>

9 Tips Belajar Bahasa Inggris agar Lebih Mudah dan Menyenangkan

9 Tips Belajar Bahasa Inggris

Vadcoy.com - Belajar Bahasa Inggris terkadang terasa sulit bagi orang-orang yang belajar secara terpaksa dan dipaksa. Makanya setelah mempelajarinya, mereka tidak mendapatkan apapun dari pelajaran Bahasa Inggris yang telah mereka pelajari. Bahkan materi-materi yang diajarkan pun hilang begitu saja tanpa ada yang diingatnya satupun.

Hal di atas merupakan permasalahan yang harus ditangani dengan segera. Yang jelas, ada yang salah dalam belajar dan mengajar Bahasa Inggris yang sedang dijalani oleh mereka. Apakah itu masalah dari pengajarnya (teacher) atau dari peserta didiknya (student). Lantas, hal yang harus mereka lakukan adalah menemukan solusinya supaya mereka bisa belajar Bahasa Inggris dengan lebih menyenangkan lagi.

Selain menyenangkan, dalam belajar Bahasa Inggris juga harus dengan cara-cara yang mudah. Sehingga para pelajar bisa menangkap materi yang diajarkan oleh gurunya. Karena ketika sudah mendapatkan kemudahan dalam mempelajarinya, mereka pun akan lebih semangat lagi untuk belajar. Lama-kelamaan, tidak mustahil salah satu dari mereka bisa menjadi Master of English kelak.

Pada postingan kali ini, Admin akan membagikan tips belajar Bahasa Inggris agar lebih mudah untuk dipelajari. Bukan hanya mudah, tips ini juga bisa menjadikan pelajaran Bahasa Inggris lebih menyenangkan lagi. Ada 9 tips yang akan dibahas, berikut ini adalah tipsnya.

1. Menulis segala sesuatu dengan Bahasa Inggris

Jika Anda ingin mendapatkan kesenangan dalam belajar Bahasa Inggris, cobalah untuk menulis dengan Bahasa Inggris. Ketika belajar di sekolah atau di perguruan tinggi, Anda belajar pelajaran lain, misalnya belajar Sosiologi, Ekonomi, Kwarganegaraan, Sejarah, Agama, dan pelajaran lainnya. Maka cobalah untuk menulis materi-materinya dengan Bahasa Inggris.

Hal demikian bisa membuat Anda lebih mudah untuk belajar Bahasa Inggris ke depannya. Karena Anda sudah terbiasa menulis tulisan Inggris. Sehingga Anda juga memiliki perbendaharaan kosa kata yang lumayan banyak jika terus diterapkan. Lebih-lebih Anda menerapkannya setiap hari, dalam waktu satu tahun saja sudah pasti akan terlihat hasilnya dan ada perubahan dalam Bahasa Inggris Anda.

Rekomendasi: 4 Tips Jitu agar Cepat Lancar Berbicara Bahasa Inggris

Untuk memulainya memang agak sulit dan tidak menyenangkan. Namun, jika Anda konsisten dan terus melakukannya walaupun harus dipaksa, ketika Anda sudah terbiasa dengan hal tersebut, Anda pun akan mendapat kesenangan mempelajarinya. Cobalah hal ini mulai dari sekarang! Dan paksakan dirimu sampai terbiasa melakukannya.

2. Berbicara Bahasa Inggris sehari walaupun sebentar

Kemudian cobalah untuk berbicara Bahasa Inggris setiap hari walaupun hanya sebentar. Anda bisa menargetkannya dengan jadwal waktu mingguan atau bulanan. Misalnya pada Minggu pertama, Anda wajib berbicara minimal 5 menit saja dalam sehari. Lakukan terus dengan konsisten dengan tidak menambahkan dan mengurangi waktu durasinya.

Setelah Anda bisa menerapkannya, kemudian pada Minggu kedua atau ketiga Anda bisa menambahklan durasi bicara Anda. Dari waktu 5 menit menjadi 7 menit terlebih dahulu, atau 10 menit. Lakukan juga dengan konsisten sampai Anda terbiasa berbicara dengan durasi tersebut. Jika Anda sudah terbiasa dengan durasinya, maka tambahkan lagi durasi waktunya pada Minggu berikutnya.

Hal tersebut bisa membuat Anda lebih mudah dalam belajar Bahasa Inggris kelak. Terutama pelajaran speaking, karena Anda sudah terbiasa dalam berbicara, maka Anda akan mudah menguasai pelajaran speaking yang akan dipelajari.

3. Menghafal beberapa kosa kata Bahasa Inggris

Tips ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi, mau tidak mau Anda harus menghafalkan beberapa kosa kata dalam Bahasa Inggris. Kosa kata merupakan dasar untuk kita agar bisa berbicara Bahasa Inggris dengan lancar. Karena orang yang mempunyai perbendaharaan kosa kata banyak, dia akan lancar ketika berbicara. Sehingga tidak akan berhenti di tengah-tengah pembicaraannya.

Berbeda dengan orang yang memiliki perbendaharaan kosa kata yang sedikit, dia cenderung kaku dalam berbicara dan selalu berhenti di tengah-tengah pembicaraannya. Karena dia berpikir untuk memilih kosa kata yang akan digunakan, jika tidak mengetahui kosa kata itu, dia pun berhenti berbicara.

Rekomendasi: Mengetahui Part of Speech dalam Pelajaran Bahasa Inggris

Menghafalkan kosa kata Bahasa Inggris bisa dilakukan secara konsisten setiap hari juga. Anda bisa menargetkan jumlah kosa kata yang akan dihafalkan. Misalnya sehari Anda menghafalkan 3-5 kosa kata. Jika Anda melakukannya secara konsisten, maka Anda akan mudah dalam belajar Bahasa Inggris karena sudah mempunyai modal kosa kata yang banyak. Anda bisa mengeceknya di sini.

4. Memberi tulisan pada benda-benda di sekitar dengan Bahasa Inggris

Lalu Anda juga bisa memberikan tulisan atau label pada benda-benda di sekitar Anda dengan tulisan Inggris. Misalnya di kamar Anda, setiap benda yang berada di kamar Anda, berilah dengan tulisan Inggris. Ada meja, kasur, kursi, bantal, kaca, lampu, dan lain-lain. Maka buatlah label dengan kertas sepotong kecil saja, lalu di kertas itu Anda tulis (table - meja), lalu (lamp - lampu), dan seterusnya.

Dengan hal tersebut, Anda secara tidak sadar sudah melihat tulisan Inggris beserta bendanya setiap saatnya. Sudah dipastikan Anda akan hafal Bahasa Inggris benda-benda tersebut tanpa harus dipikirkan lagi. Tentu itu adalah sesuatu yang bisa membuat Anda lebih mudah lagi dalam belajara Bahasa Inggris

Kemudian lanjut ke tahap berikutnya, Anda bisa menuliskan benda-benda yang berada di ruang tamu, ruang makan, dapur, halaman, kamar mandi, dan ruangan lainnya. Dengan melakukan hal yang demikian, Anda juga telah membantu orang-orang yang berada di rumah untuk belajar Bahasa Inggris. Jadi, Anda juga sudah berbagi pengetahuan kepada orang-orang di rumah Anda.

5. Membaca tulisan yang Berbahasa Inggris

Selanjutnya Anda juga harus membiasakan untuk membaca tulisan-tulisan yang berbahasa Inggris. Misalnya membaca koran yang berbahasa Inggris, buku, majalah, jurnal, novel, bahkan browsing blog pun cobalah cari yang berbahasa Inggris. Niscaya Anda akan mendapatkan kemudahan dalam belajar Bahasa Inggris.

Hal ini merupakan tips untuk melatih reading skill Anda dalam Bahasa Inggris. Membaca tulisan Inggris bukanlah sesuatu hal yang mudah jika Anda tidak terbiasa melakukannya. Apalagi dalam Bahasa Inggris ada yang namanya pronounciation, yang mana antara tulisan dan bacaannya berbeda. Jika Anda tidak terbiasa membaca, Anda tidak akan mengetahuinya.

Rekomendasi: Menghafal 16 Rumus Tenses dalam Waktu 15 Menit dengan Perkawinan Tenses

6. Berdoa dengan Bahasa Inggris

Biasanya Anda berdoa dengan Bahasa Indonesia, mulai dari sekarang ubahlah dengan Bahasa Inggris! Membiasakan berdoa dalam Bahasa Inggris juga bisa mempermudah Anda mempelajarinya. Apalagi berdoa adalah sesuatu yang harus diulang-ulang setiap hari, tentunya akan membuat Anda cepat mengingatnya.

Mungkin yang menjadi kendala adalah di awalnya saja, Anda harus menghafalkannya dengan benar. Namun, setelah Anda menghafalnya, hal itu justru akan membuat Bahasa Inggris lebih menyenangkan untuk dipelajari lagi dan lagi. Dan cobalah doa-doa yang baru yang mana akan terus Anda hafalkan sampai lancar mengucapkannya.

7. Menonton film dan mendengarkan musik yang Berbahasa Inggris

Seperti bayi yang baru lahir, ketika seseorang mulai belajar Bahasa Inggris, terutama belajar tentang listening dan speaking. Hal yang pertama dia lakukan adalah mendengarkan terlebih dahulu. Bayi pun demikian, sebelum dia bisa berbicara dengan lancar, dia mendengar terlebih dahulu setiap kata-kata yang dia dengar.

Jika dia selalu mendengar Bahasa Cina, maka dia akan lancar berbahasa Cina. Jika dia mendengar Bahasa Arab, maka akan lancar pula Bahasa Arabnya, walaupun dia tinggalnya bukan di Arab. Begitu pun dengan Bahasa Inggris, kita diibaratkan bayi yang baru lahir. Dengan sering mendengarkan omongan orang Inggris, lama-kelamaan kita juga bisa mengucapkannya.

Karena kita tinggal di negara Indonesia, sulit untuk menemukan orang yang bisa ngomong Inggris. Maka solusinya dengan menonton dan mendengarkan musik yang berbahasa Inggris. Apabila Anda sering melakukannya, sudah dipastikan Anda akan mendapat kemudahan dalam belajar Bahasa Inggris.

8. Bermain game Bahasa Inggris

Selanjutnya bermain game dengan Bahasa Inggris juga bisa membuat Anda mempelajarinya lebih menyenangkan lagi. Karena setiap yang berbau game pastinya akan sangat menyenangkan untuk dimainkan. Tapi, untuk hal ini cobalah game yang berbahasa Inggris. Sudah banyak untuk zaman sekarang game-game Inggris.

Rekomendasi: 100 Kosa Kata Bahasa Inggris tentang Profesi (Profession)

Apakah itu game dengan menggunakan gadget Anda, komputer Anda, atau game yang langsung dimainkan (tradisional game). Dengan melakukan hal demikian juga Anda bisa lebih akrab dengan teman-teman Anda. Sehingga Anda lebih percaya diri lagi ketika belajar Bahasa Inggris karena sudah ada chemistri dengan mereka.

9. Cari bule/turis untuk diajak berbicara Inggris

Tips yang terakhir adalah praktik bicara Inggris langsung kepada orang bule atau turis. Anda bisa mencarinya di tempat-tempat wisata di daerah Anda jika ingin menemuinya. Cobalah untuk memberanikan diri ketika berhadapan langsung dengannya. Jika Anda masih belajar bicara Inggris, mereka pasti akan mengetahuinya dari cara bicara Anda.

Biasanya Anda akan gugup untuk memulainya, tapi percayalah! Apabila Anda sudah terbiasa melakukannya, Anda akan lebih rileks lagi bicara dengan orang bule tersebut. Carilah orang bule asli yang berbahasa Inggris, misalnya dari Inggris, Amerika, Kanada, dan lain-lain.

Melakukan hal ini tujuanya untuk menilai kemampuan berbicara Bahasa Inggris kita. Jika awal-awal mungkin masih agak kaku, namun lama-kelamaan Anda bisa memperlancar speaking Anda. Karena setiap orang pastinya mempunyai speaking yang sama, awalnya dari tidak lancar terlebih dahulu. Kemudian setelah fokus untuk praktik secara terus menerus, barulah dia bisa lancar bicara Inggris.

Setelah Anda sudah bisa menerapkan 9 tips di atas yang telah disebutkan, maka Anda lebih mudah dalam mempelajari Bahasa Inggris. Baik Anda belajar di lembaga pendidikan yang formal, informal, maupun yang non formal. Dunia pendidikan di zaman sekarang, yang jelas tidak pernah lepas dari pelajaran Bahasa Inggris.

Belum ada Komentar untuk "9 Tips Belajar Bahasa Inggris agar Lebih Mudah dan Menyenangkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel