>

9 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

9 Manfaat Bawang Putih

VADCOY - Siapa yang gak tau bawang putih? Sayuran putih yang satu ini sudah sangat terkenal di negara Indonesia. Tentunya kebanyakan masyarakat Indonesia sudah pasti mengetahui sayuran yang berwarna putih ini. Sayuran jenis ini termasuk jenis rempah-rempah yang biasanya dijadikan bumbu masakan dapur oleh para koki. Tak heran jika koki-koki profesional bisa menyajikan masakan-masakan yang sangat lezat jika menggunakan bumbu dapur yang satu ini.

Bawang putih sangat enak jika disantap dengan menggunakan makanan lainnya. Berbeda jika dimakan langsung, maka rasanya akan terasa pedas dan bisa membuat mulut bau. Walaupun bumbu dapur ini membuat mulut bau, tapi bumbu ini mempunyai begbagai macam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Adapun jika ingin mendapatkan manfaat secara utuh dari bawang putih, maka sebaiknya dimakan dalam keadaan mentah. Karena jika dimakan dalam keadaan yang sudah dimasak atau diolah oleh campur tangan manusia, maka kandungan gizinya pun akan berkurang. Memang demikian, menyantap bawang putih dalam keadaan mentah biasanya akan terasa bau dan pedas. Tapi, di sinilah kita akan mendapatkan manfaat yang berguna untuk kesehatan kita. Berikut ini adalah 9 manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh kita.

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat dari bawang putih yang pertama adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Seseorang yang terkena tekanan darah tinggi tentu haruslah waspada! Penyakit yang satu ini bisa membuat mati mendadak jika seseorang yang mengalaminya kehilangan kontrol atas dirinya. Misalnya seseorang yang sering marah-marah, maka tekanan darahnya pun akan tinggi. Dan jika terus berlanjut, dia bisa saja terkena serangan jantung yang bisa membuat mati mendadak.

Sudah banyak kasus di atas, seseorang yang mati mendadak akibat terkena serangan jantung. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi bawang putih 1-2 siung setiap harinya, InsyaALLAH tekanan darah tinggi yang kita alami sedikit demi sedikit akan menurun dan menjadi kembali normal.

2. Mencegah berbagai Macam Kanker

Manfaat selanjutnya adalah mencegah berbagai macam kanker. Pada bawang putih terdapat senyawa sulfur bioaktif yang bisa mencegah terbentuknya kanker. Adapun macam-macam kankernya antara lain: Kanker payudara, kanker usus besar maupun kecil, kanker pankreas, kanker prostat, dan yang lainnya. Konsumsi bawang putih setiap hari minimal 1 siung dimakan mentah-mentah, insyaALLAH manfaat ini akan didapatkan.

3. Membasmi Kolesterol Jahat

Manfaat yang ketiga, dengan mengonsumsi bawang putih setiap hari juga bisa membasmi kolesterol jahat yang ada pada tubuh. Pada bawang putih juga terdapat senyawa allicin, yang mana senyawa ini bisa menghambat pembentukan kolesterol jahat. Meskipun mengonsumsi bawang putih bisa menurunkan kolesterol, dalam hal ini hanya kolesterol jahat saja, adapun kolesterol yang baik tidak akan berdampak padanya.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bawang putih bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini pun masih berkaitan dengan kesehatan jantung. Apabila tekanan darah normal dan stabil, maka risiko terjadinya serangan jantung pun akan berkurang. Karena penyebab serangan jantung salah satunya adalah tekanan darah yang tinggi.

Dengan mengonsumsi bawang putih setiap hari, jantung pun akan tetap sehat dan terjaga. Jika demikian, maka kemungkinan terjadinya mati mendadak pun akan nihil karena jantung kita tetap sehat. Oleh karena itu, jagalah jantung kita! Karena jantung adalah salah satu organ yang paling penting dalam kehidupan kita. Apabila jantung berhenti berdetak walaupun hanya sebentar saja, maka tanda kehidupan seseorang pun sudah berakhir.

5. Menjaga Metabolisme Tubuh

Manfaat yang kelima adalah menjaga metabolisme tubuh agar tetap stabil. Bahkan, bukan hanya menjaganya saja, bawang putih juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga tubuh kita akan tetap fit dan bisa melakukan aktifitas dengan jangka waktu yang lama tanpa adanya rasa lelah. Alangkah baiknya untuk seseorang yang mudah lelah, ketika sarapan pagi bagusnya dia menjadikan bawang putih ini sebagai lauk-pauknya. Bisa dengan cara dimakan langsung, ditumbuk, atau dicampur dengan makanan lainnya.

6. Membuat Stamina Tubuh Meningkat

Manfaat ini masih ada kaitannya dengan manfaat yang sebelumnya. Jika kita merasa tubuh kita sering kelelahan, sebaiknya kita mengonsumsi bumbu dapur ini secara teratur. Hal ini dapat meningkatkan stamina kita, sehingga tubuh kita tidak akan mudah merasa lelah. Karena tubuh yang sering kelelahan akan sangat mengganggu aktifitas kita sehari-hari, lebih-lebih bagi orang-orang yang kerjanya berat, harus menggunakan banyak stamina.

7. Melindungi Kesehatan Kulit

Bawang putih juga bisa melindungi kulit kita. Kulit akan tetap terlihat bersinar dan lembut jika jika sering mengonsumsi bawang putih secara teratur. Karena di dalam kandungan bawang putih terdapat antimikroba yang mana bisa menjaga sel-sel kulit, sehingga kulit tetap sehat.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Kemudian manfaat yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Dalam kandungan bawang putih terdapat kalsium yang mana berfungsi untuk menjaga tulang akan tetap sehat. Tulang yang sehat tentunya tidak akan terjadi adanya pengeroposan. Dan juga bawang putih ini bisa mencegah terjadinya osteoporosis, salah satu penyakit yang terjadi pada tulang ketika memasuki usia lanjut.

9. Mencegah Timbulnya Jerawat

Lalu manfaat yang terakhir adalah mencegah timbulnya jerawat, baik jerawat yang ada pada wajah maupun pada tubuh. Senyawa antibakteri yang ada pada bumbu dapur ini bisa mencegah timbulnya jerawat. Karena jerawat timbul oleh beberapa bakteri yang aa pada tubuh kita. Jika seseorang setiap hari mengonsumsi bawang putih, maka bakteri itu pun akan dibasmi dengan seketika, sehingga jerawat tidak akan timbul pada wajah kita dan tubuh kita.

Belum ada Komentar untuk "9 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel