>

4 Tips Jitu agar Cepat Lancar Berbicara Bahasa Inggris

Tips Cepat Lancar Berbicara Bahasa Inggris

VADCOY - Seperti yang sudah kita ketahui, bahasa yang digunakan untuk menghubungkan antara negara satu dan negara yang lain adalah bahasa Inggris. Saat mereka saling berkomunikasi, mereka tidak bisa menggunakan bahasa dari masing-masing negaranya, akan tetapi mereka harus menggunakan bahasa penghubung. Bahasa penghubung itu adalah bahasa Inggris. 

Bahasa Inggris pastinya wajib dan harus dipelajari oleh orang-orang yang sering melakukan perjalanan keliling dunia. Mau tidak mau, dia harus menggunakan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang tinggal di negara yang dia kunjungi tersebut. Kecuali jika dia berkomunikasi dengan orang yang masih satu negara dengannya, maka dia bisa menggunakan bahasa negaranya. Misalnya ada orang Jepang yang pergi ke negara Perancis, maka orang Jepang itu harus bicara dengan bahasa Perancis terlebih dahulu, jika tidak bisa bahasa Perancis dia harus menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa penghubungnya.

Selain menjadi bahasa penghubung antar negara, bahasa Inggris juga menjadi bahasa yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya jika kita seorang pekerja kantoran yang setiap harinya bekerja menggunakan komputer. Dia akan selalu menemukan kosa kata bahasa Inggris pada komputer tersebut. Jadi, mau tidak mau dia harus menghafal kosa kata tersebut, atau dalam bahasa Inggis biasa disebut vocabulary.

Untuk itu, dalam menghadapi zaman yang terus berkembang dan maju ini, kita perlu menguasai bahasa Inggris. Terutama dalam skill berbicara bahasa Inggris, yang nantinya akan sangat berguna sekali dalam menghadapi persaingan kerja. Admin di sini akan memberitahu 4 tips jitu, agar dalam belajar berbicara bahasa Inggris bisa cepat lancar.

1. Pergi Langsung ke Negara yang Masyarakatnya Berbicara Bahasa Inggris


Tips yang pertama jika kita ingin berbicara bahasa Inggris agar cepat lancar adalah pergi langsung ke negara yang masyarakatnya berbicara bahasa Inggris. Ada beberapa negara yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-harinya, seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Singapura, Australia, dan yang lainnya. Dengan kita pergi langsung ke negara-negara tersebut, lalu kita tinggal minimal selama sebulan saja, maka jangan heran jika bahasa Inggris dalam berbicara akan cepat lancar.
Apalagi jika kita tinggal lebih dari satu bulan, misalnya setengah tahun atau bahkan lebih dari satu tahun. Sudah dipastikan, secara otomatis bicara bahasa Inggris kita cepat lancar, bahkan fasih dalam pelafalannya (pronounciation). Silahkan Anda coba sendiri untuk membuktikannya dengan pergi langsung ke salah satu negara tersebut! Dengan syarat, Anda harus berbicara dan bersosialisasi dengan masyarakat di sekitar Anda. Jika Anda hanya tinggal dan diam di rumah saja, maka tidak ada perubahan pada bahasa Inggris Anda.

2. Pergi ke Tempat yang Kebanyakan Orangnya Berbicara Bahasa Inggris


Apabila tips yang pertama tidak bisa, mungkin dikarenakan membutuhkan biaya yang besar. Selanjutnya tips yang kedua adalah pergi ke tempat yang orang-orangnya berbicara hanya menggunakan bahasa Inggris. Berbeda dengan tips yang pertama, tips yang kedua ini berbicara bahasa Inggris hanyalah minoritas, bukan mayoritas. Karena bahasa Inggris bukan sebagai bahasa resmi dan bahasa lokal pada negara tersebut. Misalnya seperti negara India, Indonesia, China, Jepang dan yang lainnya.

Jika kita tinggal di negara Indonesia yang mayoritas masyarakatnya menggunakan bahasa Indonesia, maka kita harus mencari tempat yang kebanyakan orangnya berbicara bahasa Inggris. Karena jika kita tidak melakukan hal demikian, maka bahasa Inggris kita tidak akan cepat lancar, apalagi fasih. Di Indonesia ada beberapa tempat yang seperti itu, seperti Kampung Inggris Pare, Kampung Inggris Semarang, Pondok Pesantren Gontor, dan yang lainnya.

Minimal setengah tahun atau satu tahun kita tinggal di daerah tersebut, misalnya di Kampung Inggris Pare yang sangat mendukung untuk melancarkan bahasa Inggris kita. Bedanya, jika tips yang pertama mau tidak mau dan bisa tidak bisa kita harus berbicara bahasa Inggris. Karena jika kita menggunakan bahasa Indonesia, masyarakat (orang Asing) di negara tersebut tidak akan mengerti ucapan kita. Tapi jika tips kedua ini, kita masih bisa menggunakan bahasa lokal apabila keadaan kita benar-benar terdesak dikarenakan tidak tau kosa kata atau sedang malas dalam berbicara bahasa Inggris. 

3. Cari Teman atau Partner yang sama-sama Mau Belajar Bahasa Inggris


Kita juga tidak bisa melakukan tips yang pertama dan kedua karena tidak mempunyai banyak biaya untuk melakukannya. Lalu ada tips yang ketiga, yaitu carilah teman yang sama-sama mempunyai niat untuk belajar bahasa Inggris. Walaupun hanya berdua saja, asalkan sama-sama punya niat yang kuat, maka kita akan bisa berbicara bahasa Inggris dengan lancar dan fasih.
Dalam belajarnya, usahakan untuk praktik bebicara bahasa Inggris ketika bertemu. Ketika pergi kemana-mana juga usahakan menggunakan bahasa Inggris. Pada tips yang ketiga ini bergantung pada kuantitas pertemuan dan lamanya praktik berbicara. Jika sering bertemu dan sering mempraktikannya, maka dalam jangka waktu dekat kita akan bisa berbicara bahasa Inggris dengan cepat dan lancar. Sebaliknya, jika jarang bertemu dan jarang praktik berbicara, maka tidak akan bisa cepat lancar dalam jangka waktu pendek, malahan membutuhkan waktu yang lama jika demikian.

Oleh karena itu, kuatkan niat masing-masing! Atur jadwal pertemuan dan jadwal praktik berbicara! Semakin sering bertemu semakin bagus, dan semakin sering praktik semakin cepat lancar bahasa Inggrisnya.

4. Praktik Berbicara Bahasa Inggris Sendirian


Jika dari ketiga tips di atas memang tidak bisa kita terapkan sama sekali. Mungkin dikarenakan lingkungan kita yang kurang mendukung, maka ada cara terakhir. Kita bisa praktik berbicara bahasa Inggris dengan diri kita sendiri. Caranya pun bermacam-macam, bisa dengan teks pidato yang diulang-ulang, atau dengan teks drama dengan memerankan beberapa pemain. Atau juga dengan berjalan-jalan di lingkungan kita dengan melihat setiap benda yang kita lihat, lalu kita gunakan benda tersebut menjadi sebuah kalimat dalam bahasa Inggris.

Tentunya hal tersebut haruslah diulang-ulang. Jika kita tidak mengulangnya, maka bahasa Inggris kita tidak akan bisa cepat lancar. Jangan lupa juga mendengarkan lagu-lagu Inggris yang tujuannya untuk mengetahui cara pelafalan kata-kata dalam bahasa Inggris. Atau juga bisa menonton film-film yang menggunakan bahasa Inggris. Hal ini bisa membantu kita dalam belajar bahasa Inggris, baik dalam tata bahasa (grammar), pendengaran (listening), ataupun berbicara (speaking).

Itulah 4 tips jitu agar cepat lancar berbicara bahasa Inggris yang bisa Admin sampaikan. Memang, sebenarnya untuk bisa cepat lancar bergantung niat dan kuantitas waktu praktik yang dilakukan. Walaupun lingkungan kita mendukung untuk belajar berbicara bahasa Inggris, namun kita jarang mempraktikkannya maka itu akan percuma dan sia-sia. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua!

Belum ada Komentar untuk "4 Tips Jitu agar Cepat Lancar Berbicara Bahasa Inggris"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel