Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal Lebih Dalam Kampus Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon (IAI BBC)

Mengenal Kampus Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon (IAI BBC)

Vadcoy.com - Kampus Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon atau sering biasa disingkat menjadi IAI BBC adalah salah satu perguruan tinggi Islam di wilayah III Cirebon. Kampus swasta ini ternyata memiliki sejarah yang panjang, mulai berdiri pertama kali dengan nama STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam). Lalu waktu demi waktu pun berlalu, yang akhirnya sekarang menjadi IAI (Institut Agama Islam).

Sejarah Singkat Kampus IAI BBC

Kampus IAI BBC didirikan pada tahun 1995, yang mana kampus ini berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Bunga Bangsa Cirebon. Pada pertama kali berdiri, kampus ini sudah menyelenggarakan Program Diploma 1 dan Diploma 2 bidang Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak Islam (PGTKI). Lalu ada juga Pendidikan Guru Sekolah Dasar Islam (PGSDI), Pendidikan Guru Bahasa Inggris (PGBI), dan Program S1 bidang Pendidikan Agama Islam (PAI).

Pertama kali kampus ini berdiri, statusnya masih Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI). Kemudian pada tahun 2003, Yayasan Pendidikan Bunga Bangsa Cirebon mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi. Kampus ini juga sudah mendapatkan izin dari pemerintah. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Islam Nomor Dj.II/43/03 Tahun 2003 tanggal 4 April, tentang Pemberian Izin Penyelenggaraan Pendidikan Program S1 Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah.

Pada awal berdirinya, kampus IAI BBC bertempat di jalan Simaja I No. 56 Kota Cirebon. Kemudian pada tahun 2004 kampus ini membangun gedungnya sendiri yang terletak di Jalan Widarasari III Tuparev Cirebon. Kampus ini mempunyai moto, yaitu "Good Character and Visionary". Dengan moto ini, kampus IAI BBC selalu berupaya memberikan layanan yang terbaik dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan tinggi bagi masyarakat Cirebon khususnya, dan masyarakat luar Cirebon umumnya.

Pada tahun 2012 kampus BBC membuka program studi baru, yaitu Prodi (Program Studi) Ekonomi Syariah. Kemudian tahun berikutnya 2013, kampus ini membuka Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA).

Kampus IAI BBC mendapat perpanjangan izin operasional program studi PAI pada tahun 2013. Hal tersebut berdasarkan pada SK Dirjen Kelembagaan Agama Islam Nomor 31 pada tanggal 13 Februari 2013. Pada tahun itu pula Kampus IAI BBC mengakreditasikan Program Studi PAI dengan akreditasi 'B' oleh BAN-PT, pada surat tertanggal 26 September 2013.

Rekomendasi: 11 Fakta Menarik Perpustakaan yang Harus Anda Ketahui

Perubahan dari STAI Menjadi IAI


Dalam perkembangannya, pada tahun 2015 dari STAI kemudian berubah menjadi IAI karena dipercaya oleh Kementrian Agama. Perubahan ini secara legal ditandai dengan lahirnya SK  Kementrian Agama nomor 3456 Tahun 2015, pada tanggal 17 Juni.

Pada tahun 2015 juga Kampus IAI BBC membuka Prodi baru, yaitu Strata 1 (S1) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) pada Fakultas Tarbiyah. Dan juga membuka Prodi S1 Perbankan Syariah (PS) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Kemudian pada tahun 2016 kampus ini membuka Prodi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam.

Perubahan bukan hanya dari nama STAI menjadi IAI saja, Kampus IAI BBC menyelenggarakan program pendidikan S2 Prodi MPI pada tahun 2016. Hal ini juga merupakan langkah besar bagi Kampus IAI BBC untuk lebih berkembang lagi. Lalu menjadikan kampus ini menjadi lebih baik lagi dari sebelum-sebelumnya, baik dari segi pembangunan, manajemen, kurikulum, dan yang lainnya.

Masuk ke tahun 2017, Kampus IAI BBC mendapat kepercayaan kembali dari Kementrian Agama. Pada tahun itu dibukanya Prodi baru, yaitu Prodi Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Tarbiyah. Tentunya ini merupakan kemajuan yang sangat cepat dan masih terus berlanjut dalam perkembangannya.

Kemudian pada tahun 2019, Prodi Pendidikan Agama Islam mendapatkan akreditasi 'A'. Ini adalah pencapaian terbesar bagi kampus IAI BBC dan siap bersaing dengan kampus swasta lainnya. Lalu Prodi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah juga sudah terakreditasi 'B'. Begitu juga dengan Prodi S2 MPI yang sudah mendapat akreditasi 'B'. Kemudian kampus IAI BBC membuka kembali Prodi S1, yaitu Prodi Hukum Syariah pada Fakultas Syariah pada tahun ajaran 2019/2020 dan pada tahun berikutnya.

Jadi, kampus IAI BBC sudah memiliki 4 Fakultas. Di antaranya adalah Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, dan Fakultas Syariah. Kampus ini pun berencana ingin menjadi Universitas ke depannya, atau yang biasa kita kenal dengan sebutan UI (Universitas Islam).

Penghargaan ADIKTIS dari Kemenag

Pada tanggal 30 Desember 2020 lalu, kampus ini mendapatkan penghargaan ADIKTIS atau Apresiasi Pendidikan Tinggi Agama Islam. Penghargaan ini diumumkan langsung oleh Menteri Agama Gus Yakut. Semuanya ada 15 penghargaan, dan IAI BBC mendapatkan salah satu penghargaan dalam kategori PTKIS dengan inovasi layanan rintisan smart/digital kampus.

Penghargaan ini pula kebanyakan yang mendapatkannya adalah kampus-kampus negeri yang sudah mempunyai nama universitas. Dan satu-satunya kampus swasta yang mendapatkan penghargaan hanya IAI BBC. Tentunya ini merupakan suatu gebrakan tersendiri bagi kampus-kampus swasta di Indonesia, bahwa kampus swasta bisa bersaing dengan kampus negeri.

e-campus iai bbc

Memang dalam pembelajarannya kampus ini sudah serba digital. IAI BBC terus mengembangkan pembelajaran berbasis digital dengan menggunakan e-campus. Mulai dari absensi mahasiswa, pengumpulan tugas kuliah, Ujian Tengah Semester, bahkan sampai Ujian Akhir Semester kampus ini selalu memanfaatkan e-campus.

Bahkan bukan untuk proses pembelajaran saja, proses pendaftaran, pengumuman, pendataan, pengeprint-an surat-surat, dan nila-nilai mahasiswa semuanya menggunakan e-campus. Di sinilah nilai plus kampus ini yang bisa mendapatkan penghargaan ADIKTIS dari Kemenag. Semuanya tentu atas hasil kerjasama dari Rektor, Wakil Rektor, para Dosen, para Staff, dan Mahasiswa IAI BBC semua.

Visi dan Misi Kampus IAI BBC

Visi

Menjadi Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta terbaik di Jawa Barat yang memiliki keunggulan Islami, Profesional, dan Mandiri dalam bidang ilmu-ilmu keislaman pada tahun 2023.

Misi

  1. Meningkatkan mutu pendidikan dengan mengantisipasi pesatnya kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga lulusan yang dihasilkan dapat memenuhi kebutuhan tuntutan dunia kerja.
  2. Melaksanakan program yang mengantisipasi kemajuan dan perkembangan IPTEK yang cepat dengan meletakkannya pada konsepsi belajar sepanjang hayat dan konsepsi pembelajaran yang berorientasi kepada pemecahan masalah yang nyata. Serta membuka peluang penciptaan solusi jangka panjang yang mencakup prinsip, keterkaitan, dan pembudayaan.
  3. Melaksanakan kegiatan yang berarti bagi pembinaan mahasiswa melalui upaya pembinaan secara terpadu antara kegiatan kurikuler dengan ekstrakurikuler.
  4. Meningkatkan kegiatan penelitian agar menjai landasan serta penggerak pelaksanaan program pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Lebih Dalam Kampus Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon (IAI BBC)"