>

9 Tips Melatih Kreativitas pada Diri Sendiri

Kreativitas Diri Sendiri

Vadcoy.com - Setiap orang yang hidup di dunia ini mempunyai kreativitas tersendiri. Dia juga bisa menentukan sendiri kreativitas apa yang akan dia bangun dan tekuni. Karena setiap orang juga memiliki kreativitas yang berbeda-beda, bergantung bagaimana dia mengasah dan melatihnya.

Kreativitas yang dimiliki seseorang jika tidak pernah dilatih tentu akan memudar begitu saja. Sangatlah mubazir orang-orang yang dianugrahi kreativitas yang tinggi, namun dia tidak menggunakannya. Karena masih banyak orang yang tidak memiliki kreativitas tersebut.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki kreativitas yang kurang dibandingkan dengan orang lain, maka Anda harus melatihnya agar kreativitas itu bisa menjadi tajam. Sehingga kreativitas yang Anda miliki bisa berguna bagi kehidupan Anda dan bermanfaat bagi orang lain.

Pada postingan kali ini, Admin akan membagikan tips bagaimana melatih kreativitas pada diri sendiri. Melatih kreativitas pada diri bukanlah sesuatu hal mudah, maka lakukan 9 tips berikut ini agar kreativitas Anda semakin terasah lagi.

1. Berkomunikasi kepada banyak orang

Anda yang jarang berbicara, kemungkinan kreativitas Anda akan tumpul ketika digunakan. Maka untuk mengatasinya tentu Anda harus membiasakan berbicara kepada banyak orang. Dengan berkomunikasi kepada banyak orang bisa melatih cara berkomunikasi Anda, karena setiap orang memiliki cara berkomunikasi yang berbeda-beda.

Lalu, bagaimana jika Anda seorang yang introvert? Anda bisa mengatasinya dengan berbicara kepada diri sendiri. Hal tersebut juga bisa melatih kreativitas Anda, walaupun hasilnya tidak sebaik jika Anda berbicara kepada banyak orang.

Rekomendasi: Mau Menjadi Penyanyi Profesional? Berikut Ini Langkah-Langkahnya

2. Banyak membaca buku

Usahakan membaca buku minimal 30 menit dalam sehari. Bagi Anda yang tidak hobi membaca atau malas membaca buku, maka Anda bisa mengalihkannya dengan membaca blog melalui gadget Anda. Memang sangatlah sulit bagi yang belum terbiasa membaca buku setiap hari walupun sebentar.

Namun, pilihlah blog-blog yang mempunyai referensi kuat jika yang Anda cari tentang keilmuan atau definisi-definisi. Apabila Anda sudah terbiasa dengan membaca dan rutin melakukannya setiap hari, dalam waktu dekat kreativitas Anda akan terlihat dan semakin tajam lagi.

3. Mengamati lingkungan di sekitar

Cobalah untuk mengamati lingkungan di sekitar Anda. Hal tersebut termasuk salah satu untuk melatih kreativitas Anda. Orang-orang yang peka terhadap lingkungan di sekitarnya adalah orang-orang yang memiliki kreativitas tinggi. Karena masih banyak orang-orang yang tidak bisa mengamati lingkungan di sekitarnya. Dia lebih memilih untuk cuek kepada lingkungan di sekitarnya. Hal seperti itulah yang membuat kreatifitasnya jadi menurun.

4. Meluangkan waktu untuk diri sendiri

Selanjutnya Anda juga harus meluangkan waktu untuk diri sendiri. Apabila kehidupan sehari-hari Anda selalu bertemu dengan orang lain dan tidak mempunyai waktu untuk diri sendiri, maka itu sangat tidak bagus untuk diri Anda. Terkadang kita membutuhkan waktu untuk merenung sejenak dan beristirahat agar pikiran menjadi jernih kembali.

Dengan pikiran yang jernih, biasanya kreativitas akan muncul dengan sendirinya. Maka secara tidak sadar, Anda telah melatih kreativitas Anda dengan meluangkan waktu tersebut. Buatlah jadwal untuk diri sendiri, minimal seminggu sekali untuk waktu yang bisa Anda luangkan itu.

5. Menantang diri sendiri

Bagi Anda yang ingin melatih kreativitasnya juga diharuskan untuk menantang dirinya sendiri. Anda bisa mewujudkannya dengan melakukan hal-hal yang menarik. Seperti mengikuti sebuah audisi atau lomba yang diselenggarakan di daerah Anda. Kemudian Anda harus mengikuti audisi itu agar kreativitas yang Anda miliki semakin terasah lagi, lebih baiknya lagi jika dia sampai menjadi juaranya (pemenangnya).

Rekomendasi: 11 Tips Menjadi Youtuber yang Sesuai dengan Ajaran Agama Islam

Karena orang yang mengikuti sebuah perlombaan, biasanya dia akan berpikir bagaimana caranya untuk menang. Tentulah pemikirannya itu yang disebut dengan kreativitas. Dan kreativitasnya akan diuji terus sampai dia menjadi seorang pemenang lomba tersebut.

6. Menanamkan kepercayaan diri yang kuat

Orang-orang yang kurang percaya diri secara tidak sadar dia telah merusak kreativitas yang ada pada dirinya. Adapun untuk mengembalikannya, tentu dia harus menamkan kepercayaan dirinya kembali, bahkan harus lebih kuat lagi. Sehingga kepercayaan dirinya itu tidak bisa digoyahkan oleh sesuatu apapun. Maka dari situlah kreativitas akan muncul pada dirinya.

7. Mengungkapkan apa yang ada di pikiran

Selanjutnya melatih kreativitas bisa juga dengan mengungkapkan apa saja yang ada di pikiran Anda. Mempunyai sesuatu yang bagus pada pikiran lalu dipendam saja merupakan hal yang buruk. Dengan seperti itu Anda seperti mematikan kreativitas yang ada pada diri Anda.

Kreativitas manusia itu tak terbatas, maka jika memiliki pemikiran yang bagus cobalah untuk mengungkapkannya. Bisa dengan menuliskannya atau dengan mengungkapkan langsung kepada orang lain. Jika ditulis, nanti akan berbentuk tulisan menarik yang Anda ciptakan dan bisa dibaca oleh orang banyakk

8. Melakukan sesuatu yang berbeda

Anda juga bisa mencoba sesuatu yang berbeda untuk melatih kreativitas yang Anda miliki. Misalnya dengan melakukan hal-hal yang jarang Anda lakukan. Biasanya Anda tidak pernah berenang sama sekali dalam hidup Anda, maka mulailah mencoba untuk melakukannya, walaupun harus belajar renang terlebih dahulu.

Rekomendasi: Perbedaan Ekstrovert dan Introvert yang Harus Kamu Tau

Dengan hal tersebut, Anda telah melatih kreativitas yang ada pada diri Anda. Lalu Anda juga jarang melakukan kegiatan muncak ke gunung, maka cobalah untuk melakukannya walaupun sekali. Anda juga sudah melatih kreativitas Anda dengan hal itu.

9. Mengembangkan rasa ingin tahu lebih dalam lagi

Mempunyai rasa ingin tahu memang sangat bagus untuk kehidupan Anda. Pasalnya orang-orang yang haus akan keingintahuan akan terus berkembang. Lebih-lebih dengan kreativitas yang ada padanya, maka akan selalu tajam dan terasah. Berdeba dengan orang yang tidak mempunyai rasa keingintahuan, dia justru lebih cenderung tertinggal dan tak kreatif.

Kemudian rasa ingin tahu tersebut pun harus Anda aplikasikan dengan mencarinya dan memahaminya. Sehingga kreativitas pada diri Anda pun akan muncul setelah Anda menemukan dan memahami keingintahuan itu. Singkatnya yang Anda dapatkan dari keingintahuan itu disebut dengan ilmu pengetahuan.

Itulah 9 tips melatih kreativitas diri sendiri. Anda juga harus lebih mengenal dengan kreativitas Anda, sehingga Anda bisa lebih mempertajamnya lagi dengan melatihnya. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!

Belum ada Komentar untuk "9 Tips Melatih Kreativitas pada Diri Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel