>

Tujuan-Tujuan Bank Syariah di Indonesia

Tujuan Bank Syariah

VADCOY - Bank adalah lembaga perantara keuangan atau biasa disebut financial intermediary, artinya adalah lembaga dalam aktivitasnya berkaitan dengan masalah keuangan. Oleh karena itu, masalah bank akan selalu dikaitkan oleh masalah keuangan yang merupakan alat pelancar terjadinya perdagangan yang utama. Kegiatan dan usaha bank akan selalu dikaitkan dengan komoditas, antara lain: memindahkan uang, menerima, dan membayarkan kembali uang nasabah, membeli serta menjual surat-surat berharga, dan memberi jaminan bank.

Bank Syariah

Bank syariah adalah bank yang beroperasi dengan tidak mengandalkan pada bunga. Bank tanpa bunga ini adalah lembaga keuangan/perbankan yang operasional dan produknya dikembangkan berlandaskan pada al-Qur’an dan Hadis Nabi SAW. Dengan kata lain, deinisi dari Bank Syariah itu sendiri adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan pembiayaan dan jasa-jasa lainnya dalam lalu lintas pembayaran serta peredaran uang yang pengoperasiannya disesuaikan dengan prinsip syariat Islam.

Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat memiliki kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi, baik kebutuhan primer, sekunder, maupun tersier. Adakalanya masyarakat tidak memiliki cukup dana untuk kehidupan. Lalu solusinya adalah munculah jasa pembiayaan yang ditawarkan oleh Lembaga keuangan bank maupun Lembaga keuangan non-bank.

Sejak zaman Rasulullah SAW, pembiayaan yang dilakukan dengan akad yang sesuai syariah telah menjadi bagian dari tradisi umat Islam, hal ini merupakan sejarah perekonomian umat Islam. Dengan demikian fungsi-fungsi utama perbankan yaitu menerima, menyalurkan dan melakuakan transfer dana yang telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan.

Pada saat ini, pasar keuangan syariah sedang mengalami perkembangan yang marak di dunia, khususnya di negara-negara yang mayoritasnya berpenduduk muslim. Pasar keuangan syariah lahir dengan konsep dan filosofi yang berbeda dengan pasar keuangan konvensional. Lalu, lembaga keuangan syariah pun terlahir dengan konsep melarang penerapan bunga dalam semua transaksi karena termasuk kategori riba.



Bagian dari konsep yang lebih luas tentang ekonomi Islam merupakan sistem keuangan dalam perbankan Islam, yang tujuannya tidak lain adalah sebagaimana dianjurkan oleh para ulama, memberlakukan sistem nilai dan etika Islam ke dalam lingkungan ekonomi. Dengan hadirnya bank syariah, adalah salah satu jawaban dari semua perkembangan keuangan terutama pada keuangan Syariah. 

Tujuan Bank Syariah

Bank syariah memiliki tujuan yang lebih luas dibandingkan dengan bank konvesional, berkaitan dengan keberadaannya sebagai institusi komersial dan kewajiban moral yang disandangnya. Selain bertujuan meraih keuntungan sebagimana layaknya bank konvensional pada umumnya, bank syariah juga bertujuan sebagai berikut. 
  1. Menyediakan lembaga keuangan perbankan sebagai sarana meningkatkan kualitas kehidupan sosial ekonomi masyarakat, pengumpulan modal dari masyarakat diharapkan dapat megurangi kesenjangan sosial guna tercipta peningkatan pembangunan nasional yang semakin mantap. Metode bagi hasil akan membantu orang yang lemah permodalannya untuk bergabung dengan bank syariah untuk mengembangkan usahanya. Metode bagi hasil ini akan memunculkan usaha-usaha baru dan pengembangan usaha yang telah ada, sehingga dapat mengurangi pengangguran.
  2. Meningkatkan partisipasi masyarakat banyak dalam proses pembangunan, karena keengganan sebagian masyarakat untuk berhubungan dengan bank yang disebabkan oleh sikap menghindari bunga telah terjawab oleh bank syariah. Metode perbankan yang efisien dan adil akan menggalakan usaha ekonomi kerakyatan.
  3. Membentuk masyarakat agar berpikir secara ekonomis dan berperilaku bisnis untuk meningkatkan kualitas hidupnya.
  4. Berusaha bahwa metode bagi hasil pada bank syariah dapat beroperasi, tumbuh, dan berkembang melalui bank-bank dengan metode lain.

Belum ada Komentar untuk "Tujuan-Tujuan Bank Syariah di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel