>

21 Karakteristik Sekolah yang Maju dan Efektif (Episode 2)

Karakteristik Sekolah Maju

Vadcoy.com - Berikut ini adalah lanjutan dari "21 Karakteristik Sekolah yang Maju dan Efektif (Episode 1)".

6. Teamwork Sekolah yang selalu Kompak

Sekolah yang memiliki tim kompak, sudah tentu akan terus maju dan berkembang. Adapun yang termasuk tim di sini adalah kepala sekolah, guru, tata usaha, siswa, petugas kebersihan, dan semua orang yang tinggal di lingkungan sekolah tersebut. Saling membantu antara satu dan lainnya merupakan teamwork yang kompak.

Bukan hanya membantu di dalam anggotanya saja, tetapi harus bisa membantu antara anggota lainnya. Misalnya guru membantu kepala sekolah dengan membuat dokumen yang lengkap untuk arsip-arsip ke depanya. Lalu siswa membantu petugas kebersihan dengan tidak mengotor dan membuang sampah di dalam kelas. Jika hal demikian bisa terus-menerus dilakukan dan berlajut sampai kepemimpinan berikutnya, maka tidak mustahil sekolah akan terus maju dan lebih maju lagi.

7. Proses Belajar Mengajar dengan Efektifitas Tinggi

Selanjutnya adalah proses belajar mengajar dengan efektifitas tinggi. Dalam hal ini, yang paling berperan penting adalah para guru di sekolah tersebut. Mereka harus bisa membuat suasana belajar mengajar menarik mungkin dan tidak membosankan. Para guru juga harus menguasai beberapa ilmu tentang metode, model, strategi, pendekatan, dan teknik pembelajaran. Sehingga proses belajar mengajar pun akan memiliki efektifitas yang tinggi.

Begitu juga dengan para siswanya, dalam proses belajar mengajar haruslah aktif. Jangan sampai hanya guru saja yang aktif di dalam kelas ketika proses belajar mengajar. Oleh karena itu, gunakanlah metode dan model pembelajaran yang bisa membuat para siswa lebih aktif di dalam kelas. Karena yang mempunyai kendali di kelas adalah para guru. Maka mereka sudah seharusnya cerdas dan peka dengan kondisi para siswanya.

Rekomendasi: 21 Karakteristik Sekolah yang Maju dan Efektif (Episode 1)

Dengan demikian, proses belajar mengajar pun akan seimbang antara guru dan siswanya. Jadi tidak hanya guru saja yang selalu aktif ketika proses belajar mengajar. Menjadikan siswa lebih aktif di kelas memiliki dampak yang positif untuk ke depannya. Seperti kepercayaan diri mereka yang semakin tinggi, siap terjun di lingkungan masyarakat, dan akan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap orang lain.

8. Sekolah yang Mandiri

Sekolah yang mandiri dan tidak selalu bergantung pada atasannya, dalam jangka waktu yang tak lama sekolah ini akan semakin maju. Untuk bisa menciptakan sekolah yang demikian, tentunya sekolah harus memiliki manajemen yang baik. Kepala sekolah sangatlah berperan penting dalam hal ini. Dia harus bisa menjadikan sekolahnya agar tidak bergantung kepada orang lain.

Jangan sampai gara-gara haus akan dana yang nantinya tidak digunakan apapun, dia sampai kebergantungan kepada lembaga lain dengan mengatasnamakan sekolahnya. Padahal nantinya dan tersebut hanya akan digunakan oleh dirinya secara pribadi. Jangan sekali-kali pemimpin sekolah melakukan hal tersebut. Jika memang ingin meminta dana kepada atasan, maka ajukanlah dengan jujur dan tanpa kebohongan. Dan juga jangan ketergantungan meminta terus-menerus. Jika demikian, maka atasan akan menilai bahwa sekolah tersebut tidak bisa mandiri dan memiliki manajemen yang buruk.

9. Warga Sekolah dan Masyarakat Memiliki Partisipasi yang Tinggi

Karakteristik sekolah yang maju selanjutnya adalah partisipasi yang tinggi dari masyarakat dan warga sekolah. Masyarakat akan berpartisipasi jika sekolah tersebut sudah mendapat kepercayaan dari mereka. Untuk mendapat kepercayaan dari masyarakat, tentunya sekolah harus aktif dalam bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya. Mulai dari para guru dan siswanya harus diajarkan agar bisa bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.

Rekomendasi: 5 Paradigma dalam Pendidikan Menurut UNESCO

Dengan demikian, masyarakat akan lebih dekat dan mengenal sekolah tersebut. Dalam waktu dekat pun masyarakat bisa membantu dan ikut berpartisipasi dengan kegiatan sekolah. Misalnya jika sekolah mengadakan festival, masyarakat bisa ikut membantunya. Atau ketika waktu malam, masyarakat juga bisa ikut menjaga keamanan sekolah tersebut. Beginilah sekolah yang akan semakin maju dan efektif ke depannya kelak.

10. Sekolah Memiliki Akuntabilitas

Selanjutnya adalah sekolah yang memiliki akuntabilitas. Maksudnya adalah sekolah memiliki pertanggungjawaban terhadap program-program yang telah dilaksanakan. Begitu juga dengan bentuk laporan prestasi sekolah yang nantinya akan dilaporkan kepada pemerintah, wali murid, dan masyarakat. Dengan adanya laporan tersebut, pemerintah akan menilai apakah sekolah tersebut sudah bagus dan baik atau belum.

Apabila pemerintah sudah menilai sekolah tersebut baik, maka pemerintah akan memberikan beberapa penghargaan untuk sekolah itu. Dengan penghargaan-penghargaan itulah yang nantinya bisa menjadikan sekolah menjadi dikenal oleh masyarakat luas. Dan jika sudah dikenal oleh masyarakat luas, bisa dipastikan sekolah itu akan semakin maju dan lebih efektif lagi.

(Bersambung)

Belum ada Komentar untuk "21 Karakteristik Sekolah yang Maju dan Efektif (Episode 2)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel