>

Pengusaha Sukses Sejati Tidak Akan Melakukan 19 Hal Ini

Pengusaha Sukses Sejati

Vadcoy.com - Pengusaha sukses adalah seseorang yang memiliki kebebasan finansial dalam kehidupannya. Bahkan bukan hanya bebas secara finansial saja, dia juga memiliki kebebasan waktu. Sehingga dia bisa bebas pergi ke sana kemari dan bisa bolak balik keluar negri sesering mungkin. Seperti itulah gambaran dari pengusaha yang benar-benar sukses yang ada di dunia ini.

Karena masih ada beberapa pengusaha yang belum memiliki kebebasan waktunya. Dia masih ikut campur tangan atas perusahaan yang sedang dijalaninya. Sehingga tidak memiliki kebebasan waktu seperti pengusaha sukses yang telah disebutkan. Berbeda, jika pengusaha sukses hanya perlu mengontrol dan memantau perusahaannya saja, walaupun tanpa ikut campu tangannya, perusahaan sudah bisa berjalan dengan sendirinya.

Selain itu, ada juga yang namanya pengusaha sejati. Pengusaha sukses saja tidaklah cukup, dia juga harus bisa menjadi pengusaha sejati. Seperti apa pengusaha sejati tersebut? Di sini akan Admin jelaskan tentang beberapa hal yang tidak akan pernah dilakukan oleh pengusaha sukses sejati. Berikut ini ada 19 hal yang tidak akan pernah dia lakukan.

1. Membuang-buang waktu

Pengusaha sukses sejati tidak akan pernah membuang-buang waktunya sedikitpun. Dia sangat berhati-hati sekali dalam menggunakan waktunya. Apalagi sampai melakukan hal yang sia-sia dan tak berguna. Dia lebih memilih untuk melakukan hal-hal yang berguna untuk perusahannya, untuk orang lain, bahkan untuk negaranya juga. Dengan begitu, dia tak akan menyia-nyiakan waktunya.

Bahkan ada juga yang sampai tidurnya sebentar karena sangat tak ingin membuang-buang waktunya. Hal demikian boleh-bleh saja dilakukan, namun jangan keseringan. Dia juga harus memperhatikan waktu istirahatnya, karena istirahat juga merupakan bagian dari kerja itu sendiri. Dengan istirahat, kita akan mempunyai tenaga dan tubuh yang fresh lagi, sehingga bisa bekerja dengan maksimal lagi.

2. Mempunyai watak pelit

Pengusaha sukses sejati juga tentunya tidak memiliki watak yang pelit. Baik itu pelit dari segi tenaga, pikiran, apalagi pelit masalah materi. Dia akan selalu membantu jika ada yang membutuhkan bantuannya, selama dalam batas kewajaran. Dia juga tidak berharap untuk dibalas budi dengan bantuannya, dia membantu dengan ikhlas tanpa ingin balasan apapun. Seperti inilah watak yang seharusnya pengusaha sejati miliki, tidak pernah pelit!

3. Mempunyai watak boros

Lalu pengusaha sejati selalu menggunakan hartanya untuk hal-hal yang bermanfaat. Tak akan dia lakukan yang namanya boros dengan hartanya. Seperti melakukan perjalanan yang tak perlu, membeli barang yang tak berguna, dan masih banyak lagi perbuatan boros lainnya.

Rekomendasi: Mau Jadi Orang Kaya Baru? Selain Usaha, Lakukan 11 Hal Ini

Intinya, dia selalu menggunakan hartanya untuk hal-hal yang bermanfaat. Boros di sini juga bukan berlaku untuk hartanya saja, namun juga berlaku bagi tenaganya dan pikirannya. Dia selalu mengetahui batasan dirinya, sehingga tidak memaksakan dirinya yang mana hanya akan membahayakannya saja.

4. Senang berdebat

Berdebat hanya untuk orang-orang yang tak memiliki kepentingan dalam hidupnya. Orang-orang yang sering berebat biasanya memiliki sifat ego dan tak mau kalah dari orang lain. Tentu seorang pengusaha sejati tidak akan pernah melakukan hal yang seperti itu.

Baginya berdebat hanya membuang-buang waktu dan tenaga saja. Karena tidak ada untungnya melakukan hal itu. Apalagi berdebat tidak mendatangkan manfaat sama sekali dalam hidupnya. Dia akan lebih memilih berdiskusi dan bermusyawarah daripada harus berdebat.

5. Memamerkan kekayaannya

Pengusaha sejati tidak akan pernah sekali-kali memamerkan kekayaan yang dia miliki. Karena hal merupakan hal yang menurutnya tidak berguna dan tidak ada manfaatnya. Sebaliknya, orang-orang yang sering memamerkan kekayaannya, sebetulnya dia adalah orang yang bermental miskin. Orang yang bermental kaya selalu merahasiakan kekayaannya.

Dia lebih memilih membiarkan orang lain tau dengan sendirinya, ketimbang dia memberitahukannya sendiri kepada orang lain. Adapun pengusaha yang masih sering memamerkan kekayaannya, maka dia belum bisa dikatakan sebagai pengusaha sejati.

6. Terlalu memikirkan perusahaannya

Lalu ketika membicarakan perusahaannya, pengusaha sejati tidak terlalu memikirkannya. Mengapa demikian? Nanti bisa-bisa perusahaannya bangkrut donk? Tentu tidak akan bangkrut! Perusahaan miliknya akan terus maju dan berkembang walaupun tanpa dia pikirkan. Karena di perusahaannya sudah banyak orang-orang kepercayaannya yang mengendalikannya.

Orang-orang tersebut dia latih agar bisa seperti dirinya dalam mengelolah perusahaan. Selanjutnya dia hanya mengontrol dan mengevaluasinya saja, tanpa harus terjun langsung ke perusahaannya. Makanya dia tidak terlalu memikirkannya.

Rekomendasi: 5 Rahasia Kerja Keras dan Kesuksesan Seseorang

Dalam hal ini tentu dia harus mempunyai orang-orang yang benar-benar bisa dipercaya dan jujur. Jika belum bisa menemukan orang-orang yang seperti itu, maka dia belum bisa menjadi pengusaha sejati. Karena masih sering terjun langsung ke perusahaannya dan pastinya akan selalu memikirkannya pula.

7. Mengumbar masalahnya

Pengusaha atau entrepreneur sejati ketika mempunyai masalah dalam kehidupannya, dia lebih memilih untuk menyembunyikannya. Dia tidak akan pernah mengumbar masalahnya kepada orang lain, apalagi sampai berkoar-koar di media sosial. Tentu itu merupakan hal yang sangat jijik menurut dirinya.

Jika dia ingin mengumbar masalahnya, biasanya hanya kepada orang-orang tertentu saja. Misalnya keluarganya, orang terdekatnya, orang kepercayaannya, dan tim dalam perusahaannya jika masalah yang berkaitan dengan perusahaannya.

8. Membiarkan masalahnya berlama-lama

Dalam masalah tersebut, dia juga tidak akan membiarkannya berlama-lama dalam kehidupannya. Dia akan langsung mencari solusinya dan akar permasalahannya. Kemudian menyelesaikannya dengan segera. Karena pengusaha sejatinya selalu mencari solusi daripada harus menghindar apalagi meninggalkan. Begitu pun seterusnya, jika ada masalah yang datang lagi, dengan segera dia menyelesaikannya.

9. Cuek kepada bawahannya (karyawannya)

Dia juga tidak akan pernah melakukan hal buruk kepada bawahannya atau karyawannya. Walaupun dia sedang mengalami banyak permasalahan pribadi, dia bisa menutupinya di hadapan para karyawannya. Biasanya masih banyak pengusaha yang ketika ada masalah, maka pelampiasannya pun kepada bawahannya.

Pengusaha sejati tidak akan berbuat yang seperti itu. Dia juga tidak pernah cuek dan tidak memperhatikan bawahannya. Ketika berjumpa dengan bawahannya, dia akan selalu tegur sapa bahkan tersenyum kepadanya. Sehingga membuat para bawahannya selalu menghormatinya dengan tulus dan tanpa paksaan.

10. Lebih mementingkan urusan pribadinya

Pengusaha sejati tidak pernah mementingkan urusan pribadinya sendiri. Dia lebih mementingkan urusan orang lebih membutuhkannya, misalnya keluarganya. Bahkan dia rela mementingkan urusan bawahannya karena dia anggap sebagai keluarganya sendiri. Watak yang seperti inilah yang membuatnya dinamakan pengusaha sukses sejati.

Rekomendasi: Ini Dia 5 Ciri Orang yang Suksesnya Susah

11. Hanya mengandalkan dirinya sendiri

Selanjutnya dia hanya mengandalkan dirinya sendiri. Jika ada karyawannya yang memberikan pendapat atau nasihat, dia langsung menolaknya dan tidak menghiraukannya. Walaupun pendapat itu terlihat bagus, tetap saja dia hanya mau pendapat sendirinya. Hal yang seperti itu, tentu belum bisa menjadikannya menjadi pengusaha sejati. Dia masih harus belajar lebih menghargai orang lain lagi.

12. Menyerah dan patah semangat

Tentu hal yang seperti ini sudah tidak diragukan lagi. Seorang pengusaha akan selalu bersemangat an pantang menyerah ketika mengalami kegagalan. Baik kegagalan dalam karirnya, kehidupannya, atau yang lainnya. Apalagi pengusaha sejati, dia tidak akan pernah sekali-kali menyerah dalam hidupnya. Bahkan dia akan menjauhi yang namanya mengeluh dalam kehidupannya.

13. Banyak berpikir

Lalu pengusaha sukses sejati ketika dihadapkan oleh sesuatu, dia tidak akan kebanyakan berpikir. Karena banyak berpikir hanya akan membuatnya semakin jauh dari kegagalan. Tentu dia akan lebih banyak actionnya daripada berpikirnya. Bahkan dia lebih memilih action terlebih dahulu, lalu setelah itu dia berpikir. Jadi bukan berpikir dulu baru action, namun action dulu baru berpikir.

14. Meninggalkan doa dan ibadah

Menjadi pengusaha sejati sepatutnya berpikir dan merenungi bagaimana dia bisa menjadi seperti itu. Dia bisa menjadi seperti itu tentunya atas kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. Oleh karena itu, dia tidak akan pernah putus dari doa dan ibadah. Dia akan selalu mengikuti perintah Tuhannya. Begitu juga menjauhi segala larangannya. Karena dengan melakukan itu, dia mensyukuri dengan apa yang dia miliki dalam hidupnya. Terutama bisa menjadi pengusaha sukses.

15. Melupakan pajak dan zakat

Pengusaha sejati juga wajib baginya untuk membayar pajak negara. Jangan samapi dia melupakan hal tersebut, karena merupakan kewajibannya. Begitu juga dengan zakat yang harus dia bayarkan. Bahkan lebih baik lagi, dia bisa bersodaqoh dan mengingat harus kemana saja dia akan bersodaqoh. Hal itu juga merupakan nilai plus yang wajib dimiliki pengusaha sejati.

16. Menyepelekan kesehatannya

Dia tidak pernah menyepelekan kesehatannya. Karena masih banyak juga pengusaha yang tidak peduli dengan kesehatannya. Dia lebih memaksakan dirinya untuk bekerja lebih keras lagi, agar hasil yang didapatkan pun lebih maksimal. Namun, hal itu adalah kesalahan fatal yang tidak boleh dilakukan oleh pengusaha sejati.

Rekomendasi: 7 Tips Mengatasi Anak yang Malas Solat agar Menjadi Rajin

Kesehatan dia anggap lebih penting ketimbang pekerjaanya. Karena jika sudah sakit, maka dia tidak akan bisa bekerja seperti biasanya lagi. Dan itu merupakan kerugian besar dalam karirnya kelak. Oleh karenanya, dia akan mengetahui batasan dirinya dalam bekerja dan beristirahat.

17. Membeli barang-barang yang tak berguna

Kemudian pengusaha sejati tidak akan pernah membeli barang-barang yang tak berguna. Dia lebih memilih menggunakan hartanya untuk membeli barang-barang yang dibtuhkannya saja. Mebeli barang-barang tak berguna sama saja melakukan hal mubazir dan tidak ada manfaatnya dalam kehidupan. Karena dia selalu berpikiran, masih banyak orang yang kesusahan di luar sana yang membutuhkan hartanya, ketimbang harus membeli barang-barang yang tak bermanfaat.

18. Berpakaian mencolok

Pengusaha sejati tidak akan berpakaia yang mencolok, sehingga dilihat orang banyak dan menjadi pusat perhatian. Dia akan memilih pakaian yang biasa saja, tanpa harus mengenakan pakaian yang mengundang pusat perhatian orang-orang di sekitarnya. Jika masih ada pengusaha yang berpakaian terlalu mencolok, maka sesungguhnya dia bukan pengusaha sejati.

19. Mempunyai banyak kendaraan dan banyak rumah

Sering sekali seorang pengusaha membeli banyak kendaraan dengan berbagai macam merk. Dan juga banyak rumah di berbagai daerah. Jika kendaraan yang banyak itu tidak memberikan manfaat bagi dirinya, maka dia belum bisa disebut pengusaha sejati. Namun jika memberikan manfaat, dia masih menjadi pengusaha sejati.

Maksudnya adalah dengan banyaknya kendaraan tersebut, jika hanya menjadi koleksi dan hanya dipajang saja, maka tidak memberikan manfaat. Tapi jika dipergunakan untuk bisnisnya, atau digunakan oleh orang lain, maka itu masih bisa bermanfaat. Sama halnya seperti rumahnya, jika untuk disewakan dan dijual-belikan maka itu meberikan manfaat bagi dirinya.

Kesimpulannya, selama kendaraan dan rumah banyaknya untuk hal-hal yang berguna dan bermanfaat, dia tetap bisa menjadi pengusaha sukses sejati. Tapi jika tidak bermafaat, maka dia belum bisa menjadi pengusaha sukses sejati.

Belum ada Komentar untuk "Pengusaha Sukses Sejati Tidak Akan Melakukan 19 Hal Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel