>

Perbaiki Solatmu! Maka Hidupmu akan Tenang

Perbaiki solatmu

Vadcoy.com - Solat merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT yang wajib dilakukan oleh setiap muslim. Solat juga merupakan rukun Islam yang kedua setelah syahadat, lalu yang ketiga zakat, puasa, dan naik haji. Semua rukun Islam wajib dilaksanakan oleh setiap muslim, kecuali yang kelima, yaitu naik haji hanya diwajibkan bagi yang mampu saja.

Solat mulai diwajibkan kepada setiap umat Islam sejak terjadinya Isra dan Mi'raj yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Isra Mi'raj terjadi pada tanggal 27 Rajab tahun 621 setelah 10 tahun Nabi Muhammad diangkat menjadi Rasulullah. Perjalanan itu dilakukan selama satu malam saja, yang mana jarak dan waktu sudah di luar akal manusia jika dilakukan secara normal.

Dari kisah tersebut, dapat disimpulkan bahwa solat sangatlah penting. Dibandingkan dengan kewajiban lainnya, solat diperintahkan langsung dari Allah SWT kepada Rasulullah SAW. Berbeda dengan kewajiban puasa, zakat, dan haji, yang mana diperintahkannya melalui perantara Malaikat Jibril AS.

Maka jangan sekali-kali Anda meninggalkan solat wajib 5 waktu yang sudah diperintahkan langsung dari Allah SWT ini. Karena derajat solat lebih besar jika dibandingkan dengan kewajiban lainnya. Apabila Anda rajin melakukan sesuatu dan selalu berbuat kebaikan kepada orang lain, namun Anda masih melalaikan solat wajib, maka sulit untuk Anda bisa masuk ke surganya Allah SWT kelak.

Terutama dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang-orang yang melalaikan solat wajib, lalu kehidupan mereka tidak akan tenang. Hatinya pun selalu merasa gelisah dan tidak ada ketenangan dalam hatinya. Ada juga orang-orang yang tidak pernah meninggalkan solat wajib 5 waktu, namun tetap saja dalam hati dan hidup mereka tidak merasakan ketenangan sama sekali.

Rekomendasi: 7 Tips Mengatasi Anak yang Malas Solat agar Menjadi Rajin

Perbaiki solatmu mulai sekarang!

Mengapa bisa demikian? Mengapa Anda yang sudah mengerjakan solat, tapi masih saja tidak ada ketenangan dalam hidup Anda? Jawabannya hanya ada satu, lihat kembali solatnya! Apakah sudah benar atau belum? Apakah sudah sesuai dengan yang diajarkan Rasulullah atau belum? Apakah sudah melaksanakan rukun-rukunnya atau belum?

Jika Anda sudah menemukan dalam solat Anda yang masih belum benar dan masih tidak sesuai dengan yang diajarkan Rasulullah SAW, maka perbaiki solatmu mulai dari sekarang! Bagaimana cara memperbaiki solat dengan benar? Berikut ini cara memperbaiki solat agar hidupmu bisa tenang.

1. Lakukan semua rukun-rukun solat! Jangan tinggalkan satu rukun pun dalam solat, karena meninggalkan rukun solat sama saja Anda tidak melaksanakan solat, alias solat Anda batal dan tidak sah. Salah satu syarat untuk diterimanya solat adalah dengan mengerjakan rukun-rukunnya. Anda bisa mempelajarinya kepada guru ngaji atau ustadz di sekitar lingkungan Anda.

2. Jangan lakukan segala sesuatu yang bisa membatalkan solat. Terkadang, orang-orang sering melakukan sesuatu yang menyebabkan solatnya batal tanpa disadari. Jika demikian, maka solatnya tentu batal dan tidak sah, dan tidak pula diterima solatnya. 

Syarat yang lainnya jika solat Anda ingin diterima adalah dengan meninggalkan segala sesuatu yang membatalkan solat. Misalnya seperti melakukan gerakan 3 kali secara berturut-turut. Anda juga bisa belajar kepada guru ngaji Anda atau ustadz di daerah Anda.

3. Wudu dengan serius dan benar! Ketika Anda sedang berwudu untuk melaksanakan solat, usahakan wudu dengan perlahan dan tidak terburu-buru. Jangan pula wudu sambil mengobrol, karena itu salah satu yang menyebabkan solat Anda tidak khusyu nantinya.
Wudu yang sempurna harus melakukan semua rukun-rukun wudu. Mulai dari membasuh muka, membasuh tangan sampai sikut, jika bisa lebihkan saja melebihi sikut. Lalu mengusap sebagian rambut, kemudian membasuh kedua kaki sampai mata kaki, jika bisa lebihkan saja melebihi mata kaki.

4. Solat dengan pakaian yang sopan! Minimal pakaian Anda sopan jika dilihat oleh manusia. Jangan pula memakai pakaian yang ketat ketika solat, baik laki-laki maupun perempuan. Jangan sekali-kali memakai pakaian ketat saat solat!

Jika bisa, pakai baju yang polos yang tidak ada gambarnya. Lalu bagi yang berambut panjang, pakailah kopeah agar tidak mengganggu ketika sujud. Intinya ketika Anda hendak solat, pakai pakaian yang sopan dan layak! Karena Anda ingin menghadap Tuhan Anda.

5. Perbaiki bacaan quran Anda! Bagi Anda yang merasa bacaan quran Anda belum benar dan masih banyak yang salah, maka perbaiki mulai sekarang. Anda harus belajar makharijul huruf, tajwid, sifat-sifat huruf, dan yang lainnya.

Salah satu rukun solat adalah membaca surat al-Fatihah dengan benar dan fasih. Sedangkan untuk bisa mencapai kefasihan dalam membaca surat al-Fatihah, Anda harus belajar ilmu al-Quran. Jika tidak mempelajarinya, maka solat Anda tidak akan baik dan benar selamanya. Dan pastinya, kehidupan Anda tidak akan tenang selamanya pula.

6. Solat jangan terburu-buru! Cobalah untuk solat dengan santai dan tidak terburu-buru. Hal tersebut juga menyebabkan solat Anda bisa melewatkan rukn solat. Terutama tuma'ninah, jika Anda solat dengan terburu-buru, biasanya Anda sering melalaikan rukun yang satu ini.

Rekomendasi: 9 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online untuk Semua Usia

7. Selanjutnya setelah selesei melakukan solat, bacalah dzikir dan doa terlebih dahulu. Jangan pernah sekali-kali meninggalkannya jika solat Anda ingin baik dan benar. Kemudian Anda akan mendapatkan ketenangan dalam hidup Anda.

Berdzikir dan berdoalah walaupun itu hanya sebentar! Dengan begitu, Anda sudah melakukan hal yang harus dilakukam setelah solat. Jangan lupa juga berdoa untuk meminta ketenangan dalam hidup Anda. InsyaALLAH hidup Anda akan tenang selalu jika melakukannya.

8. Cobalah sedikit demi sedikit untuk solat berjamaah. Bagi Anda yang belum terbiasa solat berjamaah mungkin akan sangat berat untuk memulainya. Untuk membiasakannya, Anda bisa memulainya dengan berjamaah dengan orang-orang terdekat Anda terlebih dahulu. Lalu, cobalah untuk berjamaah di masjid dengan masyarakat sekitar.

9. Jika Anda sudah bisa melakukan hal-hal di atas yang sudah disebutkan, lalu Anda harus bisa istiqomah untuk tetap melakukannya. Karena hal yang paling sulit adalah mempertahankan dari pada melakukan. Begitu juga dengan istiqomah, hal tersebut merupakan perbuatan yang paling sulit untuk tetap dijaga.

Setan tidak akan tinggal diam untuk menggoda Anda agar terjerumus kepada kesesatan lagi. Oleh karena itu, jagalah solat Anda agar tetap baik dan benar dalam melaksanakannya. Jangan pula sekali-kali meninggalkannya! Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!

Wallahu A'lam Bishawab

Belum ada Komentar untuk "Perbaiki Solatmu! Maka Hidupmu akan Tenang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel