>

9 Tips Memilih Bisnis yang Tepat untuk Anda Jalankan

Bisnis yang Tepat

Vadcoy.com - Ada banyak sekali jenis bisnis yang bisa Anda jalankan dan memulainya dari awal. Karena begitu banyaknya, Anda jadi bingung untuk memilih bisnis apa yang paling tepat untuk dijalankan. Apakah bisnis yang ini, atau bisnis yang itu?

Namun, ada beberapa jenis bisnis yang membuat Anda bertemu dengan banyak orang untuk memasarkan produk Anda. Sehingga Anda harus mengasah kemampuan Anda dalam berdagang dan menawarkan kepada orang banyak.

Ada juga jenis usaha yang hanya tinggal diam saja di rumah, seperti berhadapan dengan komputer seharian tanpa bertemu dengan banyak orang. Maka dengan jenis bisnis tersebut, kemampuan yang Anda butuhkan adalah tentang teknologi atau iptek.

Bukan hanya jenis bisnis saja yang bisa mempengaruhi Anda menjadi sukses atau tidak dalam menjalaninya. Tapi, karakter juga sangat berpengaruh dengan hasil bisnis yang Anda jalani. Dalam masalah karakter, seperti yang sudah kita ketahui bahwa ada 2 karakter yang dimiliki manusia. Yaitu introvert dan ekstrovert. Anda bisa melihatnya di sini: Perbedaan Ekstrovert dan Introvert yang Harus Kamu Tau.

Namun, di sini ada karakter yang ketiga, yaitu ambivert. Apa itu ambivert? Gabungan dari introvert dan ekstrovert disebut dengan ambivert. Biasanya dia merasa senang bergaul dan bersosialisasi dengan orang lain. Namun, terkadang juga dia hanya ingin sendiri saja dan tidak mau berkumpul dengan orang-orang. Seperti itulah gambaran sifat ambivert ini.

Oleh karena itu, dari ketiga sifat atau karakter di atas, maka pada postingan kali ini Admin akan membagikan beberapa tips untuk memilih bisnis yang tepat dijalani oleh Anda. Berikut ini adalah 9 tips memilih bisnis yang tepat untuk Anda jalankan.

Rekomendasi: 11 Tips Menjadi Pengusaha Sukses yang Harus Anda Terapkan

9 tips memilih bisnis yang tepat

1. Cobalah untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya! Dari beberapa informasi tersebut, Anda bisa memilih bisnis apa yang paling tepat untuk Anda jalani. Jika bisa, pilihlah bisnis yang sesuai dengan minat dan karakter Anda.

Misalnya Anda memiliki karakter introvert, maka Anda bisa memilih bisnis yang sesuai dengan karakter introvert tersebut. Seperti berjualan langsung dengan bertemu orang-orang, atau dengan menjadi seorang motivator dengan bayak-banyak belajar, sehingga bisa menghasilkan uang yang banyak.

2. Cobalah untuk memulai bisnis dengan apa yang Anda miliki. Misalnya Anda memiliki garasi mobil yang tidak terpakai, Anda bisa membuat garasi tersebut sebagai ladang bisnis Anda. Lalu untuk dijadikan apa garasi itu?

Anda bisa membuat sebuah cafe atau toko kecil-kecilan terlebih dahulu. Tinggal Anda siapkan saja peralatan yang dibuthkan untuk membangun sebuah cafe dari garasi yang tidak terpakai itu. Yang jelas Anda harus menjadikannya semenarik mungkin.

3. Kemudian Anda lanjutkan dengan membuat daftar kebutuhan barang dan bahan apa saja yang harus dibeli. Tulislah semua kebutuhan yang Andah butuhkan tanpa ketinggalan satupun. Kemudian Anda survei harga-harga bahan dan barang tersebut.

Rekomendasi: 4 Etika dalam Studi Kelayakan Bisnis

4. Selanjutnya Anda membuat daftar barang-barang yang sudah dimiliki di rumah Anda. Bisa jadi barang tersebut bisa berguna untuk bisnis cafe Anda yang akan Anda jalankan tersebut. Karena hal itu bisa menghemat biaya pengeluaran Anda.

5. Anda juga harus membuat hitung-hitungan dengan uang yang Anda miliki. Belilah beberapa kebutuhan yang sifatnya mendesak terlebih dahulu. Karena uang yang terbatas tidak mungkin untuk membeli semua kebutuhan Anda yang Anda butuhkan.

Maka jangan sampai Anda belanja barang-barang yang tidak diperlukan. Hal ini untuk menghemat kebutuhan Anda, siapa tau ke depannya Anda akan membutuhkan barang yang sifatnya mendesak dan Anda sudah memiliki uang untuk hal tersebut.

6. Gunakan uang modal dengan sebaik mungkin. Anda juga harus memikirkan biaya tempat untuk menjalankan bisnis Anda. Jadi manajemen pengeluaran sangat diperlukan sekali dalam hal ini. Menggunakan uang dengan sia-sia hanya akan menjadikan bisnis Anda tidak berjalan dengan benar.

7. Persiapkan alat-alat untuk mempromosikan bisnis Anda. Pilihlah alat-alat promosi yang harganya murah terlebih dahulu jika uang modal Anda terbatas. Misalnya Anda bisa membuat brosur dengan kertas yang biasa-biasa saja.

Anda juga bisa membuat promosi dengan menggunakan media sosial, seperti instagram, facebook, whatsapp, twitter, atau bahkan youtube juga bisa dijadikan media promosi untuk bisnis Anda. Karena media sosial hanya membutuhkan modal untuk membeli kuota saja yang terpenting.

Rekomendasi: 8 Kode Etik Praktik Media Pers dalam Jurnalistik

8. Cobalah untuk mengajak orang-orang yang bisa diajak kerjasama dengan Anda. Dalam mengajak juga Anda harus memilih-milih orang yang mempunyai potensi pada bisnis yang Anda jalankan. Sehingga dia sudah paham dengan sitem bisnis Anda.

Begitu juga dengan karakter orang tersebut, Anda harus bisa memahaminya. Apakah dia introvert, ekstrovert, atau bahkan ambivert. Karena hal tersebut juga akan mempengaruhi bisnis Anda yang akan dijalankan.

9. Apabila bisnis Anda sudah berjalan, cobalah untuk mengevaluasi bisnis Anda tersebut. Apa saja yang harus dibenahi dan apa saja yang kurang dalam bisnis Anda. Karena dalam memilih bisnis yang tepat, pastinya Anda akan melakukan observasi terlebih dahulu.

Dengan observasi itulah Anda bisa mempelajarinya. Lalu setelah berjalan, Anda kembali untuk mengevaluasi dan mengobservasi kembali. Misalnya Anda melihat bisnis orang lain yang sejenis dengan Anda, lalu cbalah untuk mempelajarinya kembali sambil menjalankan bisnis anda sendiri.

Belum ada Komentar untuk "9 Tips Memilih Bisnis yang Tepat untuk Anda Jalankan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel