>

9 Manfaat Traveling bagi Kehidupan yang Harus Anda Tahu!

9 Manfaat Traveling bagi Kehidupan

Vadcoy.com - Selama manusia hidup, tentu dia tidak akan bekerja secara terus menerus. Dalam bekerja seminggu penuh bisa menimbulkan rasa jenuh dan bosan, apalagi jika pekerjaan itu selalu lembur. Maka dia butuh liburan untuk mengisi waktu santainya. Dan sebagus-bagusnya liburan adalah traveling. Daripada menghabiskan waktu hanya berdiam di rumah dengan tidur seharian, lebih baik melakukan traveling yang sangat menyenangkan.

Di samping menyenangkan, traveling juga memiliki bebeberapa manfaat untuk kehidupan manusia. Dia bisa mendapatkan kesehatan, pengalaman, pengetahuan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Yang jelas! Dengan traveling dia tidak akan rugi dan sebaliknya akan mendapat keuntungan. Oleh karena itu, isilah waktu liburanmu dengan traveling. Berikut ini adalah 9 manfaat traveling bagi kehidupan manusia.

1. Menghilangkan stres

Manfaat pertama traveling adalah bisa menghilangkan stres. Setelah bekerja seharian seseorang biasanya akan merasa stres dan banyak pikiran tentang pekerjaan tersebut. Untuk menghilangkannya adalah salah satunya dengan traveling. Luangkan waktu sehari saja untuk traveling, agar pikiran Anda jernih dan bisa bekerja lebih fresh lagi.

Jangan biarkan pekerjaan mengganggu pikiran Anda! Akibatnya Anda akan mendapatkan stres pada pikiran Anda. Stres yang dibiarkan dalam jangka waktu lama, tentu bisa merusak kesehatan tubuh juga. Walaupun kaitannya dengan pikiran, tapi stres bisa mengganggu kesehatan pada anggota tubuh manusia. Sebisa mungkin luangkan waktu Anda untuk traveling! Minimal seminggu sekali, jika tidak bisa, 2 minggu sekali atau satu bulan sekali.

2. Mendapat pengalaman baru

Seseorang yang melakukan traveling sudah dipastikan dan secara otomatis akan mendapatkan pengalaman baru. Bagaimana tidak? Pengalaman adalah salah satu yang berharga dalam kehidupan manusia. Dengan pengalaman tersebut, manusia bisa belajar lebih baik lagi. Misalnya dia melakukan traveling ke daerah pegunungan untuk pertama kalinya. Dia pun mendapatkan berbagai macam masalah dan rintangan untuk mencapai puncak.

Lalu untuk traveling yang kedua kalinya dengan tujuan yang sama ke puncak, dia pun akan belajar dari traveling yang pertama tersebut. Dengan pengalaman yang dia dapat, tentunya akan berguna untuk traveling yang kedua ini. Masalah dan rintangan pun akan lebih sedikit dia hadapi jika dibandingkan dengan traveling yang pertama itu.


3. Mendapat pengetahuan baru

Dengan traveling, seseorang juga bisa mendapatkan pengetahuan baru. Hal ini sudah umum dikalangan para traveler dan maniak traveling. Semakin banyak pengetahuan, maka semakin bagus pula untuk kehidupan mendatang. Seseorang yang pergi ke luar negeri, tentunya dia akan mendapatkan pengetahuan tentang negara yang dia kunjungi.

Dia pergi ke negara China, lalu dia pun akan mengetahui tentang panjangnya tembok China jika dia mengunjungi tempat tersebut. Dan pengetahuan tentang panjangnya tembok China pun bisa dia sebarluaskan dengan valid. Karena dia sudah mengunjunginya dan pastinya kebanyakan orang akan percaya dengan kebenaran ceritanya. Berbeda jika dia belum pernah mengunjunginya, maka kebenaran ceritanya pun akan diragukan bahkan bisa dianggap kebohongan semata.

4. Mengenal lebih banyak budaya

Selain mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang baru, dengan traveling juga akan mengenal lebih banyak budaya pada suatu daerah. Seseorang yang normal akan sangat sengan jika mengenal lebih banyak budaya. Karena budaya merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki oleh suatu daerah tertentu. Misalnya budaya Indonesia seoerti batik, tari tradisional, makanan tradisional, dan lain-lain.

Hanya dengan traveling inilah seseorang akan mengenal banyak budaya secara langsung. Berbeda jika hanya dengan menonton melalui media sosial atau youtube. Rasa penasaran pun akan berbeda jika dibandingkan antara keduanya. Apalagi budaya juga merupakan sesuatu yang harus dipertahankan oleh pemiliknya. Maka dengan traveling secara tidak sadar kita sudah membantu dan menjaga kelestarian dari budaya tersebut.

5. Mengetahui bahasa baru

Manfaat yang kelima ini sudah tidak diragukan lagi. Melakukan traveling juga akan mengetahui bahasa baru dari daerah yang kita kunjungi. Bahasa itu akan berguna nantinya jika kita mengunjungi tempat yang sama-sama menggunakan bahasa tersebut. Ini juga merupakan ilmu baru dan sangat mahal harganya jika bisa dimanfaatkan.


Misalnya kita melakukan traveling ke Amerika selama sebulan, kita pun sudah menguasai bahasa Amerika dengan lancar dan benar. Kemudian kita memanfaatkan bahasa itu dengan membuka kursusan di suatu tempat yang masih jarang menggunakan bahasa itu. Di sinilah nilai manfaat bisnis yang akan didapatkan dengan mengetahui bahasa baru tersebut.

6. Mendapat teman baru

Hal yang tidak terduga-duga dari traveling adalah mendapat teman baru. Sudah banyak traveler yang membuktikan hal tersebut. Dengan teman baru kita bisa menjalin jaringan yang lebih luas lagi. Apalagi jika teman tersebut dari daerah jauh dengan rumah kita, hal ini akan sangat menarik pastinya. Jika kita ingin mengunjunginya, kita akan melakukan traveling yang menyenangkan untuk menuju daerahnya tersebut. Bisa jadi dalam perjalanan itu kita akan mendapatkan teman baru yang lainnya. Sungguh teman kita akan bertambah banyak jika terus seperti demikian.

7. Bisa mengenal diri lebih dalam

Melakukan traveling juga bisa menjadikan kita lebih mengenal diri kita lebih dalam lagi. Kita bisa tau seberapa sabar ketika melakukan traveling tersebut. Kita bisa tau seberapa semangatnya ketika melakukan traveling itu. Dan kita juga bisa tau seberapa emosionalnya diri kita ketika melakukan traveling tersebut. Tentu hal ini akan beguna untuk kehidupan di masa depan kelak.

Jika kita sudah tau tentang emosional diri sendiri, maka kita akan bisa untuk mengontrolnya. Begitu juga dengan kepedulian kita terhadap orang lain. Traveling akan mengajarkan tentang kepedulian dan perhatian diri kita terhadap orang lain. Dan itu juga merupakan bagian dari jati diri seseorang.

8. Melatih kerja sama tim

Traveling yang dilakukan beramai-ramai bersama orang lain bisa melatih kerja sama tim. Apalagi jika dilakukan oleh teman sekantor dan pekerjaannya, tentu akan sangat bagus untuk pekerjaan mereka kelak. Jika mereka tidak pernah bekerja sama ketika sedang melakukan pekerjaan di kantor. Tidaklah mustahi dengan traveling mereka akan bisa bekerja sama dengan baik. Biasanya hal ini akan terjadi jika mereka mendapatkan suatu masalah atau rintangan dalam travelingnya.


Kerja sama tim yang sudah terjalin ketika melakukan traveling, tentu akan bisa digunakan pula setelah melakukan traveling terutama pada kehidupan sehari-hari. Kehidupan sosial pun akan lebih baik lagi, dan pekerjaan pun bisa dilakukan dengan cepat karena kerja sama tim yang sebelumnya belum pernah dilakukan.

9. Membuat tubuh semakin fit dan sehat

Kemudian manfaat yang terakhir adalah membuat tubuh menjadi lebih fit dan sehat. Seseorang yang setiap hari kerjanya hanya duduk di depan komputer saja, fisiknya pun akan melemah seiring bertambahnya usia. Hal ini sangatlah berbahaya bagi kesehatannya jika terus berlanjut. Dengan rutin melakukan traveling secara tidak sadar dia telah melakukan aktifitas fisik yang bisa membuatnya tetap fit dan sehat.

Bahkan jika traveling tersebut dilakukan dengan medan yang keras dan membutuhkan tenaga yang besar, tidak mustahil fisiknya akan semakin bertambah kuat lagi. Misalnya seperti panjat tebing, naik gunung, dan lain-lain. Jika demikian, kesehatan pun akan tetap terjaga dan di masa depan pun tidak akan mudah terserang penyakit. Terutama ketika memasuki lanjut usia, dia tidak akan mudah sakit-sakitan.

Usahakan membuat jadwal yang tepat untuk melakukan traveling. Dengan jadwal yang sudah diatur dengan tepat kita bisa mendapatkan manfaat-manfaat di atas tersebut. Manfaatkan waktu libur untuk traveling lebih baik daripada untuk tiduran saja di rumah. Manfaatnya pun lebih banyak didapatkan dengan traveling tersebut. Di samping kesehatan, seseorang juga akan mendapatkan banyak pengetahuan dari traveling tersebut. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!

Belum ada Komentar untuk "9 Manfaat Traveling bagi Kehidupan yang Harus Anda Tahu!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel