>

Jadikan 25 Sunah Rasulullah Ini Menjadi Wajib! Maka Hidupmu akan Berkah 2

25 Sunah Rasulullah 2

Vadcoy.com - Berikut ini adalah lanjutan dari "Jadikan 25 Sunah Rasulullah Ini Menjadi Wajib! Maka Hidupmu akan Berkah 1".

12. Membaca istighfar

Dalam membaca istighfar, jadikan hal ini menjadi kewajiban dalam hidupmu! Setiap hari jangan sampai kita melewatkan membaca istighfar. Istighfar dalam arti lain adalah memohon ampun kepada Allah atas segala dosa yang telah kita lakukan dalam hidup kita. Karena setiap hari kita tidak bisa lepas dari yang namanya salah dan dosa. Maka untuk mengurangi dosa-dosa kita, dengan membaca istighfar caranya.

Adapun yang dianjurkan Rasulullah SAW dalam membaca istighfar setiap harinya adalah minimal 100 kali. Akan tetapi, lebih dari jumlah tersebut adalah lebih baik lagi jika bisa. Oleh karena itu, jangan sampai kita tidak membacanya sama sekali dalam sehari, jika demikian maka hidup Anda tidak akan berkah dan bahagia.

13. Membaca solawat

Sama seperti membaca istighfar, membaca solawat juga patut kita wajibkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena dengan bersolawat, kelak di hari kiamat Rasulullah akan memberikan syafaatnya kepada kita InsyaALLAH. Belum tentu semua amalan yang kita lakukan di dunia akan diterima oleh Allah SWT. Jika amalan kita ditolak, pastinya tombangan dosa akan menjadi lebih banyak. Maka yang bisa menyelamatkan kita adalah syafaat Rasulullah SAW. Dengan cara membaca solawat kepada Rasulullah SAW setiap tanpa batasan jumlah, tapi minimal harus kita target 100 kali sehari. Bahkan sampai 1000 kali jika kita mampu.

14. Membaca 2 kalimat yang dicintai Allah

Membaca 2 kalimat yang dicintai Allah juga merupakan amalan yang berat timbangannya di yaumul hisab kelak. Apa saja 2 kalimat itu? Seperti yang disabdakan Rasulullah SAW 2 kalimat tersebut adalah Subhanallahi Wa Bihamdihi, Subhanallahil Adhimi. Selain dicintai oleh Allah, 2 kalimat tersebut merupakan 2 kalimat yang memberatkan timbangan pada amalan kita kelak. Juga 2 kalimat yang ringan di lisan jika diucapkan.

Oleh karena itu, jangan sampai kita lewatkan sunah ini dan jadikan kewajiban dalam hidup kita agar timbangan amalan kita bisa melebihi timbangan dosa kita. Sehingga kita bisa masuk ke surgaNya , yaitu Allah SWT.

Rekomendasi: Jadikan 25 Sunah Rasulullah Ini Menjadi Wajib! Maka Hidupmu akan Berkah 1

15. Membaca tahlil

Kemudian yang kelima belas adalah membaca tahlil. Istiqomahkan hal tersebut, minimal 100 kali dalam sehari. Jika hal tersebut bisa dilakukan secara istiqomah, InsyaALLAH hidup Anda akan menjadi bahagia dunia akhirat dan juga menjai berkah. Bacaan tahlil adalah Laa Ilaaha Illallah. Tentu sangat mudah sekali untuk dibaca. Jika sampai tidak dibaca dalam sehari, maka sungguh sangat keterlaluan sekali.

16. Mengucapkan salam

Mengucapkan salam hukumnya sunah, sedangkan menjawab salam hukumnya wajib. Namun di sini, usahakan biasakan dalam mengucapkan salam. Jika bisa, wajibkan pada diri Anda untuk mengucapkan salam tersebut. Bukan hanya mejawab salam saja yang harus diwajibkan. Dengan demikian, kita akan selalu mendapat doa dari orang lain, yang bisa menjadikan kehidupan kita lebih aman dan berkah.

Jika Anda terbiasa mengucapkan "hai", "halo", "selamat pagi", dll. Maka mulai sekarang gantilah dengan mengucapkan salam terlebih dahulu ketika menyapa seseorang. Jika sudah dibiasakan mulai sekarang, lama-kelamaan nanti pasti akan terbiasa.

17. Tidak tidur setelah solat subuh

Tidur setelah solat subuh merupakan suatu perbuatan yang makruh jika dilakukan. Sebaliknya, jika kita tidak tidur maka kesunahan yang akan didapatkan. Karena lawan dari hukum makruh itu sendiri adalah sunah. Selain bisa menyebabkan kefakiran, tidur setelah solat subuh juga bisa mendatangkan berbagai macam penyakit jika dilakukan setiap hari.

Oleh karena itu, lawanlah rasa kantuk setelah solat subuh agar tidak tidur lagi. Jika kita mau tidur lagi setelah solat subuh karena habis begadang malamnya, maka tunggulah sampai waktu dhuha. Tidur ketika sudah masuk waktu dhuha tidaklah makruh, dan itu bisa menjadi sunah jika diniatkan untuk menambah tenaga ketika waktu kerja nanti.

18. Tidak tidur setelah waktu asar

Tidur setelah waktu asar juga merupakan perbuatan yang makruh untuk dilakukan. Efeknya bisa menyebabkan pikiran kita linglung, alias bisa menyebabkan kita cepat pikun. Oleh karenya, tidur setelah waktu asar tidak boleh dilakukan walaupun keadaan kita sangat capek. Jika kita mau tidur, tidurlah setelah waktu solat isya. Tidur setelah waktu magrib juga merupakan hal makruh yang tidak boleh dilakukan. Anda bisa mengistirahatkan badan dengan tiduran, tapi jangan sampai Anda tertidur, apalagi tertidur lelap.

Rekomendasi: 2 Syahwat Manusia yang Sangat Berbahaya

19. Membaca Basmallah dan Hamdalah

Kemudian selanjutnya adalah membaca basmallah ketika hendak melakukan sesuatu. Apapun aktivitasnya, bacalah basmallah terlebih dahulu. Supaya aktivitas tersebut dipermudah oleh Allah, dan mendapatkan keberkahan juga. Jika lupa membacanya di awal, Anda bisa membacanya di tengah-tengah aktivitas tersebut. Cara membacanya pun berbeda, cara membaca basmallah di tengah seperti ini: Bismillahi Awwaluhu Wa Akhiruhu. 

Dengan membaca basmallah juga, kita akan terbebas dari gangguan setan dalam melakukan aktivitas. Misalnya bekerja, kita akan terhindar dari rasa malas, rasa kantuk, dan gangguan lainnya. Begitu juga dengan berkendara, dengan diawali membaca basmallah, perjalanan kita akan dipermudah oleh Allah SWT.

Jangan lupa juga ketika sudah menyelesaikan aktivitas tersebut kita mengucapkan hamdalah sebagai rasa syukur kita. Rasa syukur karena sudah diberi kemudahan dalam beraktivitas. Walaupun dalam beraktivitas tersebut banyak gangguan, tetap kita harus bersyukur kepada Allah. Bersyukur karena bisa menyelesaikan aktivitas tersebut.

20. Mendengarkan dan menjawab adzan

Mendengarkan adzan harus dilakukan setiap hari 5 kali. Ketika kita mendengarkan adzan, sebaiknya kita langsung diam dan fokus untuk mendengarkannya. Walaupun teman sedang mengajak ngobrol, jika bisa kita ajak juga teman kita itu untuk mendengarkan adzan juga. Dengan melakukannya setiap hari secara istiqomah, InsyaAllah hidup kita akan menjadi berkah.

21. Makan dan minum sambil duduk

Selain dianjurkan untuk makan dan minum dengan menggunakan tangan kanan, kita juga dianjurkan untuk melakukannya dengan cara duduk. Asalkan tidak sambil berdiri, walaupun harus dengan cara jongkok. Karena makan dengan cara berdiri menurut ilmu kesehatan juga kurang baik. Apabila sering dilakukan, kemungkinan kita akan terkena penyakit yang disebabkan olehnya. Maka, makanlah dengan cara tidak sambil berdiri sebisa mungkin!

22. Puasa hari Senin dan Kamis

Selanjutnya adalah puasa hari Senin dan Kamis. Menjadikan puasa hari Senin dan Kamis sebagai kewajiban merupakan hal yang sangat bagus untuk diri kita. Selain hidup kita akan mendapat keberkahan dan kebahagiaan, kita juga akan mendapatkan derajat yang besar di sisi Allah. Karena puasa sunah sangat berat sekali godaannya jika dibandingkan dengan puasa wajib di bulan Ramadhan.

Rekomendasi: Hukum-Hukum Syariat dalam Ajaran Agama Islam

Puasa hari Senin dan Kamis juga sangat baik untuk kesehatan usus dan kita. Di mana usus dan kita akan beristirahat dari proses pencernaan yang tiada hentinya jika kita tidak melakukan puasa sunah. Dengan puasa sunah, secara tidak sadar kita sudah mengistirahatkan keduanya.

23. Puasa tengah bulan (Ayyamul Bidh)

Puasa tengah bulan atau ayyamul bidh dilakukan pada pertengahan bulan tanggal 13,14, dan 15. Bulannya pun menggunakan bulan Islam, jadi menggunakan kalender Hijriah, bukan menggunakan kalender Masehi. Dengan melakukan puasa selama tiga hari tersebut, sama saja kita seperti puasa selama sebulan penuh. Dan jika dilakukan selama 12 bulan tanpa tertinggal, maka sama saja kita telah berpuasa selama setahun penuh. Maka jangan sia-siakan kesempatan ini!

24. Berwudu sepanjang waktu

Sunah yang berikutnya adalah berwudu sepanjang waktu. Ketika wudu kita batal, maka segera mungkin ambilah wudu kembali. Hal itulah yang dimaksud wudu sepanjang waktu. Jika ada air, segera mungkin kita wudu jangan ditunda-tunda. Dengan berwudu sepanjang waktu mempunyai manfaat yang besar untuk diri kita sendiri. Selain kulit yang bersih, nanti ketika di hari kiamat kulit kita akan bersinar akibat air wudu karena sering berwudu yang telah kita lakukan ketika di dunia.

25. Solat berjamaah

Lalu yang terakhir adalah solat berjamaah secara istiqomah setiap hari. Jangan sampai sekali-kali meninggalkan solat berjamaah tersebut. Karena pahalanya 27 kali lipat jika dibandingkan dengan solat sendirian. Tentunya dengan begini kita akan mempunyai pahala yang banyak untuk bekal di akhirat kelak di hari perhitungan.

Apabila kita tertinggal untuk melakukan solat berjamaah di masjid, maka lakukanlah walaupun harus di rumah. Yang penting kita melakukan solat berjamaah walaupun hanya berdua saja. Dan sangat rugi sekali seorang yang sudah berkeluarga jika meninggalkan solat berjamaah itu. Karena dia bisa berjamaah setiap hari dengan keluarganya jika memang dia tidak bisa pergi ke masjid. 

Wallahu A'lam Bishawab

Belum ada Komentar untuk "Jadikan 25 Sunah Rasulullah Ini Menjadi Wajib! Maka Hidupmu akan Berkah 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel