>

11 Tips Merawat Komputer agar Tetap Awet dan Terjaga

Tips Merawat Komputer

Vadcoy.com - Mempunyai komputer merupaka suatu hal yang membuat kita agar lebih rajin lagi. Mengapa harus lebih rajin lagi? Karena dengan adanya komputer, kita dituntut untuk merawat dan menjaganya supaya tidak cepat rusak. Komputer yang kita miliki merupakan tanggung jawab kita untuk menjaganya.

Banyak juga orang-orang yang membeli komputer baru, lalu dalam jangka waktu dekat komputer tersebut sudah rusak dan harus diservis, bahkan dirongsok. Salah satu penyebabnya karena mereka tidak pernah merawatnya dan menyepelekan komputernya dengan melakukan hal-hal yang bisa merusak komputer dengan cepat.

Oleh karena itu, Admin akan membagikan tips bagaimana cara merawat komputer agar tetap awet dan terjaga. Sehingga komputer Anda bisa bertahan dengan lama sampai berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun lamanya. Berikut ini adalah 9 tips merawat komputer agar tetap awet dan terjaga.

1. Membersihkan bagian dalam CPU dari debu dan kotoran

Tips yang pertama usahakan Anda membershkan bagian dalam dan luar CPU komputer Anda. Bagian dalam CPU biasanya tidak terlihat jika terdapat kotoran. Berbeda dengan bagian luar CPU apabila ada kotoran Anda bisa dengan mudah membersihkannya. Tetapi jika bagian dalam Anda harus membongkarnya terlebih dahulu, lalu membersihkannya.

Apabila Anda tidak pernah membersihkan bagian dalam CPU, kemungkinan komputer Anda akan rusak karena ada kotoran atau debu yang mengganggu kinerja hardware dalam CPU tersebut. Oleh karena itu, bersihkanlah CPU bagian dalam untuk menghindari hal tersebut. Anda bisa membersihkannya minimal satu bulan sekali secara rutin agar komputer tetap awet dan terjaga.

2. Jauhkan komputer dari sinyal hp/gadget

Sinyal hp ternyata bisa mengganggu kinerja komputer Anda. Jika Anda sering meletakkan gadget Anda di dekat komputer, apalagi di atas CPU, hal itu bisa merusak komputer Anda. Karena radiasi yang dikeluarkan dari hp cukup berbahaya.

Rekomendasi: 11 Tips Menjadi Youtuber yang Sesuai dengan Ajaran Agama Islam

Bukan hanya komputer Anda saja yang bisa mengalami kerusakan, tapi hp Anda juga bisa terkena dampaknya. Radiasi yang saling bentrok ini akan saling beradu sampai salah satunya mengalami kerusakan. Maka jauhkan komputer dari hp Anda yang memiliki sinyal kuat.

3. Matikan komputer dengan cara yang benar

Cara mematikan komputer yang benar adalah dengan mengklik menu shut down yang ada pada menu start. Jika Anda mematikan komputer secara paksa, maka akan berdampak mengalami kerusakan dengan cepat. Hal tersebut jika Anda melakukannya terus menerus. Usakan matikan komputer Anda dengan mengklik menu shut down saja!

4. Gunakan aplikasi yang legal

Gunakan aplikasi yang legal pada software komputer Anda. Aplikasi yang ilegal biasanya akan membawa virus yang berbahaya, yang mana bisa menyebabkan kerusakan pada komputer Anda. Karena sekarang sudah banyak aplikasi-aplikasi bajakan ilegal yang beredar secara online.

Dengan menggunakan aplikasi yang legal, secara tidak sadar Anda juga telah menghargai karya orang yang menciptakan aplikasi tersebut. Namun, jika Anda menggunakan yang bajakan, sama saja Anda telah merampas karya pembuat aplikasi tersebut.

5. Matikan komputer ketika sedang hujan lebat

Komputer yang menyala ketika keadaan sedang hujan lebat bisa membahayakan seisi rumah tersebut. Apalagi jika hujan itu dibarengi dengan petir dan geledek, lalu petir itu menyambar koneksi internet komputer Anda. Tentu hal itu bisa membuat rumah Anda terbakar dan membahayakan nyawa yang ada di dalam rumah.

Rekomendasi: 9 Tips Memulai Bisnis Bubur Ayam agar Menghasilkan Omzet Jutaan Rupiah

Oleh karena itu, matikan komputer terlebih dahulu apabila keadaan sedang hujan. Walaupun Anda sedang mengerjakan pekerjaan yang sangat penting. Jika Anda memaksa untuk mengerjakannya, ingat! Bukan hanya Anda yang akan terkena dampaknya, namun keluarga Anda juga.

6. Update komputer secara berkala

Selanjutnya update komputer Anda secara berkala. Terutama software yang digunakan oleh komputer Anda. Aplikasi-aplikasinya pun harus Anda update juga agar komputer tetap awet dan terjaga. Seperti antivirus, aplikasi ini wajib Anda update. Karena fungsi dari antivirus itu sendiri adalah untuk menjaga komputer dari berbagai serangan virus atau malware yang bisa membahayakan komputer Anda.

Kemudia aplikasi lainnya seperti microsoft office, corel draw, photoshop, windows, dan aplikasi yang lainnya. Dengan mengupdatenya secara berkala juga Anda lebih menghemat uang Anda, yang apabila komputer Anda rusak lebih banyak mengeluarkan uang.

7. Hapus file-file sampah yang ada pada komputer

Biasanya komputer akan meninggalkan file-file sampah jika pemakaiannya sudah cukup lama. Untuk merawatnya agar tetap awet dan terjaga, Anda harus menghapus file-file sampah tersebut. Atau Anda juga bisa membuat jadwal khusus untuk menghapus file-file tersebut. Sehingga komputer Anda bisa berfungsi dalam jangka waktu yang lama.

8. Gunakan listrik yang stabil

Tegangan listrik yang tidak stabil juga bisa mengganggu performa komputer Anda. Jika dibiarkan terus-menerus, tidak mustahil komputer Anda akan mengalami kerusakan. Oleh karena itu, gunakanlah tegangan listrik yang stabil untuk komputer Anda.

Anda juga bisa menggunakan stabilizer pada komputer Anda. Sehingga tegangan listrik tetap stabil dan menjaga komputer Anda dari kerusakan. Anda bisa membeli stabilizer dengan mengocek uang sebesar Rp500.000 - Rp1.000.000.

Rekomendasi: 9 Tips Melatih Kreativitas pada Diri Sendiri

9. Jangan meletakkan benda-benda berat di atas CPU dan monitor

Apa jadinya jika ada benda berat diletakkan di atas CPU komputer Anda? Apabila dibiarkan tanpa dipindahkan dengan segera, tentu CPU itu akan rusak dan hardware yang di dalamnya pun juga ikut rusak. Lebih-lebih benda berat itu diletakkan di atas monitor, sudah pasti layar monitor itu akan rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Sebaiknya Anda jangan perah sekali-kali untuk melakukan hal tersebut.

10. Aktifkan sistem restore pada komputer

Aktifkan juga sistem restore pada komputer Anda. Karena windows yang ada pada komputer terkadang bisa mengalami masalah dan menyebabkan file-file Anda terganggu, bahkan terhapus. Untuk menanganinya, maka Anda harus mengaktifkan sistem restore ini.

11. Install antivirus yang tepercaya pada komputer

Terakhir, untuk melindungi komputer Anda dari gangguan virus dan malware, Anda harus menginstall antivirus yang tepercaya. Virus dan malware yang dibiarkan bisa merusak software yang ada pada komputer Anda. Oleh karena itu, Anda harus menginstallnya. Jika bisa, gunakan antivirus yang berbayar atau beli, jangan gunakan yang gratis. Sudah pasti kualitasnya akan berbeda.

Itulah 11 tips merawat komputer agar tetap awet dan terjaga yang bisa Admin bagikan kepada Anda. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!

Belum ada Komentar untuk "11 Tips Merawat Komputer agar Tetap Awet dan Terjaga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel