>

Definisi Pendidikan Multibudaya dan Tujuan Pendidikan Multibudaya

definisi-pendidikan-multibudaya

Vadcoy.com - Pada postingan kali ini, Admin akan membahas tentang definisi pendidikan multibudaya dan tujuan pendidikan multibudaya.

Definisi pendidikan multibudaya

Apa itu pendidikan multibudaya?

Menurut Kusni Effendi, bahwa pendidikan multibudaya adalah sebuah bidang studi yang kemunculannya ditujukan untuk menciptakan kesempatan pendidikan yang sama kepada peserta didik atau siswa dari beragam ras, etnik, agama, kelas sosial, dan beberapa kelompok kultural lainnya.

Jadi, pendidikan multibudaya mengharuskan peserta didik untuk belajar dalam memeprsiapkan dan melaksanakan diversitas kultural dan budaya.

Kemudian peserta didik juga bisa memahami perbedaan dan persamaan budaya dan bisa mengenali beberapa kelompok etnis, ras, agama, dan sosial ekonomi yang berbeda-beda.

Dengan pendidikan multibudaya juga bisa membantu peserta didik untuk mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diperlukan dalam masyarakat yang pluralistik dan demokratik.

Rekomendasi: Tips Ampuh Agar Lolos Tes Beasiswa untuk Perguruan Tinggi

Pendidikan multibudaya tentunya tidak jauh berbeda dengan pendidikan multikultural. Adapun definisi pendidikan multikultural menurut Chairul Mahdi adalah pendidikan tentang keragaman kebudayaan dalam merespon perubahan demografis dan kultural lingkungan pada masyarakat tertentu, bahkan pada dunia secara menyeluruh.

Yang jelas, baik pendidikan multibudaya maupun pendidikan multikultural, kedua-duanya sangatlah penting untuk dipelajari. Dari segi bahasa juga sudah bisa dipahami, kata "budaya" jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi "culture". Kemudian kata "culture" menjadi bahasa Indonesia yang baku, menjadi kata "kultur".

Kata "kultur" dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dijelaskan dengan arti kebudayaan. Maka kata multibudaya dan multikultural tidaklah jauh berbeda jika dilihat dari definisi kata-nya, atau secara bahasa (etimologi).

Tujuan pendidikan multibudaya

Apa tujuan pendidikan mulbudaya?

Pendidikan multibudaya memiliki beberapa tujuan yang sangat bermanfaat bagi peserta didik. ada beberapa tujuan dalam pendidikan multibudaya, berikut ini adalah tujuan-tujuannya.

1. Tujuan pendidikan multibudaya tidak berbeda dengan pendidikan yang sifatnya normatif, yaitu mengandung unsur norma yang tidak bertentangan dengan perkembangan peserta didik yang bisa diterima oleh masyarakat.


2. Mampu membantu peserta didik dalam berinteraksi dan berkomunikasi di masyarakat, sehingga tercipta nilai-nilai moral masyarakat yang baik.

3. Membentuk watak  peserta didik sebagai satu kesatuan gerak pikiran, perasaan, dan keinginan peserta didik sesuai dengan Pancasila.

Tidak lupa pula, berhasil atau tidaknya tujuan pendidikan multibudaya sangat bergantung pada perang orang tua, guru, konselor, dan seluruh pelaksana pendidikan. Jika semuanya mendukung peserta didik dalam pendidikan multibudaya, maka tujuan pendidikan multibudaya pun akan bisa tercapai tanpa adanya hambatan.

Referensi: Effendi Kusno, Pendidikan Multibudaya, 2017, Yogyakarta: UAD Press.

Belum ada Komentar untuk "Definisi Pendidikan Multibudaya dan Tujuan Pendidikan Multibudaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel