>

Jenis-Jenis Penelitian dalam Karya Tulis Ilmiah

Jenis Penelitian

VADCOY - Dalam khazanah penelitian, setidaknya ada empat jenis penelitian yang sering digunakan dalam penulisan karya tulis ilmiah, seperti skripsi dan tesis. Berikut ini adalah jenis-jenis penelitian tersebut.

1. Research and Development (R & D)

Jenis penelitian pengembangan atau yang sering dikenal dengan nama R&D, menurut Borg dan Gall adalah penelitian yang dilakukan dalam skala kecil. Sehingga tahapan-tahapan penelitian ini tidak perlu merujuk pada seluruh model pengembangan yang dilakukan. Biasanya, hasil penelitian jenis ini berupa produk yang dapat digunakan secara langsung dan bermanfaat secara praktis. Contohnya, CD media pembelajaran, alat peraga edukasi, dan lain sebagainya.

Secara umum penelitian jenis ini menggunakan tiga tahap, yaitu analisis, desain, dan pengembangan. Tetapi dalam setiap tahapan tersebut, terdiri atas beberapa prosedur, dan setiap prosedur mempunyai langkah-langkah tersendiri.

2. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Secara harfiah, PTK berasal dari bahasa Inggris, yaitu classroom action research yang artinya penelitian tindakan yang dilakukan di dalam kelas. Jadi, penelitian tindakan kelas adalah pencermatan dalam bentuk tindakan kelas terhadap kegiatan belajar yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan.



Dengan demikian, skripsi atau tesis yang menggunakan penelitian jenis ini hanya untuk mahasiswa dari jurusan kependidikan atau tarbiyah. Mahasiswa dalam melakukan penelitian harus terjun ke sekolah dan masuk ke dalam kelas.

3. Penelitian Lapangan

Penelitian lapangan adalah penelitian yang dilakukan dengan mengambil data-data faktual yang sifatnya autentik di lapangan. Penelitian lapangan biasanya mengandalkan pengamatan dan wawancra dalam pengumpulan datanya. Misalnya ketika di lapangan, peneliti membuat catatan sederhana. Kemudian sesampainya di rumah atau tempat lain, ia mengolahnya dalam format baku data lapangan. Catatan sederhana yang dibuat di lapangan tersebut biasanya disebut catatan lapangan. Dalam penelitian jenis ini ada dua jenis, yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif.

4. Penelitian Literatur (Kepustakaan)

Penelitian literatur sering juga disebut dengan istilah penelitian kepustakaan (library research). Penelitian kepustakaan lebih memerlukan olahan filosofis dan teoritis daripada uji empiris di lapangan. Karena sifatnya teoritis dan filosofis, maka penelitian kepustakaan ini sering menggunakan pendekatan filosofis.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Penelitian dalam Karya Tulis Ilmiah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel