>

2 Penyebab Hilangnya Keperawanan Seorang Perempuan

2 Penyebab Hilangnya Keperawanan

VADCOY - Seperti yang kita ketahui, keperawanan adalah salah satu anugrah yang diberikan Allah kepada kaum hawa. Keperawanan juga merupakan daya pikat perempuan kepada lawan jenisnya. Sudah menjadi suratan, kebanyakan laki-laki menginginkan perempuan yang masih terjaga keperawanannya. Sebagaimana sesuai sabda Rasulullah SAW:

تَزَوَّجُوا الأَبْكَارَ فَإِنَّهُنَّ أَعذَبُ أَفْوَاهًا وَأَنْتَقُ أَرْحَامًا وَأَرْضَى بِالْيَسِيرِ
Artinya:
"Menikahlah dengan wanita yang masih gadis (perawan), karena mereka lebih segar baunya, lebih subur rahimnya, dan lebih rela dengan yang sedikit (menerima keadaan). (H.R. Ibnu Majah dan Baihaqi)

Lalu, bagaimanakah kategori perempuan yang masih perawan? Kategori perempuan yang masih perawan adalah perempuan yang selaput daranya masih utuh, selaput dara juga bisa disebut dengan hymen. Jadi, perempuan yang selaput daranya sudah tidak utuh lagi, maka dia bukan seorang perempuan yang masih perawan atau sudah tidak perawan lagi.

Dalam masalah ini, ada 2 penyebab seorang perempuan kehilangan keperawanannya. Berikut ini adalah penyebab-penyebabnya.

1. Hilangnya keperawanan karena berhubungan badan

Penyebab yang pertama ini mungkin bagi kebanyakan orang sudah mengetahuinya, dan tentunya hal ini sudah menjadi umum di kalangan masyarakat jika hubungan badan bisa menyebabkan keperawanan hilang. Berhubungan badannya pun sampai kepunyaan lelaki benar-benar masuk ke dalam kepunyaan perempuan. Jika belum masuk sama sekali, maka perempuan itu masih berstatus sebagai perawan.

Pada kasus penyebab yang pertama ini, baik berhubungan badan dengan cara yang halal (menikah) atau yang haram (tanpa menikah), tetap saja menjadikan seorang perempuan sudah tidak perawan lagi. Jika demikian, dalam masalah pernikahan perempuan tersebut bebas memilih calon suaminya sendiri tanpa adanya paksaan dari walinya. Sebab dia sudah ditetapkan menjadi janda.

الثَّيِّبُ أَحَقُّ بِنَفْسِهَا مِنْ وَلِيِّهَا، وَالْبِكْرُ يَسْتَأْذِنُهَا أَبُوْهَا فِي نَفْسِهَا وَإِذْنُهَا صُمَاتُهَا
Artinya:
Janda itu lebih berhak atas dirinya daripada walinya. Sedangkan gadis (perawan), ayahnya meminta izin kepadanya untuk menikahkannya dirinya, dan diamnya adalah izinnya. (H.R. Muslim)


2. Hilangnya keperawanan karena bukan berhubungan badan

Penyebab yang kedua adalah hilangnya keperawanan karena bukan berhubungan badan. Misalnya seperti yang diakibatkan karena meloncat-loncat, akibat olahraga berat, memasukan jari-jemarinya sendiri, dan yang lainnya. Biasanya penyebab yang kedua ini umumnya akibat kecelakaan atau tidak disengaja. Berbeda dengan memasukan jari-jemari, hal itu adalah termasuk disengaja yang disebabkan karena melajang terlalu lama.

Pada kategori yang kedua ini, menurut Muhyiddin Syarf an-Nawawi terdapat 2 pendapat. Pertama, dia dikategorikan masih perawan, dan kedua, dia dikategorikan sudah tidak perawan lagi. Adapun dalam masalah pernikahannya, baik perempuan atau walinya sama-sama memiliki hak. Perempuan memiliki hak untuk memilih calonnya, sedangkan walinya memiliki hak untuk menikahkannya. Akan tetapi, perempuanlah yang lebih diutamakan daripada walinya.

Perempuan didahulukan jika ada perselisihan di antara keduanya. Misalnya walinya sudah menemukan calonnya, tapi perempuan tersebut tidak setuju, maka walinya tidak boleh memaksanya. Tapi, jika perempuan sudah menemukan calonnya, tapi walinya tidak setuju, maka dalam hal ini walinya boleh dipaksa menikahkannya. Jika dia tidak mau menikahkannya, maka wali hakim yang akan menikahkannya.
Oleh karena itu, jagalah dirimu wahai kaum hawa, karena keperawanan harganya sangat mahal. Jangan sampai keperawananmu direnggut oleh lelaki yang tidak ada ikatan pernikahan. Jagalah keperawananmu! Karena itu adalah sebagai hadiah untuk suamimu saja dalam ikatan pernikahan yang sah.

Begitu juga untuk para lelaki, janganlah kalian merenggut keperawanan perempuan tanpa adanya ikatan pernikahan! Bayangkan oleh kalian jika dia adalah ibumu, adik perempuanmu, dan kakak perempuanmu. Maka jagalah perempuan manapun dengan sebaik-baiknya! 

Wallahu A'lam Bishawab

Belum ada Komentar untuk "2 Penyebab Hilangnya Keperawanan Seorang Perempuan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel