>

7 Manfaat Madu Murni bagi Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Madu Murni

Vadcoy.com - Madu merupakan salah satu minuman yang mempunyai banyak manfaat. Minuman yang berasal dari sarang lebah ini ternyata sudah terbukti khasiatnya sejak ratusan tahun yang lalu. Khasiat madu yang paling ampuh adalah untuk kesehatan tubuh manusia. Maka manusia pun banyak yang beternak lebah agar sarangnya bisa menghasilkan madu yang berkualitas dan bisa dijual di pasaran.

Madu mempunyai rasa yang bermacam-macam, ada yang manis dan ada juga yang pahit. Dengan 2 rasa tersebut, madu bisa dinikmati sesuai seleranya masing-masing. Tentunya kedua rasa tersebut tidak menghilangkan khasiat kesehatan yang ada pada madu tersebut. Karena setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda, ada yang senang dengan rasa yang manis, ada juga yang suka dengan rasa yang pahit.

Adapun madu yang memiliki manfaat untuk kesehatan adalah madu yang murni, bukan madu yang sudah dicampur oleh bahan-bahan tertentu. Terutama dicampur dengan bahan kimia, bukannya kesehatan yang didapat, malah penyakit yang akan didapatkannya. Karena banyak juga madu-madu campuran yang sudah beredar di pasaran untuk sekarang-sekarang ini. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam membeli madu! Pastikan periksa terlebih dahulu madu tersebut, apakah murni atau sudah dicampur.

Jika Anda sudah membeli madu murni dengan yakin, maka Anda akan mendapatkan beberapa manfaat dari madu murni itu. Apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah beberapa manfaat madu murni bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga berat badan tetap stabil

Manfaat yang pertama, madu murni bisa menjaga berat badan kita. Bagi Anda yang tidak ingin berat badannya tidak bertambah atau stabil, maka Anda bisa mengonsumsi madu murni. Mengonsumsinya haruslah dengan teratur. Jika tidak teratur, maka Anda tidak bisa mendapatkan manfaat yang pertama ini.

Rekomendasi: 9 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

Anda bisa mengonsumsi sehari 2 kali, atau minimal sekali sehari. Dengan demikian, asupan nutrisi yang terkandung pada madu murni itu akan diserap oleh tubuh Anda setiap harinya. Sehingga tubuh pun akan tetap stabil dan mencegah terjadinya obesitas juga.

2. Mengatasi masalah tenggorokan

Masalah tenggorokan yang biasa terjadi adalah radang tenggorokan, batuk, berlendir, dan gangguan pernafasan. Apabila kita sering mengalami masalah-masalah tersebut, maka kita bisa menyembuhkannya hanya dengan rutin mengonsumsi madu setiap hari. Karena salah satu manfaat madu adalah bisa mengatasi masalah yang terjadi pada tenggorokan kita.

Walaupun rasanya manis, jangan kawatir jika masalah tenggorokan tersebut akan semakin parah. Namun sebaliknya, sedikit demi sedikit masalah tersebut akan menghilang jika kita mengonsumsi madu yang benar-benar murni  tanpa adanya campuran bahan-bahan kimia yang berbahaya.

3. Mencegah penyakit kanker

Manfaat madu yang selanjutnya adalah mencegah penyakit kanker. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang berbahaya bagi manusia. Banyak manusia meninggal setiap tahunnya akibat penyakit tersebut. Penyakit kanker juga banyak sekali macamnya, seperti kanker hati, kanker mata, kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim, dan masih banyak lagi jenisnya. Yang jelas, dari semua jenis kanker adalah penyakit yang sangat berbahaya.

Rekomendasi: 9 Manfaat Traveling bagi Kehidupan yang Harus Anda Tahu!

Akan tetapi, jenis-jenis kanker tersebut bisa kita cegah dengan mengonsumsi madu murni yang teratur. Maka hal ini adalah kabar gembira bagi orang-orang yang ingin menghindari penyakit mematikan tersebut. Oleh karena itu, konsumsi madu murni dengan rutin dan teratur. Lalu kita pun akan terbebas dari kanker, baik di masa sekarang, ataupun di masa tua kelak. Karena masa tua adalah masa-masa di mana penyakit berdatangan.

4. Meningkatkan daya ingat

Manfaat madu murni juga bisa meningkatkan daya ingat seseorang. Karena hal tersebut sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian. Di mana penelitiab tersebut menggunakan beberapa tikus, lalu ada tikus yang diberi madu dan ada yang tidak. Kemudian tikus tersebut dibiarkan agar melewati suatu labirin. Dan hasilnya, tikus-tikus yang diberi madulah yang kebanyakan bisa melewati labirin tersebut.

Hal ini pun berlaku bagi manusia juga. Jika sering mengonsumsi madu, maka ingatannya pun akan meningkat lagi. Karena mengingat adalah suatu pekerjaan yang sangat penting. Apalagi seseorang yang mudah lupa biasanya akan mudah terserang kepikunan kelak.

5. Mencegah penyakit diabetes

Walaupun madu mempunyai rasa manis, namun madu sangat aman untuk dikonsumsi setiap hari. Adapun jika kita mengonsumsi gula secara terus-menerus, maka seorang yang mengonsumsinya bisa terserang penyakit diabetes. Sedangkan madu aman untuk dikonsumsi, bahkan dengan rutin mengonsumsinya kita bisa mencegah penyakit berbahaya tersebut.

Rekomendasi: 9 Hal yang Terlihat Sepele, Tapi sangat Penting

Diabetes merupakan penyakit gula darah berlebih karena seeorang mengonsumsi banyak gula setiap harinya. Penyakit diabetes bisa dicegah, asalkan madu yang diminum adalah madu yang benar-benar murni. Madu yang langsung dipanen dari sarang lebah dan belum dicampurkan oleh apapun. Maka, cegahlah penyakit tersebut dengan rutin mengonsumsi madu murni.

6. Meningkatkan metabolisme tubuh

Tubuh yang kekurangan nutrisi akan mudah terserang bakteri dan kuman, karena antibodi akan melemah. Sehingga tubuh pun akan mudah terserang oleh penyakit, terutama penyakit yang tergolong ringan, seperti flu, demam, batuk, dan lain-lain. Namun, hal tersebut bisa ditangani jika kita rutin mengonsumsi madu murni. Madu murni bisa meningkatkan metabolisme tubuh kita, dan tubuh pun akan tahan dari bakteri dan kuman. Sehingga kita tidak akan mudah terserang penyakit-penyakit tersebut.

7. Mengatasi masalah alergi

Kemudian manfaat ketujuh madu adalah bisa mengatasi masalah alergi. Jangan sekali menganggap remeh alergi yang menyerang kita. Jika tidak diatasi dengan segera, maka penyakit tersebut bisa menyebar dan akan berdampak lebih besar. Misalnya seseorang yang terkena alergi gatal-gatal. Jika dia membiarkannya, maka gatal-gatal itu pun tidak akan berhenti dan dia akan terus menggaruk kulitnya. Sehingga kulitnya bisa menjadi lecet jika digaruk dengan parah, bahkan bisa mengalami infeksi kulit jika dibiarkan terus-menerus.

Oleh karena itu, mengonsumsi madu murni bisa mengatasi masalah tersebut. Sedikit demi sedikit masalah alergi itu bisa teratasi dengan tuntas. Asalkan madu yang dikonsumsi adalah madu murni, bukan madu yang sudah dicampur oleh bahan-bahan tertentu.

Belum ada Komentar untuk "7 Manfaat Madu Murni bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel