>

Jadikan 25 Sunah Rasulullah Ini Menjadi Wajib! Maka Hidupmu akan Berkah 1


Vadcoy.com - Menjalankan sunah Rasulullah memanglah tidak mudah bagi yang belum terbiasa melakukannya. Memang rasanya sangat berat dan malas sekali untuk melakukannya. Selain itu, banyak godaan dari luar juga yang menghalangi kita untuk melakukan sunah-sunah tersebut. Kita pun harus benar-benar bisa menahannya jika memang bersungguh-sungguh mau melakukannya.

Banyak sekali sunah-sunah Rasulullah SAW yang telah diperintahkan kepada umatnya. Sunah tersebut jika dilakukan mendapat pahala, dan jika tidak dilakukan tidak mendapat apa-apa. Namun, ada beberapa keutmaan-keutamaan jika kita melakukan sunah-sunah Rasulullah SAW. Baik itu di dunia, maupun di akhirat kelak. Apalagi jika sunah-sunah itu bisa dilakukan setiap hari dengan istiqomah dan tidak pernah meninggalkannya.

Ada 25 sunah Rasululllah yang mana jika kita wajibkan pada hidup kita, maka kehidupan kita akan bahagia di dunia dan di akhirat dan juga mendapat keberkahan InsyaALLAH. Maksudnya, jika kita meninggalkannya kita merasa berdosa karena sunah-sunah tersebut seperti kewajiban yang harus kita lakukan. Lalu, apa saja sunah-sunah tersebut? Berikut ini adalah 25 sunah Rasulullah yang jika diwajibkan akan membuat hidup Anda berkah.

1. Solat sunah tahajud

Pertama adalah solat sunah tahajud. Solat sunah tahajud harus dilakukan setelah tidur terlebih dahulu. Jika dilakukan tanpa tidur, maka bukan solat tahajud namanya, melainkan solat malam biasa. Hal ini karena jika kita sudah tidur, maka kita akan merasa berat untuk solat tahajud itu. Harus bangun malam-malam untuk solat hanya 2 rokaat tentu bukanlah hal yang mudah.

Oleh karena itu, orang-orang yang bisa melakukannya akan mendapatkan drajat yang tinggi di sisi Allah SWT. Solat sunah tahajud juga merupakan solat sunah pertama yang drajatnya lebih tinggi setelah solat wajib. Jika ditinggalkan sehari saja, maka kita tentu akan sangat rugi sekali jika tahu pahala yang didapatkan.

Rekomendasi: 5 Syarat Sah sebelum Melakukan Solat Wajib atau Sunah

2. Solat sunah dhuha

Menjadikan solat sunah dhuha sebagai kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan akan membuat hidupmu bahagia di dunia dan akhirat. Terutama dalam urusan materi dunia, dengan melakukan solat ini kita tidak akan kekurangan sama sekali InsyaALLAH. Dengan syarat, jangan tinggalkan sehari pun solat sunah dhuha ini! Walau sesibuk apapun kita, jangan pernah sekali-kali untuk meninggalkannya. Minimal solat sunah dhuha hanya 2 rokaat. Jika sudah biasa dilakukan, ke depannya tentu akan mudah.

3. Solat sunah witir

Solat sunah witir juga merupakan solat sunah yang bisa membuat hidup kita berkah di dunia dan akhirat. Solat witir adalah solat penutup yang dilakukan di waktu malam, minimal 1 rokaat dan maksimal 11 rokaat. Jadikan solat witir ini menjadi kewajiban, niscaya hidup Anda akan bahagia InsyaALLAH. Walapun hanya 1 rokaat, jangan sekali-kali meninggalkan solat sunah witir ini.

4. Solat sunah istikhoroh

Lalu yang keempat adalah solat sunah istikhoroh. Solat sunah ini bukan hanya dilakukan ketika kita akan memilih beberapa pilihan saja. Tapi solat sunah ini juga mempunyai manfaat yang lainnya. Dengan solat sunah istikhoroh, kita meminta agar Allah SWT selalu membimbing kita kepada jalan yang benar setiap harinya. Bukan hanya untuk memilih antara 2 pilihan saja, tapi untuk memohon untuk ditunjukkan pilihan yang benar ketika menjalani kehidupan sehari-hari yang kita lakukan.

5. Solat sunah hajat

Dengan melakukan solat sunah hajat setiap hari, maka doa-doa kita yang kita minta kepada Allah akan cepat terkabulnya InsyaALLAH. Karena melakukan solat sunah hajat menandakan bahwa kita benar-benar butuh kepada Allah SWT. Berbeda dengan doa biasa yang tidak diikuti dengan solat sunah hajat, kesungguhan dalam memintanya pun berbeda. Oleh karena itu, lakukan solat sunah ini setiap hari, InsyaALLAH apa yang Anda minta akan dikabulkan dengan segera.

Rekomendasi: Hakikat Aurat Seorang Manusia dalam Agama Islam

6. Solat sunah rawatib (Qobliyah - Ba'diyah)

Selanjutnya adalah solat sunah rawatib. Solat sunah ini dilakukan sebelum atau sesudah solat wajib. Adapun yang dikerjakan sebelum solat wajib, seperti qobliyah subuh, duhur, asar, magrib, dan isya. Lalu ada juga yang dikerjakan sesudah solat wajib, seperti ba'diyah duhur, magrib dan isya. Jika kita bisa melakukannya setiap hari tanpa ada yang terlewat, InsyaALLAH hidup kita akan berkah dan juga bahagia dunia akhirat. Dan yang paling penting adalah dimasukkan Allah SWT ke surgaNya kelak.

7. Membaca al-quran

Membaca al-quran setiap hari minimal satu ayat, asalkan istiqomah tidak terlewat sehari pun. Hal itu lebih baik daripada membaca banyak ayat, namun tidak setiap hari atau jarang-jarang membacanya. Maka jika kita sudah terbiasa membaca al-quran setiap hari secara istiqomah, InsyaALLAH hidup kita akan bahagia ke depannya. Oleh karena itu, jangan pernah meninggalkan membaca al-quran walaupun sedang sesibuk apapun diri Anda!

8. Makan dengan tangan kanan

Makan dengan menggunakan tangan kanan adalah merupakan salah satu sunah Rasulullah yang harus kita lakukan setiap hendak makan. Tanpa adanya toleransi, sebisa mungkin kita harus makan dengan tangan kanan. Jika kita lupa, maka sebaiknya kita muntahkan makanan yang sedang berada pada mulut kita, lalu kita berganti menggunakan tangan kanan. Karena jika kita makan dengan tangan kiri, hal itu termasuk perbuatan setan yang mana setan akan masuk ke diri kita.

Makanan yang dimakan dengan tangan kiri, biasanya menjadikan kita menjadi malas, terutama dalam beribadah. Karena dalam makanan tersebut ada setan yang masuk pada diri kita. Oleh karena itu, biasakan makan dengan tangan kanan, InsyaALLAH makanan yang kita makan akan menjadi energi positif untuk diri kita.

Rekomendasi: Hukum-Hukum Syariat dalam Ajaran Agama Islam

9. Membaca Surat Yasin

Membaca surat yasin setiap malam. Mulai dari waktu magrib, sampai sebelum waktu subuh. Maka biasakan diri kita agar membacanya setiap malam. Jika tidak bisa setiap malam, maka seminggu sekali. Jika masih tidak bisa juga, maka bacalah 2 minggu sekali. Dan jika masih tidak bisa juga, maka bacalah sebulan sekali. Dan sebulan sekali adalah batas minimal untuk baca yasin yang baik. Jika lebih dari sebulan sekali, walaupun boleh namun kurang bagus untuk dilakukan.

10. Membaca Surat Al-Waqi'ah

Selanjutnya adalah membaca surat waqi'ah. Walaupun hadisnya dhoif, tapi jika untuk fadhoilul a'mal tidaklah mengapa. Dan sudah banyak yang mengamalkan membaca surat ini setiap harinya. Lalu sedikit demi sedikit kehidupan duniawinya mulai berubah. Bahkan ada juga yang sampai kaya raya. Selain mendapatkan duniawi, kita juga akan mendapat ukhrawinya juga. Karena membaca surat al-waqi'ah sama saja kita membaca al-qur'an itu sendiri. Dan jangan lupa juga untuk membaca surat yang lainnya.

11. Bersiwak

Ternyata bersiwak mempunyai keutamaan yang sangat besar bagi orang yang melakukannya. Seperti hadis Rasulullah SAW, "Jika tidak memberatkan umatku, maka aku perintahkan bersiwak sebelum berwudhu". (H.R. Bukhari dan Muslim). Dari hadis tersebut bisa kita pahami, derajat bersiwak hampir menjadi wajib jika tidak memeberatkan umat Rasulullah SAW.

Oleh karena itu, bersiwaklah agar kita mendapat pahala untuk bekal di akhirat kelak. Selain itu juga dengan bersiwak bisa menjadikan mulut kita lebih wangi lagi. Bersiwak sunah ketika sebelum solat, sebelum berwudu, sebelu membaca al-quran, setelah bangun tidur, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Wallahu A'lam Bishawab

(Bersambung)

Belum ada Komentar untuk "Jadikan 25 Sunah Rasulullah Ini Menjadi Wajib! Maka Hidupmu akan Berkah 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel