>

11 Fakta Menarik Perpustakaan yang Harus Anda Ketahui

10 Fakta Menarik Perpustakaan

Vadcoy.com - Perpustakaan adalah sebuah tempat untuk membaca, mencari referensi, tempat penyimpanan buku, dan tempat yang menjadi sumbernya ilmu pada sebuah lembaga tertentu. Misalnya di kampus atau perguruan tinggi, yang jelas tempat-tempat tersebut pasti memiliki perpustakaan. Kampus yang tidak memiliki perpustakaan, sudah dipastikan tidak layak untuk dijadikan tempat belajar bagi mahawiswa. Oleh karenanya, sebuah kampus wajib memiliki perpustakaan, walaupun hanya satu ruangan.

Lalu bagaimana jika perpustakaan tersebut sepi pengunjung atau pembaca? Jawabannya hanya ada 2, pertama mungkin ada yang salah dengan perpustakaan tersebut. Apakah itu manajemennya, tata letak ruangan yang kurang menarik, buku yang acak-acakan sehingga sulit untuk dicari, pelayanan yang kurang memuaskan, dan lain-lain.

Kemudian yang kedua, mungkin ada yang salah dengan para pengunjung atau pembacanya. Apakah mereka memang rata-rata pelajar yang malas membaca, maka perpustakaan bisa menjadi sepi. Jika penyebabnya karena kurangnya minat baca para pelajar tersebut, solusinya pun harus dibantu oleh para guru yang ada di kelas masing-masing. Guru bisa menyuruh mereka untuk berkunjung ke perpustakaan. Lalu memberikan tugas untuk membaca sebuah buku dan ditulis hasil dari bacaanya tersebut.

Ada juga beberapa perpustakaan yang membuat para pelajar menjadi benci untuk mengunjunginya. Perpustakaan itu membuat mereka benci dengan yang namanya buku. Sehingga malas untuk membaca buku, bahkan untuk melihat bukunya saja sudah membuat mereka merasa jijik. Biasanya perpustakaan yang seperti ini adalah yang memaksakan para pelajar untuk membaca buku setiap hari. Lalu bukunya pun bukan sesuai dengan minat mereka, alias bukunya ditentukan dari pihak perpustakaan. Hal yang seperti inilah yang membuat para pelajar bukannya suka dengan buku, malah membencinya.

Di sini Admin akan membahas 11 fakta menarik perpustakaan. Sehingga perpustakaan akan semakin menarik untuk dikunjungi dan membuat para pengunjung betah berlama-lama untuk duduk dan diam di tempat tersebut. Perpustakaan pun akan menjadi ramai dan koleksi bukunya juga bisa bermanfaat untuk yang membacanya.

1. Menata ruangan agar indah dipandang

Perpustakaan yang menarik tentu memiliki tata ruangan yang indah untuk dipandang oleh para pengunjung. Tata ruangan yang indah juga tidak membuat para pengunjung bingung ketika mencari koleksi buku yang mereka cari. Jangan sampai ruangan tersebut membuat mereka pusing karena berputar-putar yang disebabkan tata ruangan yang tidak jelas. Ruangan yang indah saja tidak cukup, maka buatlah tata letak ruangan yang mempermudah para pengunjung untuk mencari buku-buku yang mereka inginkan.
Jangan lupa membuat petunjuk arah yang jelas! Seperti arah ke toilet, arah ke ruang diskusi, arah ke meja baca, arah ke pusat pelayanan, arah ke tempat peminjaman, dan arah-arah yang sangat penting lainnya. Dengan hal seperti itu bisa membuat para pengunjung semakin dipermudah lagi ketika berada di dalam perpustakaan. Sehingga dia menjadi lebih betah berlama-lama untuk tinggal di dalamnya.

2. Membuat dekorasi di rak buku dan dinding seindah mungkin

Membuat berbagai macam dekorasi di dalam perpustakaan merupakan salah satu daya tarik yang cukup bagus untuk para pengunjung. Pasalnya ada saja di antara para pengunjung tersebut yang menyukai seni. Mereka pun sudah dimanjakan dengan dekorasi yang ada pada rak buku dan dinding yang ada di perpustakaan.

Kemudian dari pengunjung yang satu ke yang lainnya akan menyebar dari mulut ke mulut. Yang akhirnya membuat perpustakaan semakin banyak pengunjung karena dekorasi yang menjadi daya tariknya. Sehingga lambat laun menjadi perpustakaan yang terkenal akan dekorasi indahnya.

3. Memberikan reward kepada pengunjung dan pembaca yang paling rajin

Walaupun terlihat sepele, memberikan reward kepada pengunjung dan pembaca yang rajin merupakan bentuk perhatian perpustakaan kepada pengunjungnya. Tentu para pengunjung pun merasa diperhatikan dan dihargai oleh pihak perpustakaan. Mereka juga akan merasa senang dengan adanya reward seperti itu.

Efek lainnya dari pemberian reward ini, para pengunjung akan berlomba-lomba untuk mengunjungi perpustakaan sesering mungkin. Dengan persaingan ini pula yang menjadikan perpustakaan semakin ramai. Yang awalnya ada pengunjung yang tidak suka membaca, lambat laun dia pun akan semakin suka dengan membaca.

4. Menyediakan ruangan untuk berdiskusi dan rapat

Perpustakaan yang menyediakan ruangan khusus untuk berdiskusi biasanya akan selalu ramai pengunjung. Walaupun tujuannya hanya untuk berdiskusi atau rapat. Bisa jadi di tengah- tengah diskusi tersebut mereka membutuhkan beberapa referensi. Dan mau tidak mau mereka akan meminjam beberapa buku perpustakaan yang dijadikan referensi tersebut. Jika diskusi berlangsung setiap hari, sudah dipastikan akan banyak buku yang dipinjam pula karena diskusi tersebut.

5. Menyediakan ruangan untuk menonton film dan mendengarkan musik

Kemudian menyediakan ruangan untuk hiburan. Apakah itu untuk menonton film, mendengarkan musik, bermain teater, dan lain-lain. Perpustakaan yang demikian tentu mempunyai nilai plus tersendiri. Sehingga pengunjung yang berjiwa seni akan semakin rajin untuk mengunjungi perpustakaan tersebut. Walaupun ruangan tersebut disewakan, pasti mereka berani untuk membayarnya.

Seperti inilah salah satu cara untuk menghibur para pengunjung yang ketika jenuh membaca buku berlama-lama. Mereka bisa langsung pergi menuju ruangan ini untuk merefresh dirinya yang jenuh itu. Setelah kejenuhan tersebut hilang, mereka bisa melanjutkan membaca lagi menuju ruangan utama perpustakaan.

6. Koleksi buku lengkap dan tersedia ketika dicari pembaca

Pengunjung biasanya akan merasa terpuaskan jika mencari buku yang dia cari selalu tersedia di perpustakaan. Adapun untuk membuat pengunjung terpuaskan seperti itu, maka koleksi bukunya pun harus lengkap. Koleksi buku yang lengkap sudah pasti akan tersedia berbagai macam judul buku. Dan ketika banyak pengunjung yang mencarinya, tentu akan selalu ada dan tersedia.

Untuk menyediakan koleksi buku yang lengkap, tentu membutuhkan ruangan yang besar dan rak yang banyak. Karena di dalamnya akan terpasang banyak buku dengan berbagai judul yang lengkap. Pengunjung yang terpuaskan pun akan berkunjung lagi dan lagi tanpa bosan.

7. Menyediakan tempat istirahat

Perpustakaan yang menyediakan tempat untuk beristirahat pun memiliki nilai plus di mata para pengunjung. Pengunjung akan senantiasa mengingatnya, ketika mereka merasa letih dan lelah mereka bisa beristirahat di tempat tersebut tanpa adanya gangguan. Istirahat juga merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan. Dan suatu hal yang tidak mungkin jika hal tersebut bisa dilakukan di dalam perpustakaan.

8. Menyediakan makanan dan minuman gratis

Mungkin terlihat elit dan bisa membuat banyak pengeluaran biaya operasional perpustakaan. Namun, hal yang seperti ini bisa dilakukan jika perpustakaan sudah memiliki biaya operasional lebih. Jika masih pas-pasan atau masih kurang, maka sebaiknya jangan dulu dilakukan untuk hal ini. Tapi bisa juga dengan menyediakan makanan dan minuman yang murah atau tidak terlalu mahal. Hanya sekadar minuman air mineral dan makanan ringan seadanya juga sudah menjadi daya tarik luar biasa untuk sebuah perpustakaan.

Rekomendasi: 5 Paradigma dalam Pendidikan Menurut UNESCO

9. Internet selalu lancar

Di zaman yang suah canggih ini, perpustakaan tentunya harus menyediakan internet juga. Siapa tau ketika pengunjung mencari informasi yang dia cari, lalu tidak menemukannya, dia pun mencarinya dengan internet. Tempat-tempat yang menyediakan internet sudah dipastikan akan ramai oleh pengunjung walaupun itu bukan perpustakaan.

Apalai internet dengan kecepatan super lancar dan tidak pernah ada yang namanya gangguan diskonek. Hal ini pun bisa membuat pengunjung puas karena merupakan salah satu pelayanan yang sangat istimewa. Mereka pun akan sering-sering mengunjunginya pada ke esokan dan ke esokan harinya.

10. Pelayanan yang baik dan ramah dari petugas perpustakaan

Pelayanan merupakan hal terpenting dalam sebuah lembaga atau perusahaan. Lembaga yang memiliki pelayanan baik dan cepat dalam merespon akan terus maju dan berkembang. Begitu juga dengan perpustakaan yang memiliki pelayanan yang baik akan selalu ramai oleh pengunjung. Mereka akan merasa puas dengan pelayanan yang perpustakaan miliki, sehingga membuatnya menjadi betah untuk terus berkunjung.

Mulai dari proses peminjaman, pelayanan informasi, penitipan barang, pusat bantuan, dan lain-lain. Jika semua pelayanan yang ada di dalam perpustakaan baik dan ramah. Tak lama kemudian perpustakaan tersebut akan menjadi terkenal dan semakin besar.

11. Mengadakan lomba menulis

Perpustakaan yang setiap bulannya mengadakan lomba menulis, tentu menjadi daya tarik juga bagi pengunjung yang memiliki bakat menulis. Hal yang demikian bisa menjadikan pengunjung semakin menyukai dengan menulis. Karena beberapa orang memang memiliki bakat dalam menulis, namun terkadang mereka kurang semangat tanpa adanya suport. Lomba-lomba menulis yang diadakan pihak perpustakaan bisa menjadi salah satu suport untuk mereka agar bakat menulis mereka semakin meningkat.

Lomba menulis ini bisa diadakan sebulan sekali, ataupun dua bulan sekali, atau bagaimana pihak perpustakaan saja. Di samping membuat bakat para pelajar berkembang dalam menulis, lomba itu juga bisa membuat lembaga tersebut semakin dikenal oleh masyarakat. Tentu bisa memajukan lembaga tersebut semakin lebih baik lagi. Dan juga bisa bersaing dengan lembaga lain yang lebih besar darinya.

Belum ada Komentar untuk "11 Fakta Menarik Perpustakaan yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel