>

Syarat-Syarat Menjadi Public Speaker yang Baik

Public Speaker

VADCOY - Pembicara publik atau "Public Speaker" adalah orang yang melakukan kegiatan berbicara di hadapan orang banyak. Seseorang yang dijuluki public speaker ini biasanya dikarenakan memiliki kemampuan dan keahlian khusus untuk berbicara di depan umum. Dalam kasus sehari-hari, terutama dalam masyarakat Indonesia, pembicara publik biasa dikenal dengan da'i atau muballigh, motivator, inspirator, presenter, dan yang sejenisnya.

Menjadi pembicara publik tidaklah mudah, tentunya modal utama untuk menjadi seperti ini adalah mental dan kepercayaan diri. Namun, ada juga beberapa syarat yang harus dimiliki seseorang agar menjadi public speaker yang baik. Jika syarat-syarat ini sudah dimiliki oleh seseorang, maka panggilan akan datang dari sana-sini tidaklah mustahil. Jika berbagai panggilan sudah datang seperti itu, income pun akan terus-menerus mengalir padanya.

Berikut ini adalah syarat-syarat untuk menjadi public speaker yang baik. 

1. Power of Voice

Syarat yang pertama adalah power of voice atau kekuatan suara. Seorang pembicara publik suaranya harus bisa didengar secara jelas oleh para audience atau pendengar yang posisinya berjarak dengannya. Untuk itu diperlukan keterampilan vocal yang memadai, seperti artikulasi, nada, volume, dan tempo. Hal inilah yang harus dimiliki oleh seorang pembicara publik.



2. Expression

Syarat yang kedua adalah expression atau ekspresi suara. Seorang pembicara publik juga harus memiliki ekspresi suara yang bisa dirasakan oleh para pendengar. Seperti halnya motivator yang biasanya memunculkan ekspresi penuh semangat engan pilihan kata-kata yang unik. Misalnya kata "Dahsyat!", "Luar biasa", "Super", "Ajaib", "Sukses", dan sebagainya. Adapun pembicara publik yang menakjubkan adalah seorang yang mempunyai ciri khas ekspresi suaranya, sehingga bisa dikenal oleh para pendengarnya.

3. Body Language

Syarat yang ketiga adalah body language atau bahasa tubuh. Adapun bahasa tubuh ini adalah yang mampu mendukung kalimat dan suara yang dilontarkan menjadi lebih hidup. Seperti halnya gerakan tubuh presenter terkemuka, kita bisa lihat mereka menggunakan bahasa tubuh yang indah dan enak untuk dipandang. Tentunya hal tersebut tidak akan membuat para audience merasa jenuh dan bosan, mereka akan terus memperhatikan acara yang dipandu oleh presenter tersebut sampai acara selesai.

4. Mind Management

Syarat yang terakhir adalah kemampuan mengelola pikiran atau mind management. Pikiran adalah kekuatan utama yang menggerakan perasaan dan perkataan seseorang saat berbicara di depan publik. Jadi, kualitas seorang pembicara publik sangat dipengaruhi oleh kualitas pikirannya.

Belum ada Komentar untuk "Syarat-Syarat Menjadi Public Speaker yang Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel