>

15 Pertanyaan saat Interview Melamar Kerja dan Cara Menjawabnya Tahun 2020

Interview Melamar Kerja

Vadcoy.com - Apakah Anda salah satu orang yang sedang mencari pekerjaan? Apakah Anda sudah melamar pekerjaan pada suatu perusahaan? Apakah Anda sudah mendapat panggilan untuk tes pada perusahaan tersebut?

Jika ya, maka Anda akan diuji dengan mengerjakan beberapa soal agar bisa diterima pada perusahaan tersebut. Adapun yang jenisnya tes tertulis di antaranya seperti tes matematika, tes bahasa Inggris, tes psikotes, dan yang lainnya.

Ketika Anda sudah lulus pada tahap tes tulis, Anda akan diberikan tes yang selanjutnya. Tes tersebut adalah wawancara dari pihak perusahaan (biasanya HRD) langsung kepada Anda. Lalu apa saja yang biasanya ditanyakan saat interview?

Berikut ini adalah 15 pertanyaan yang umum ditanyakan pada saat interview melamar kerja. Dan Anda juga bisa menyiapkan jawabannya jika ditanyakan pertanyaan-pertanyaan tersebut. Pertanyaan-pertanyaan ini langsung dari pengalaman Admin dan dari pengalaman orang lain yang sudah pernah tes interview dan diterima pada suatu perusahaan. Lalu apa saja ke-15 pertanyaan tersebut?

15 Pertanyaan saat interview melamar kerja tahun 2020

1. Silahkan perkenalkan diri Anda secara lengkap!

Jawab: "Sebutkan nama lengkap Anda, lalu tempat tinggal Anda berasal dari mana, tempat tanggal lahir, kemudian jangan lupa untuk menyebutkan pendidikan terakhir."

2. Apakah Anda sedang kuliah sekarang?

Jawab: "Jawab dengan jujur! Jika Anda masih kuliah, maka sebutkan nama kampus Anda, jurusan Anda, lalu semeter yang sedang Anda jalani."


3. Mengapa Anda mengambil jurusan teknologi (contoh)?

Jawab: "Maka Anda jawab juga dengan mengungkapkan saat Anda tertarik dengan jurusan teknologi. Misalnya karena ilmu teknologi di zaman sekarang sangat dibutuhkan pada perusahaan-perusahaan besar."

4. Apakah Anda pernah mengikuti program kursus atau les tertentu?

Jawab: "Anda harus menjawab dengan jujur, misalnya saya pernah kursus komputer selama 6 bulan di lembaga (sebutkan nama kursusan). Atau saya pernah ikut les bahasa Inggris selama setahun bersama teman-teman di lembaga (sebutkan nama lembaga). Jika bisa, tunjukkan sertifikat kursusan yang Anda dapat."

5. Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini?

Jawab: "Anda bisa menjawabnya, karena saya ingin mendapatkan kesempatan yang lebih baik dari pekerjaan sebelumnya. Saya juga ingin belajar lebih giat lagi dengan bekerja di perusahaan ini. Dan mencari pengalaman kerja agar lebih bermanfaat untuk ke depannya."

6. Apa saja yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?

Jawab: "Sebelum Anda melakukan tes atau dipanggil pada perusahaan tersebut. Maka Anda cari tahu terlebih dahulu tentang perusahaan itu. Bisa dengan bertanya kepada teman Anda atau browsing melalui internet. Sehingga jika muncul pertanyaan tersebut Anda bisa dengan mudah menjawabnya."

7. Ceritakan pengalaman kerja Anda pada perusahaan sebelumnya!

Jawab: "Ceritakan saja seingat Anda ketika bekerja di perusahaan sebelumnya. Mulai dari posisi jabatan Anda, sampai dengan Anda keluar dari perusahaan tersebut. Jika belum pernah bekerja sama sekali, maka jawab dengan jujur bahwa saya belum bekerja sama sekali."

8. Mengapa Anda keluar dari pekerjaan yang sudah Anda jalani?

Jawab: "Jawablah dengan terus terang alasan Anda keluar dari perusahaan lama Anda. Namun, Anda jangan menjelek-jelekkannya dan mengungkapkan masalah Anda pada perusahaan lama Anda. Usahakan untuk menutupinya. Anda bisa menjawabnya dengan saya ingin mencari pengalaman baru dan ilmu baru dari perusahaan ini."


9. Masalah apa yang sering Anda hadapi di tempat kerja sebelumnya?

Jawab: "Ceritakan dengan jujur, namun tidak terlalu panjang lebar. Dan tetap tidak menjelekkan perusahaan Anda yang sebelumnya. Misalnya saya kurang cocok dengan tim saya pada perusahaan sebelumnya, atau yang lainnya."

10. Kelebihan apa yang Anda miliki?

Jawab: "Pertanyaan tersebut termasuk pertanyaan karakter, maka jawablah dengan jujur kelebihan Anda. Jawablah dengan biasa saja dengan nada yang tidak menunjukkan kesombongan. Misalnya saya cepat belajar, saya cepat mengerjakan sesuatu, atau saya mudah memahami hal yang berkaitan dengan komputer."

11. Kelemahan apa saja yang Anda miliki?

Jawab: "Dahulukan dengan ungkapan, tidak ada orang yang sempurna! Lalu sebutkan kelemahan Anda dan sebutkan juga solusi untuk mengatasi kelemahan Anda tersebut. Misalnya sulit untuk bekerja tim, maka saya ingin tim yang saling mengerti satu sama lain."

12. Apa alasan kami (perusahaan) untuk menerima Anda bekerja di sini?

Jawab: "Maka jawablah dengan ungkapan, karena saya memiliki keinginan besar untuk belajar pada perusahaan Anda. Dan saya akan belajar dengan cepat di perusahaan Anda."

13. Berapa gaji yang Anda inginkan jika diterima di perusahaan kami?

Jawab: "Jika Anda yakin dengan kemampuan yang Anda miliki, misalnya Anda ahli dalam mengoperasikan komputer dengan teliti. Maka sebutkan saja nominal yang Anda inginkan umumnya para ahli komputer berapa nominalnya."

"Namun, jika Anda tidak memiliki kemampuan khusus, maka jawab saja gaji mengikuti UMR/UMK yang di daerah perusahaan tersebut. Dan jangan menyebutkan nominal sama sekali."


14. Apabila Anda diterima, apakah Anda siap untuk kerja lembur?

Jawab: "Jika Anda belum memiliki pengalaman bekerja sama sekali, maka jawablah bahwa Anda siap untuk bekerja lembur. Hal tersebut agar pengalaman Anda semakin bertambah di perusahaan tersebut."

"Namun, jika Anda sudah memiliki pengalaman yang cukup dalam bekerja, maka tanyakan terlebih dahulu tentang uang lembur yang diberikan, Apakah mencukupi atau tidak. Dan tanyakan juga waktu lembur dalam bekerja, apakah lama atau tidak. Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan bagi Anda untuk siap bekerja lembur atau tidak."

15. Kapan Anda siap mulai bekerja di perusahaan kami?

Jawab: "Anda harus menyebutkan hari, tanggal, bulan, dan tahun dengan lengkap, agar tidak terjadi miss kominikasi. Pertanyaan tersebut bersifat negositiable, terkadang ada perusahaan yang benar-benar butuh karyawan dengan cepat."

"Namun, terkadang juga ada yang bisa nego terlebih dahulu. Misalnya Anda ingin menyelesaikan waktu bekerja di perusahaan lama Anda karena kontrak yang belum selesai. Maka jawablah dengan terus terang dan jujur."

Belum ada Komentar untuk "15 Pertanyaan saat Interview Melamar Kerja dan Cara Menjawabnya Tahun 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel