bisnisnya tidak akan langsung ramai dan menguntungkan, namun pahit terlebih dahulu.

Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!

1 Komentar untuk "Suka Duka Menjadi Blogger Pemula di Tahun 2020"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel