>

7 Tips Menghadapi Musim Hujan untuk Kesehatan Anda

Musim Hujan

Vadcoy.com - Musim hujan adalah musim yang sering disebut dengan musim penyakit. Mengapa demikian? Karena pada musim hujan, berbagai macam penyakit bisa menghampiri siapa saja yang tertinggal di daerah yang kurang bersih.

Pada musim penghujan, daerah tempat pembuangan sampah menjadi ancaman yang harus diwaspadai oleh orang-orang yang tinggal di daerah tersebut. Karena sarang penyakit tumbuh di daerah tersebut dengan bercampurnya sampah-sampah dan air hujan.

Lalu daerah yang rawan banjir juga perlu diwaspadai, sarang penyakit yang sangat hebat muncul ari tempat-tempat yang terkena banjir. Seperti penyakit DBD, diare, demam tifoid, leptospirosis, ISPA, malaria, dan kolera. Semuanya penyakit tersebut disebabkan akibat banjir yang menimpanya.

Oleh karena itu, Admin akan membagikan beberapa tips untuk menghadapi musim hujan agar kesehatan Anda tetap terjaga. Jangan pernah sekali-kali meremehkan masalah kesehatan, karena seseorang akan merasa bahwa kesehatan itu sangat penting jika dia sudah mengalami sakit.

1. Hindari minuman dingin/es ketika sedang hujan

Bagi Anda yang terbiasa minum minuman dingin/es setiap hari ketika cuaca panas, maka berhentilah terlebih dahulu ketika memasuki musim hujan. Karena minuman dingin tidak cocok apabila dikonsumsi ketika cuaca sedang dingin.


Daya tahan tubuh Anda terhadap minuman dingin akan berkurang pada saat cuaca dingin. Maka tahanlah diri Anda untuk mengonsumsi minuman dingin, terutama bagi Anda yang sudah kecanduan dengan es. Sebaiknya Anda ubah kebiasaan minum es dengan minum minuman yang hangat.

2. Pakai jaket saat tubuh kedinginan

Kemudian saat tubuh Anda merasa kedinginan, pakailah jaket untuk mengurangi rasa dingin yang tubuh Anda alami. Tubuh yang kedinginan jika dibiarkan akan menimbulkan penyakit hipotermia. Yang mana penyakit tersebut disebabkan karena tubuh merasa kedinginan dan dibiarkan saja.

Anda juga bisa memakai pakaian lainnya jika tidak ada jaket. Apakah dengan menggunakan selimut, baju yang dirangkap, atau yang lainnya. Anda juga bisa membuat api untuk menghangatkan tubuh Anda tersebut. Sehingga Anda bisa terhindar dari penyakit hipotermia.

3. Tutup genangan air yang tidak mengalir

Apabila di suatu tempat dekat dengan rumah Anda terdapat genangan air yang tidak mengalir selama berminggu-minggu, maka cobalah untuk menutupnya. Karena genangan air tersebut adalah sarang nyamuk yang bisa membawa penyakit jika dibiarkan saja. Akibatnya Anda bisa terkena penyakit DBD dari nyamuk yang berasal dari genangan air tersebut.


4. Siram kepala Anda setelah terkena air hujan

Saat Anda keluar rumah, kemudian hujan tiba-tiba datang dan Anda tidak membawa mantel yang akhirnya Anda terkena air hujan tersebut. Namun, Anda hanya sedikit terkena air hujan dan bagian kepala Anda ikut terkena air hujan.

Maka Anda harus menyiram kepala Anda dengan air yang ada di rumah Anda. Karena air hujan yang menempel pada kulit kepala Anda bisa menyebabkan pusing jika dibiarkan. Kandungan yang terkandung pada air hujanlah yang menjadi penyebabnya.

5. Matikan televisi, komputer, dan hp saat petir datang

Ketika hujan datang disertai dengan petir yang sangat besar, maka Anda harus mematikan televisi dan mencabut antena televisi tersebut. Karena sambaran petir yang terkena antena televisi bisa menyebabkan televisi meledak dan menimbulkan kebakaran.

Begitu juga dengan komputer yang masih menyala, maka cobalah untuk mematikannya. Lalu saat Anda sedang bermain hp juga, jika petir menyambar sangat besar, maka matikanlah hp Anda terlebih dahulu. Karena sinyal hp bisa menyebabkan petir menyambar rumah Anda nantinya.


6. Tutup tempat pembuangan sampah

Apabila Anda memiliki tempat sampah di luar rumah Anda yang terbiasa terbuka, maka saat musim hujan cobalah untuk menutupnya. Karena tempat sampah tersebut akan menjadi sarang kuman dan penyakit yang berbahaya saat hujan datang. Anda juga harus sering-sering membuangnya agar kuman yang bersarang tidak menyebar dan menjadi banyak.

7. Gunakan antibodi saat banjir datang

Anda mungkin salah satu warga yang rumahnya sering terkena banjir. Dan banjir tersebut tidak bisa surut alam waktu cepat. Surutnya bisa mencapai berminggu-minggu karena daerah yang kurang penyerapan airnya.

Maka Anda harus menggunakan antibodi untuk daya tahabn tubuh Anda. Perlu diingat! Karena daerah yang banjir merupakan rawan penyakit. Apalagi dalam waktu 24 jam Anda berdiam di rumah yang kebanjiran tersebut, sudah tentu Anda sedang tinggal di area yang penuh dengan penyakit. Maka gunakan atau konsumsi antibodi untuk daya tubuh Anda.

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Menghadapi Musim Hujan untuk Kesehatan Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel