>

Tips Memulai Bisnis Les Privat Mengajar yang Menghasilkan Untung Besar

Bisnis Les Privat

Vadcoy.com - Di zaman sekarang ini, sudah banyak para orang tua yang sibuk dengan urusan pekerjaannya. Sehingga mereka tidak pernah memiliki waktu untuk anak-anaknya. Terlebih memiliki waktu untuk mengajarkan mereka tentang suatu pengetahuan.

Karena mereka masih memperhatikan anak-anaknya, akhirnya orang tua pun mencarikan seorang guru untuk mengajar anaknya di rumahnya. Berbeda jika orang tua yang tidak perhatian dengan anaknya, mereka lebih memilih untuk membiarkannya.

Namun, dalam memilih guru untuk les privat tidak boleh sembarangan memilih begitu saja. Tentunya orang tua juga harus tau kualitas pengajar tersebut. Apakah dia layak untuk mengajar anaknya, atau tidak! Apakah dia berkualitas, atau tidak!

Maka di sinilah peran orang tua sangat penting bagi pendidikan anaknya. Jangan sampai anaknya salah dalam memilih guru untuk les privat. Bukannya malah anak malah pintar, namun tidak ada peningkatan sama sekali, yang akhirnya hanya membuang-buang uang saja untuk biaya les privat.

Begitu juga dengan guru privat! Bagi Anda yang mau menjadi guru les privat, maka Anda harus melakukan beberapa tips yang akan dijelaskan berikut ini. Anda bisa menjadi guru les privat yang memiliki bayaran tinggi jika menerapkan tips berikut.

Rekomendasi: Tips Memulai Bisnis Jus Buah dengan Omzet Jutaan Rupiah

Tips memulai bisnis les privat

1. Tips yang pertama ketika Anda ingin memulai bisnis les privat, Anda harus menentukan pilihan Anda terlebih dahulu. Apakah Anda ingin menjalankan bisnis les privat sendirian, atau Anda ingin bergabung dengan lembaga tertentu.

2. Jika Anda ingin memulainya sendirian, tentu Anda akan memulai dari nol dan harus bekerja extra keras untuk memajukan nama Anda dalam les privat tersebut. Namun, jika Anda memulai dengan bergabung pada sebuah lembaga, maka Anda tinggal menunggu perintah-perintah saja dari lembaga yang Anda masuki.

3. Misalnya Anda memulai bisnis ini sendirian dan lebih memilih bekerja extra keras daripada harus diperintah-perintah oleh lembaga. Maka Anda harus menguasai suatu ilmu yang menurut Anda memiliki kemampuan untuk menguasai ilmu itu dengan cepat.

Contohnya Anda lebih cepat menguasai ilmu bahasa Inggris ketimbang matematika, maka pelajarilah dengan serius dan sungguh-sungguh. Agar Anda bisa cepat memulai les privat Anda sendiri dengan ilmu yang mumpuni (bukan kaleng-kaleng).

4. Selanjutnya Anda dituntut untuk mempelajari bagaimana caranya mengajar yang baik dan benar (microteaching). Memang dalam les privat biasanya pembelajaran dilakukan secara nonformal. Anda bisa saja mengajar sesuka Anda, namun tujuan utamanya adalah membuat anak didikan Anda paham dengan apa yang Anda ajarkan.


Anda bisa membuat strategi dalam mengajar Anda sendiri, atau anda juga bisa menemukan cara mengajar yang unik dan menarik. Sehingga anak didikan Anda tidak merasa bosan, walaupun belajar dengan durasi yang lama. Karena biasanya anak yang belajar dengan waktu yang lama akan merasa bosan.

5. Buatlah iklan promosi bisnis les privat Anda. Karena masih belum terkenal dan memiliki nama, maka promosi yang Anda lakukan harus betul-betul maksimal. Anda bisa mempromosikannya dengan menyebarkan brosur di sekitar tempat Anda tinggal. Lalu Anda juga harus mempromosikannya dengan menggunakan media sosial untuk menargetkan masyarakat yang jauh.

6. Buatlah tempat yang menarik dan nyaman. Karena les privat tidak hanya Anda datang ke rumah anak didikan Anda saja. Namun, Anda juga harus bisa membawa anak didikan Anda belajar di tempat Anda. 

Jika sekali Anda mengajar biasanya Anda hanya mengajarkan 1 anak saja. Namun, dengan mempunyai tempat sendiri, Anda bisa mengajar anak didikan Anda lebih dari 1 anak. Bahkan bisa mencapai puluhan.

7. Tentukan harga les privat Anda! Biasanya ketika di awal-awal seorang guru privat akan menawarkan dirinya dengan dibayar seikhlasnya. Namun, jika anda yakin dengan kemampuan pengetahuan yang Anda miliki, Anda harus bisa menawarkan diri Anda agar terlihat bahwa Anda memang benar-benar berkualitas.


8. Anda harus membuat jadwal mengajar yang jelas. Jangan membuat jadwal seenaknya saja, misalnya dengan mengajar secara mendadak dan mengganti mata pelajaran secara mendadak pula. Jika demikian, maka bisnis les privat Anda tidak akan bertahan lama ke depannya.

9. Cobalah untuk datang dan bekerjasama dengan sekolah-sekolah yang dekat dengan tempat les privat Anda. Pastinya dari para siswa yang sekolah di situ akan ada beberapa siswa yang membutuhkan jam pelajaran tambahan dengan mengikuti les privat.

10. Jika bisnis les privat Anda sudah cukup besar, Anda bisa merekrut pengajar untuk membantu bisnis les privat Anda. Tidak mungkin Anda mampu mengelolanya sendirian dengan anak didik yang banyak, pastinya Anda membuthkan tenaga pengajar tambahan.

Dalam merekrut pengajar tambahan, Anda sebaiknya meyeleksi terlebih dahulu kemampuannya. Jangan asal terima saja, karena akan berpengaruh kepada bisnis les privat Anda. Bisa jadi pengajar yang Anda rekrut itu tidak sesuai dengan yang Anda harapkan.

11. Selanjutnya Anda wajib membuat surat izin pendirian les privat Anda. Apa jadinya jika tempat les privat Anda dianggap ilegal yang tidak memiliki surat izin. Apalagi bisnis les privat Anda sudah menjadi besar dan dikenal banyak orang. Mau tidak mau Anda harus membuat surat izin pendirian tersebut.


12. Buatlah kantor untuk tempat bisnis les privat yang Anda miliki. Kemudian Anda harus merekrut staf yang bisa mengelola kantor tersebut. Mulai dari bagian keuangan, bagian kurikulum, bagian resepsionis, dan staf-staf yang lainnya. Sehingga bisnis les privat Anda menjadi lebih profesional lagi.

13. Cobalah untuk menjadi pengajar yang baik dan dekat dengan anak-anak didikan Anda. Biasanya para murid akan canggung dengan gurunya dan tidak nyaman jika ingin bercerita kepada gurunya.

Oleh karena itu, Anda sebagai pengajar cobalah untuk terbuka kepada anak didikan Anda. Apalagi lembaga Anda adalah lembaga nonformal, Anda bisa menjalin hubungan yang baik dengan anak-anak didikan Anda. Sehingga mereka tidak akan merasa canggung untuk menceritakan keluh kesahnya kepada Anda.

Itulah tips memulai bisnis les privat mengajar yang bisa menghasilkan untung yang besar. Jika Anda berminat dan memiliki bakat dalam mengajar, maka cobalah untuk memulai bisnis tersebut. Karena kita tidak akan tau hasilnya sebelum mencobanya. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua!

Belum ada Komentar untuk "Tips Memulai Bisnis Les Privat Mengajar yang Menghasilkan Untung Besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel