>

Mengupload Foto di Medsos Menurut Agama Islam

Mengupload Foto

Vadcoy.com - Mungkin menurut pandangan orang-orang mengupload foto di medsos adalah hal yang biasa. Namun, berbeda dengan pandangan Agama Islam. Mengupload foto di medsos adalah hal yang sangat berbahaya sekali akibatnya jika kita mengetahuinya. Terutama untuk para wanita, sungguh sangat berbahaya dan efeknya pun sangat berat kelak. Foto yang masih menutup aurat saja mempunyai dampak yang fatal, apalagi yang tidak tertutup auratnya.

Mengupload foto di medos

Persoalannya adalah lawan jenis itu sendiri. Banyak laki-laki yang hanya melihat foto wanita akan timbul syahwatnya, yang mana bisa membuatnya berpikiran yang tidak-tidak. Makanya mengupload foto di medsos sangat berbahaya bagi para wanita. Jika memang foto tersebut menyebabkan timbulnya syahwat para lelaki yang melihatnya, sudah dipastikan foto tersebut menjadi haram untuk diupload dan disebarkan. Hal yang demikian jika tetap disebarkan, maka akan menjadi dosa jariyah seperti yang sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya.

Segitu adalah foto yang masih menutup aurat, atau foto yang hanya terlihat wajah dan telapak tangan saja. Tetap saja, jika masih membuat syahwat para lelaki yang melihatnya timbul karena kecantikannya, dia akan mendapat dosa jariyah tersebut. Kecuali mukanya diblur dan tidak jelas jika dilihat, lalu tidak menimbulkan syahwat lelaki, foto yang demikian bisa dibilang aman-aman saja.

Lalu, bagaimana jika foto tersebut sampai terbuka auratnya? Itu lebih parah lagi. Yang masih tertutup saja sudah berbahaya bagi dirinya, apalagi jika yang terbuka auratnya. Sudah pasti banyak lelaki yang terangsang dan syahwatnya pun pasti muncul juga. Begitu juga dengan pikirannya yang kotor-kotor. Dosa jariyah pun dia dapatkan akibat dari mengupload foto yang terbuka auratnya di medsos.

Rekomendasi: Hakikat Aurat Manusia dalam Agama Islam

Jangan sekali-kali meremehkan dosa jariyah tersebut! Dia akan mendapatkannya selama foto itu masih terpampang di medsosnya atau belum dihapus. Semakin banyak orang yang melihatnya, semakin banyak pula dosa yang dia dapat. Apalagi jika dia meninggal dunia dan belum sempat dihapus foto-fotonya. Naudzubillah!


Dosa jariyah

Ada kisah nyata! Seorang perempuan yang selalu mengupload fotonya di facebook selama beberapa tahun dan sudah ribuan foto yang dia upload. Kebetulan foto-fotonya diumbar auratnya, dan dilihat oleh banyak orang yang berteman dengannya di fb itu. Tentu temannya ada yang perempuan dan ada juga yang lelakinya. Lalu tiba-tiba dia meninggal dunia, dan akun facebooknya masih aktif dan masih bisa dilihat foto-fotonya.

Kemudian ketika proses pemakamannya, terjadilah hal-hal yang tidak diduga-duga. Kuburannya menjadi bau tak sedap, semua orang yang mengantarnya tidak kuat dengan baunya, dan akhirnya banyak yang pulang. Kemudian hanya tinggal beberapa orang saja yang memakamkannya, itu pun dengan menggunakan masker karena bau yang tak enak tersebut.

Setelah beberapa hari, ibunya mimpi bertemu dengannya. Dia merasa kesakitan di dalam mimpinya ketika bertemu ibunya. Dan dia berpesan kepada ibunya, agar menghapus semua foto yang ada di facebooknya. Dia juga mengungkapkan alasannya, karena foto-foto itulah yang menyebabkan dia kesakitan dan tersiksa. Kemudian ibunya melakukan pesan anaknya tersebut. Dia menghapus foto-foto anaknya di facebook itu.

Rekomendasi: 2 Syahwat Manusia yang Sangat Berbahaya

Bisa disimpulkan dari kisah di atas, efek dari mengupload foto di medsos baik itu facebook, instagram, watshapp, youtube, dan yang lainnya. Selama gambar itu bisa menimbulkan syahwat lawan jenisnya atau terbuka auratnya, maka dia akan mendapatkan dosa, bahkan dosa jariyah. Tidak ada toleransi dalam masalah ini.

Berlaku juga untuk laki-laki, jika dia mengupload foto-fotonya yang terbuka auratnya, dia juga bisa mendapatkan dosa jariyah tersebut. Atau tertutup auratnya, tapi bisa menimbulkan syahwat lawan jenisnya karena ketampanannya. Hal yang demikian itu sama saja bisa bisa membuatnya berdosa.

Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam mengupload foto di medsos. Baik itu penampilannya ataupun posenya, karena bisa berpengaruh ketika dilihat oleh orang lain. Dan agar lebih amannya, jika bisa bagian wajahnya diblur sehingga tidak jelas ketika dilihat. Begitu juga bagian dadanya jangan sampai diperlihatkan bagi wanita, karena dada yang terlihat bentuknya itu merupakan aurat juga.

Semoga bisa bermanfaat dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya. Berhati-hatilah dalam mengupload foto di medsos, agar kita tidak menyesal di kemudian hari. Terutama di akhirat kelak setelah kematian.

Belum ada Komentar untuk "Mengupload Foto di Medsos Menurut Agama Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel