>

9 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online untuk Semua Usia

Game Online

Vadcoy.com - Di zaman sekarang ini, kita sudah memasuki zaman digital. Di mana segala sesuatunya dengan menggunakan mesin. Selain mesin, dalam melakukan segala hal pada masa digital juga sangatlah mudah dengan adanya teknologi. Semuanya serba dimanjakan, mulai dari berkendara, berkomunikasi, berolahraga, bahkan bermain pun sangat mudah pada masa ini.

Berbeda seperti zaman dahulu, ketika kita ingin bermain sebuah permainan, kita harus mengumpulkan beberapa teman terlebih dahulu. Barulah kita bisa bermain permainan tersebut. Jika kita tidak memiliki teman sama sekali, maka kita tidak bisa memainkannya. Sehingga hal tersebut membuat masa kecil kita hampa karena tidak pernah merasakan permainan.

Di antara permainan pada zaman dahulu, seperti congklak, glatikan, kelereng, karambol, dan masih banyak lagi jenis-jenisnya. Mungkin di setiap daerah memiliki nama yang berbeda-beda, walaupun jenis permainannya sama. Karena berbeda-beda bahasa, jadi dalam penamaan permainan itu pun berbeda-beda.

Di zaman digital yang serba menggunakan teknologi ini, permainan pun sudah berkembang pesat dan lebih maju lagi dalam memainkannya. Kita bisa bermain secara online, jadi kita tidak perlu mencari teman ketika ingin bermain. Tinggal cukup buka gadget atau perangkat kita, lalu kita bisa memainkannya sendiri di rumah kita.

Game online merupakan salah satu jenis permainan yang dimainkan seseorang secara online dengan menggunakan gadget yang didukung internet. Jika tidak memiliki internet atau jaringan yang buruk, maka kita tidak bisa memainkannya juga. Kecuali dame offline, maka bisa dimainkan tanpa mengguanakan pendukung internet.

Setiap melakukan sesuatu, pasti ada dampak baik dan dampak buruknya. Begitu juga dengan game online tersebut, tentu memiliki beberapa dampak baik dan buruk. Dampak buruk dari game online salah satunya adalah kecanduan memainkannya. Karena banyak para anak-anak yang kecanduan memainkan game online tersebut. Bahkan sampai lupa waktu ketika sedang asyik bermain.

Perlu diwaspadai, kecanduan game online merupakan gangguan psikologi yang berbahaya pada kejiwaannya. Tidak beda jauh antara seseorang yang kecanduan game online dengan kecanduan narkoba atau rokok. Hanya berbeda pada dampak tujuannya saja. Apabila kecanduan narkoba atau rokok, maka dampak utamanya pada kesehatannya. Namun jika game online, dampak utamanya pada psikologi atau kejiwaannya.

Oleh karena itu, pada postingan kali ini Admin akan membagi tips kepada Anda, khususnya yang sudah kecanduan game online. Adapun tips tersebut untuk mengatasi dan menghilangkan dari kecanduan game online. Tips ini berlaku untuk semua usia, karena banyak juga orang dewasa yang terkena penyakit kecanduan tersebut. Berikut ini adalah tipsnya.

1. Uninstall game online pada hp atau perangkat Anda

Tips yang pertama adalah Anda harus uninstall game online pada hp atau pada komputer yang membuat Anda kecanduan. Misalnya game mobile legend, pubg, clash of clans, dan yang lainnya. Jika Anda ingin menghilangkan kecanduan tersebut, segera hapus game-game tersebut pada hp Anda. Maka Anda tidak akan bisa bermain game lagi setelah dihapus.

Rekomendasi: 7 Tips Mengatasi Anak yang Malas Solat agar Menjadi Rajin

Tapi biasanya Anda akan menginstall kembali game-game tersebut setelah diuninstall. Karena efek kecanduan yang melekat pada diri Anda. Hal seperti itulah yang dinamakan gejala penyakit kejiwaan yang merusak psikologi Anda. Jika tips yang pertama tidak mempan, maka lanjutkan dengan tips yang kedua.

2. Ganti hp Anda dengan yang jadul

Walaupun game online tersebut sudah dihapus pada hp Anda. Namun masih tetap menginstall kembali. Maka hal yang harus Anda lakukan adalah dengan mengganti hp Anda. Jika sebelumnya Anda menggunakan hp dengan spesifikasi tinggi, misalnya hp yang mempunyai RAM 6 GB. Sebaiknya Anda ganti hp yang memiliki RAM 1 GB.

Gantilah hp Anda dengan hp yang sekira-kiranya ketika memainkan game online tersebut, maka hp Anda akan ngehang atau ngelag. Biasanya hp jadul yang memiliki spesifikasi kecil tidak akan kuat untuk memainkan game online yang berkapasitas besar. Ketika Anda memainkan game tersebut selalu ngehang dan ngelag. Maka Anda pun sedikit demi sedikit akan meninggalkan game online tersebut karena memainkannya tidak nyamandengan hp yang jadul yang digunakan.

3. Jauhi orang-orang yang mengajak Anda untuk bermain game online

Apabila Anda masih berkumpul dengan teman-teman yang sering bermain game online. Bahkan mereka sering sekali mengajak Anda untuk bermain lagi dan lagi. Jika memang ada yang demikian, sebaiknya Anda jauhi dulu agar tidak terpengaruh olehnya. Karena jika Anda masih berkumpul denga orang-orang tersebut, lama-kelamaan Anda akan terbawa maen game kembali. Keinginan untuk berhenti dari kecanduan game online pun gagal karenanya.

Sebagai gantinya, Anda bisa berteman dengan orang-orang yang tidak bermain game online. Anda bisa melakukan hal yang lebih manfaat lagi dengannya. Apakah itu jalan-jalan, olahraga, dan melakukan aktivitas lainnya. Selama hal itu tidak ada hubungannya dengan game online.

4. Buat jadwal untuk bermain game online

Tips yang keempat Anda bisa membuat jadwal untuk bermain game online tersebut. Mengapa harus membuat jadwal? Karena orang yang kecanduan game online biasanya dia tidak akan ingat dengan waktunya. Bahkan dia bisa bermain seharian karena sudah masuk ke dalam alam game itu. Sehingga dia bisa bermain dengan waktu yang lama.

Rekomendasi: Kamu Mau Bepergian Jauh? Jangan Lupa Bawa 9 Benda Ini

Dengan membuat jadwal seperti ini akan mengurangi durasi waktu bermain game Anda. Misalnya yang biasa sehari bermain sampai 12 jam, maka ubahlah durasinya menjadi 6 jam. Setelah bisa konsisten dengan durasi 6 jam, maka selanjutnya diganti menjadi 3 jam. Setelah melewati tahap itu, sedikit demi sedikit Anda seterusnya akan berhenti bermain game online tersebut.

5. Batasi penggunaan gadget pada anak yang kecanduan

Selanjutnya berlaku bagi orang tua. Biasanya anak-anak zaman sekarang sudah hampir kenal dengan yang namanya gadget. Maka penting bagi orang tuanya untuk mengontrol mereka dalam penggunaan gadget tersebut. Jika tidak terkontrol, anak pun akan keasyikan dengan gadgetnya. Lebih-lebih jika mereka sudah mengenal dengan game online yang ada di gadget. Tidak menutup kemungkinan mereka akan kecanduan dengan game online itu.

Untuk mengatasinya, Anda bisa membatasi mereka dalam penggunaan gadget. Misalnya anak-anak biasanya bermain gadget setiap hari tanpa batasan. Anda bisa membuat jadwal menjadi dua hari sekali untuk bermain gadget. Atau juga bisa setiap hari libur anak-anak diperbolehkan dalam penggunaan gadgetnya. Hal ini bisa mencegah terjadinya kecanduan game online pada mereka.

Adapun jika mereka merengek dan memaksa meminta gadget dari Anda. Maka dalam hal ini Anda haruslah tegas kepada mereka. Jangan Anda selalu menurutinya! Apalagi gadget bisa mempengaruhi masa depannya. Terlalu lama bermain gadget juga bisa menyebabkan mata mereka menjadi rusak. Bahkan bisa merusak psikologi kejiwaannya, yang nantinya menjadikannya anti sosial terhadap orang lain.

6. Batasi jaringan internet (pengisian kuota internet)

Anda juga harus membatasi penggunaan internet dalam pemakaiannya. Sehingga Anda bisa lebih hemat lagi dalam menggunakan internet. Biasanya Anda menggunakan internet boros sampai 20 GB dalam sebulan karena game online. Maka Anda bisa mgnuranginya menjadi 10 GB sebulannya. Sehingga Anda akan lebih jarang bermain game online karena kuota internet yang dibatasi.

Tentu hal ini sangat bermanfaat juga bagi keuangan Anda. Uang tersebut bisa Anda tabung atau Anda gunakan untuk hal yang lebih bermanfaat lagi. Daripada harus membuang-buangnya demi game online semata, sungguh itu adalah hal yang tidak bermanfaat.

Rekomendasi: Mau Jadi Orang Kaya Baru? Selain Usaha, Lakukan 11 Hal Ini

7. Cari kesibukan lain

Ketika Anda setiap harinya hanya sibuk untuk bermain game online saja, tentu hal itu sangatlah buruk bagi kehidupan Anda. Maka Anda harus mencari kesibukan lain, apalagi setiap hari Anda tidak ada gerak fisik karena game online. Anda bisa melakukan olahraga dan jalan-jalan ke kota atau ke keramaian. Sehingga fisik Anda akan selalu terjaga, begitu juga dengan kesehatan Anda.

Dengan demikian, waktu bermain game online pun menjadi berkurang. Dan jika Anda bisa fokus kepada kesibukan tersebut suatu saat nanti, Anda juga bisa sepenuhnya berhenti dan meninggalkan kecanduan game online tersebut.

8. Beralih ke game offline

Tips ini juga bisa ampuh bagi Anda yang sebelumnya sudah kecanduan game online. Karena bermain game online dan game offline jelaslah berbeda. Terutama dalam hal kejenuhan dan kebosanan ketika memainkan keduanya. Tentu bermain game offline lebih cepat bosan dan jenuh ketimbang bermain game online.

Game online kita akan menemukan teman yang berbeda-beda setiap kita memainkannya, sedangkan game offline hanya itu-itu saja. Sehingga membuatnya menjadi bosan dan lama-kelamaan ia akan berhenti bermain game tersebut. Bisa Anda coba tips ini untuk membuktikannya!

9. Niat yang kuat

Tips yang terakhir adalah niat yang kuat untuk berhenti dari bermain game online pastinya. Percuma jika Anda mencoba hal-hal yang membuat Anda berhenti dari bermain game online, namun niat Anda untuk berhenti masih belum bisa. Maka suatu saat Anda akan memainkannya kembali. Terus dan seperti itu saja jika Anda belum memiliki niat yang kuat.

Bahkan jika Anda memiliki niat yang kuat untuk berhenti dari bermain game online, tanpa melakukan hal apapun Anda bisa secepatnya berhenti memainkannya. Maka bisa dibilang niat adalah kunci yang paling utama jika Anda ingin berhenti dari game online.

Belum ada Komentar untuk "9 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online untuk Semua Usia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel