>

Mau Jadi Orang Kaya Baru? Selain Usaha, Lakukan 11 Hal Ini

Orang Kaya Baru

Vadcoy.com - Anda sudah lama hidup miskin? Mau cepat kaya, tapi gak tau caranya? Jangan kawatir, selama Anda masih hidup dan mau berusaha, Anda bisa menjadi orang kaya baru di planet bumi ini. Memang menjadi orang kaya baru tidaklah mudah, Anda harus melewati masa-masa kritis yang bisa membuat Anda menyerah untuk menjadi kaya. Jika Anda menyerah, impian menjadi orang kaya baru pun tidak akan Anda dapatkan dalam seumur hidup.

Ada juga tipe orang yang maunya miskin saja dan merasa nyaman dengan kemiskinannya. Tipe yang seperti ini sebaiknya Anda jauhi jika dia selalu mengajak kepada kesenangan semata. Orang yang hidupnya miskin dan pas-pasan biasanya menjalani kehidupan yang aman dan damai-damai saja setiap harinya. Berbeda dengan orang kaya, dia akan selalu berinovasi dan berkreasi untuk mempertahankan kekayaannya dan bahkan menambah kekayaannya.

Lalu, apa saja hal yang bisa membuat kita agar bisa menjadi orang kaya baru? Memangnya bisa seperti itu? Bagaimana caranya? Oleh karena itu, simak dan perhatikanlah 11 hal yang bisa membuat Anda menjadi orang kaya baru. Jika Anda menerapkan semuanya, maka Anda akan semakin cepat menjadi orang kaya baru.

1. Nabung dulu, baru belanja

Seseorang yang abis gajian biasanya akan bernafsu untuk membeli barang-barang yang dia pikirkan pada waktu itu saja. Dia tidak berpikir ke depannya akan berguna lagi atau tidak barang tersebut. Selain beli barang baru, dia juga biasanya akan membeli berbagai macam makanan karena merasa punya uang lebih dan tanpa berpikir panjang menggunakan uang tersebut. Lalu uang itupun akhrinya habis sebelum gajian selanjutnya dan menjadikan dia meminjam kepada orang lain.

Boro-boro bisa nabung, buat makan saja masih harus meminjam uang karena kesalahan di awal pas gajian. Maka hal yang harus dia lakukan setelah menerima gaji itu, dia tabung terbeih dahulu. Tabungan yang sekira-kiranya tidak bisa diambil dengan mudah. Baru dia boleh membeli apapun setelah menabung. Pasti dia akan berpikir dua kali jika ingin membeli barang-barang yang tak berguna, karena uangnya terbatas akibat ditabung di awal pas gajian tadi.

Rekomendasi: 5 Rahasia Kerja Keras dan Kesuksesan Seseorang

Apabila hal tersebut terus dilakukan setiap kali gajian, uang kita pun akan menumpuk secara tidak sadar. Dan sedikit demi sedikit kita akan bisa menjadi orang kaya baru. Sungguh sesuatu yang sepele, namun efeknya akan terasa ke depannya. Dan juga berat unhtuk dilakukan bagi orang yang belum terbiasa melakukannya.

2. Sering nonton video tentang motivasi

Jika kita hanya menonton film dan sinetron saja, sungguh itu merupakan hal yang tidak berguna. Untuk menjadi orang kaya baru, kita membutuhkan tontonan yang memotivasi diri kita. Karena motivasi ibarat bahan bakar yang bisa habis dan harus diisi kembali. Adapun untuk mengisi motivasi itu, caranya dengan menonton video-video tentang motivasi. Maka motivasi kita akan muncul kembali dan semangat kembali dalam bekerja.

Video-video tentang motivasi sudah banyak di youtube tinggal kita memilihnya saja. Jangan hanya melihat video-video yang tidak bermanfaat ketika membuka youtube. Tontonlah video yang memotivasi diri kita agar lebih bergairah dalam bekerja. Jika bisa, setiap hari dan sesering mungkin menontotnnya. Maka motivasi kita lamakelamaan akan semakin tebal dan meningkat.

3. Cari mentor, jangan cari coach

Menjadi orang kaya baru yang dibutuhkan adalah mentor. Ini adalah syarat mutlak jika Anda benar-benar ingin menjadi orang kaya baru. Carilah mentor yang cocok dengan Anda. Cari juga mentor yang menurut Anda bagus dalam mementori diri Anda. Karena ada juga beberapa mentor yang tidak cocok dengan diri kita, sehingga akan merasa canggung dan tidak ada chemistry. Mentor juga berguna seperti video motivasi yang telah disebutkan. Bedanya jika mentor bisa langsung tanya jawab, jika video hanya menonton saja tidak ada tanya jawab.

Jangan cari coach! Berbeda antara mentor dan coach. Mentor adalah orang yang mengajarkan kita bagaimana caranya agar kita bisa menjadi orang kata baru. Dan dia dalam kehidupannya juga sudah menjadi orang kaya. Sedangkan coach sama seperti mentor mengajarkan kita bagaimana agar bisa kaya. Tapi dalam kehidupannya dia masih biasa-biasa saja, dia hanya tau teori dan ilmunya saja. Jika mentor, teori dan materi dia miliki semuanya. Itulah perbedaan keduanya, dan usahakan carilah mentor jangan cari coach agar bisa cepat menjadi orang kaya baru.

4. Cari teman yang sepemikiran

Dalam berteman, kita juga seharusnya lebih berhati-hati lagi. Pastinya di antara teman-teman kita mempunyai pemikiran yang berbeda-beda. Maka untuk menjadi orang kaya baru, sebaiknya kita memilih teman yang sepemikiran dengan kita. Carilah teman yang mindsetnya mau menjadi orang kaya juga. Jika mencari teman yang tidak ada gairah untuk menjadi kaya, maka tinggalkan dulu. Kita temani dulu teman-teman yang mempunyai mindset kaya tersebut.

Rekomendasi: 7 Macam Profil Wirausaha dalam Dunia Entrepreneurship

Karena jika kita masih menemani teman yang mindsetnya pas-pasan saja, takutnya kita akan terbawa olehnya yang akhirnya mindset kaya kita menjadi lemah. Namun, jika kita lebih memilih berteman dengan teman yang mindsetnya kaya, maka mindset kaya kita pun akan semakin meningkat dan bertambah. Sehingga menjadikan kita semangat terus dan bisa saling berbagi pengetahuan juga tentang bagaimana caranya menjadi kaya.

5. Hitung-hitungan boleh, tapi jangan perhitungan

Apa itu hitung-hitungan dan perhitungan? Keduanya memiliki makna yang berbeda. Hitung-hitungan bisa dibilang manajemen keuangan dan bagaimana cara menggunakan uang itu. Sedangkan perhitungan adalah selalu berpikir ketika hendak mengeluarkan uang itu. Orang yang perhitungan bisa dibilang orang yang pelit. Sedangkan orang yang hitung-hitungan adalah orang yang memikirkan masa depan keuangannya. Walaupun dalam praktiknya dia akan lebih berbagi kepada yang lain.

Intinya, kita diharapkan bisa saling berbagi dan mengasihi kepada orang lain. Terutama dalam bersedakah, jangan sampai kita perhitungan dalam bersedekah. Orang yang perhitungan dalam bersedakah biasanya akan sulit untuk menjadi orang kaya baru. Karena perhitungan juga merupakan salah satu mindset miskin yang harus dijauhi oleh orang-orang yang mau kaya.

6. Bangun pagi sebelum waktu subuh

Bangun pagi merupakan kewajiban bagi orang-orang yang mau menjadi kaya. Walaupun memang bangun pagi tidak bisa membuat kita menjadi kaya. Tapi kita bisa melihat dan memperhatikan orang-orang kaya, mereka selalu bangun pagi. Orang-orang kaya tidak pernah bangun siang. Orang yang bangun siang hanya orang-orang yang berkepribadian miskin saja. Maka biasakan dalam hidup kita jika ingin menjadi orang kaya baru, bangunlah pagi-pagi sebelum waktu subuh.

Setelah bangun pagi-pagi, kita tidak boleh tidur lagi pastinya. Lakukan sesuatu yang bermanfaat! Kita bisa tanyakan kepada mentor kita masing-masing harus melakukan apa terlebih dahulu. Karena kita masih butuh bimbingan dan arahan mentor. Kita masih belajar dan belum memiliki banyak ilmu, maka tanyakanlah kepada mentor.

7. Hindari riba atau ngutang

Orang yang mau jadi kaya juga harus bisa menghindari yang namanya hutang dan riba. Selain gak berkah, riba juga bisa membuat harta Anda tidak berkah, walaupun harta itu menumpuk segunung. Ciri-ciri gak berkahnya akan terlihat jelas. Misalnya uangnya cepat sekali habis, rumah tangga kurang harmonis, sering marah-marah, malas ibadah, dan lain-lain. Kesemuanya itu disebabkan dari harta benda yang didapat dari hasil riba. Bisa dilihat di sini alasannya: 3 Kewajiban Manusia yang Saling Berkaitan pada Kehidupannya.

Mempunyai hutang juga akan sangat sulit untuk membuat kita jadi orang kaya baru. Orang kaya yang benar-benar kaya tidak akan mempunyai hutang. Malahan mereka akan mempunyai banyak aset dengan berbagai income. Jika orang mempunyai banyak hutang, dia akan sulit untuk berkonsentrasi pada usahanya. Karena yang ada dipikirannya hanya membayar hutang dan hutang, sehingga tidak bisa fokus dengan pekerjaannya.

Maka lunasi hutang satu persatu! Dan jauhi yang namanya riba! Baru Anda bisa menjadi orang kaya baru. Bagaimanapun kondisinya, jangan Anda sekali-kali melakukan riba. Tapi jika keadaan sedang terpuruk, lebih baik hutang dari pada riba. Dan jika sudah mulai membaik, bayarlah hutang terlebih dahulu, baru memikirkan usaha lainnya.

8. Solat di awal waktu (bagi yang muslim)

Secara spritual, soal di awal waktu ternyata bisa membuat orang menjadi kaya. Apakah itu kaya harta, kaya hati, kaya jiwa, dan yang lainnya. Dia biasanya akan merasa tenang jika selalu solat di awal waktu. Karena hatinya tenang dan tidak takut apapun, walaupun maut menjemputnya, dia tetap berpikir bahwa dia sudah melakukan solat. Jadi, dia mati dalam keadaan sudah melaksanakan solat.

Sebaliknya orang yang suka menunda-nunda waktu solat, dia akan sulit untuk menjadi orang kaya baru. Walaupun kenyataannya dia memang kaya raya, tapi belum sepenuhnya kaya raya. Karena orang yang kaya raya adalah orang yang kaya hatinya terlebih dahulu, barulah dia kaya materinya. Tapi jika selalu menunda-nunda solat, dia belum mendapatkan kekayaan pada hatinya.

Maka tak aneh jika ada orang yang tiap harinya selalu pergi ke masjid untuk solat di awal waktu dan berjamaah. Lalu dia tiba-tiba menjadi orang kaya raya dan masih terus solat ke masjid di awal waktu. Inilah yang disebut pemberian Allah yang tak terduga-duga kepada hambaNya. Walaupun dia pekerjaannya terliha tidak memiliki income yang besar, tapi Allah memberinya lebih dari jalan yang lain.

9. Ngatur waktu dan konsisten

Orang ynag mempunyai mental dan mindset kaya, biasanya dia akan memanfaatkan waktunya sebaik mungkin. Dia akan akan menyia-nyiakan waktunya untuk melakukan hal yang tidak berguna. Satu detik pun sangat berharga baginya, dan tak jarang pula orang yang kaya memiliki waktu tidur yang sebentar. Dia benar-benar bisa mengatur dan menggunakan waktunya dengan baik.

Rekomendasi: 5 Ciri Orang yang Suksesnya Susah

Mengatur waktu sehari, dua hari, tiga hari memang terbilang mudah. Namun, jika dilakukan sampai bertahun-tahun bukanlah hal yang mudah. Tapi bagi dia yang ingin menjadi orang kaya baru, harus bisa melakukan hal tersebut. Karena orang-orang kaya yang sudah-sudah bisa dengan mudahnya mengatur waktunya dengan konsisten sampai bertahun-tahun.

10. Berbuat baik dan minta doa kepada orang tua

Sering sekali kita mendengar di acara seminar motivasi pada suatu tempat. Para pembicara yang sudah menjadi kaya itu pasti menyelipkan kata-kata "karena doa dari orang tuanya". Orang kaya pasti dia akan meminta didoakan oleh orang tuanya, terutama doa ibunya. Jika Anda ingin menjadi orang kaya baru, maka mintalah doa kepada kedua orang tua Anda. Supaya dalam prosesnya bisa mendapat kemudahan dan kelancaran untuk mencapai kekayaan tersebut.

Untuk meminta doa kepada orang tua kita, tentu kita harus berbuat baik kepada mereka juga. Bagaimana orang tua mau mendoakan kita, jika kita selalu jahat kepada mereka. Kita tidak pernah menurut jika disuruh orang tua, bagaimana kita mau menjadi orang kaya jika tidak mendapat doa mereka? Maka berbuat baiklah kepada mereka, lalu mintalah doa mereka, niscaya impian menjadi orang kaya baru tidaklah mustahil.

11. Berdoa kepada Tuhan

Berdoa kepada Tuhan, berdoa kepada Allah SWT. menunjukkan bahwa diri kita ini benar-benar kecil. Menunjukkan bahwa diri kita ini lemah. Menunjukkan bahwa diri kita ini tak berdaya. Jika kita tidak pernah berdoa kepada Allah, hal itu menunjukkan bahwa diri kita ini sebagai orang yang sombong. Seolah-olah kita ini memiliki kekuatan sendiri dan tidak membutuhkan kekuatanNya. Orang yang sombong kepada TuhanNya karena tidak mau berdoa, biasanya hidupnya akan sengsara.

Walaupun orang tua kita mendoakan kita, namun kita juga harus bedoa secara personal kepada Allah SWT. Kita meminta kepadaNya bahwa kita mau menjadi orang kaya baru. Dan hal yang seperti itu sangat mudah sekali untuk dikabulkan Allah SWT. Oleh karena itu, usaha keras yang kita lakukan, tidak akan sempurna jika tidak dibarengi dengan doa.

Itulah 11 hal selain usaha yang jika kita lakukan semuanya, maka mika akan menjadi orang kaya baru. Orang kaya baru di daerah kita, orang kaya baru di keluarga kita, dan orang kaya baru yang bisa menolong kepada orang lain. Karena yang sebelumnya kita biasa-biasa saja, namun setelah beberapa waktu kita bisa menjadi orang kaya baru. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Mau Jadi Orang Kaya Baru? Selain Usaha, Lakukan 11 Hal Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel