>

7 Tips Manajemen Keuangan di Zaman yang Serba Canggih

Keuangan

Vadcoy.com - Menjadi kepala rumah tangga yang memiliki pekerjaan dengan hasil yang pas-pasan, memang harus berpikir terlebih dahulu jika ingin menggunakan uang secara berlebih. Pasalnya, menggunakan uang secara berlebih akan membuatnya tidak bisa mencukupi kebutuhan selama sebulan penuh.

Hasil yang pas-pasan menuntutnya harus menggunakan uang agar cukup untuk sebulan ke depan. Sukur-sukur dia bisa memiliki sisa uang selama 30 hari tersebut. Namun, jika dia menginginkan hal yang demikian, maka dia wajib mengetahui manajemen uang agar bisa memiliki uang lebih.

Apalagi di zaman yang serab canggih ini, banyak sekali godaan yang bisa membuat kita tergiur untuk menggunakan uang secara berlebih. Belanja di zaman sekarang tidak harus keluar rumah, namun cukup duduk di kursi atau sambil berbaring di kasur kita sudah bisa belanja sesuai dengan kebutuhan kita.

Tapi, masalahnya adalah ketika kita belanja yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Karena hal tersebut merupakan godaan yang harus dilawan oleh setiap orang. Saat kita membuka sebuah website belanja online, di situ akan banyak sekali barang yang muncul dan bisa menggoda kita untuk membelinya.

Oleh karena itu, pada postingan kali ini Admin akan membagikan tips bagaimana caranya untuk manajemen keuangan agar tidak jebol terus menerus selama sebulan ke depan. Jika anda termasuk orang yang boros, silahkan aplikasikan tips-tips berikut ini!

Rekomendasi: 9 Tips Memilih Bisnis yang Tepat untuk Anda Jalankan

1. Menabung

Sudah tidak aneh dan menjadi keharusan, apabila anda ingin menghemat uang agar cukup selama sebulan, maka menabunglah! Walaupun hanya sedikit, jangan sekali-kali meremehkan kebiasaan menabung ini.

Anda bisa menyisihkan uang Anda setelah mendapat gaji dari pekerjaan. Tidak harus banyak, sesuai dengan kemampuan Anda saja. Dan harus diingat! Jangan Anda bongkar tabungan Anda sebelum waktu yang telah ditentukan. Misalnya Anda ingin menabung selama 1 tahun atau 5 tahun, maka jangan bongkar tabungan Anda sampai waktu tersebut.

2. Investasi

Apabila Anda memiliki gaji yang lebih dalam untuk sebulan ke depan, maka cobalah untuk menginvestasikan uang Anda. Namun, Anda harus berhati-hati jika ingin berinvestasi. Carilah perusahaan yang benar-benar tepercaya untuk menginvestasikan uang Anda.

Karena masih banyak perusahaan yang bisa menipu Anda, yang akhirnya uang Anda akan lenyap tanpa sisa jika Anda salah memilih sebuah perusahaan. Investasi sangat menguntungkan untuk Anda, apalagi jika perusahaan tersebut sudah menjadi besar kelak. Anda pun akan mendapat keuntungannya juga dari investasi yang Anda tanam.

3. Manfaatkan harga promo

Kemudian jika Anda ingin membeli sesuatu, cobalah untuk melihat-lihat barang di sekitar terbelih dahulu. Siapa tau pada saat itu sedang ada barang dengan harga promo. Anda harus bisa memanfaatkan harga promo, agar manajemen keuangan Anda bisa lebih hemat lagi.

Rekomendasi: 15 Pertanyaan saat Interview Melamar Kerja dan Cara Menjawabnya Tahun 2020

Untuk harga promo biasanya Anda harus berbelanja di supermarket, minimarket, atau belanja online. Carilah barang yang harganya murah, namun kualitas tetap bagus. Di zaman yang serba canggih ini sudah banyak barang murah dengan kualitas tinggi, karena persaingan harga semakin ketat.

4. Bawa uang tunai secukupnya

Ketika Anda pergi ke suatu tempat keluar rumah, usahakan untuk membawa uang secukupnya saja. Hal tersebut bisa mencegah Anda dari godaan yang tidak terduga-duga. Misalnya pada saat pergi ke suatu tempat, Anda menemukan barang bagus dan tergiur untuk membelinya. Jika Anda membawa uang lebih, tentu Anda sudah membelinya.

Namun jika Anda membawa uang secukupnya saja, Anda akan menahan hasrat untuk membeli barang tersebut. Akhirnya Anda tidak jadi membelinya dan lebih menahan godaan tersebut karena uang yang tidak mencukupi.

5. Membeli properti (emas, tanah dan perumahan)

Agar uang yang Anda tabung tidak sia-sia. cobalah untuk membeli sebuah properti. Anda bisa membeli properti dengan bentuk emas batangan, tanah atau sawah, dan perumahan yang sedang dijual.

Properti tersebut bisa mencegah dari inflasi turunnya harga mata uang. Karena harga emas dan tanah dari masa ke masa bukan semakin menurun, namun semakin naik harganya. Berbeda jika Anda hanya menyimpannya di bank, harga mata uang yang Anda simpan akan ikut menurun juga.

Rekomendasi: Tips Memulai Bisnis Les Privat Mengajar yang Menghasilkan Untung Besar

6. Berbisnis

Selanjutnya tips untuk manajemen keuangan Anda adalah dengan berbisnis. Anda bisa berbisnis apa saja yang sesuai dengan pasion Anda. Bisa dengan jualan, membuat tulisan, membuat karya seni, dan yang lainnya.

Dalam berbisnis yang jelas akan membutuhkan modal awal terlebih dahulu, walaupun hanya sedikit. Namun Anda harus bisa memanfaatkannya. Anda juga bisa belajar bisnis dengan mencari mentor yang sesuai dengan pasion Anda. Biasanya dalam mencari mentor Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

7. Berbagi (sodaqoh)

Kemudian tips yang terakhir adalah dengan bersodaqoh. Sudah menjadi hukum alam, jika Anda memberi, pasti Anda akan dikasih. Jangan sekali-kali Anda pelit untuk salin berbagi terhadap sesama. Baik sedang keadaan lapang, maupun susah.

Selain Anda akan mendapatkan balasan di dunia langsung, Anda juga akan mendapat balasan di akhirat kelak dengan uang yang Anda sodaqohkan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk bersodaqoh! Terutama kepada anak yatim piatu, faqir miskin, panti jompo, gelandangan, dan orang-orang yang tidak mampu lainnya.

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Manajemen Keuangan di Zaman yang Serba Canggih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel