>

Gak Mau Menyesal? Ingat Lima Perkara Ini

Ingat Lima Perkara Ini
VADCOY - Allah menjadikan hidup dan kehidupan ini bukanlah untuk main-main dan tidak pula sia-sia, kita harus bisa mengelola kehidupan di dunia dengan sebaik-baiknya, agar kita semua tidak tergolong orang yang rugi dan celaka. Hal tersebut seperti sawah yang ditanami dengan padi, buah atau sayuran yang banyak dan suatu saat nanti pasti kita bisa memanennya dengan hasil yang bermanfaat dan banyak pula.

Kehidupan di dunia pun sama, ketika kita menanam kebaikan maka yang akan kita petik adalah buah pahala. Begitu pun sebaliknya, jika yang kita tanam kejahatan, maka dosa dan siksalah yang akan kita terima di akhirat nanti. Oleh sebab itu, mari kita gunakan kehidupan di dunia ini dengan sebaik-baiknya dan melakukan amal saleh. Seperti hadis di bawah ini.

اغتنم خمسا قبل خمس: شبابك قبل هرمك، وصحتك قبل سقمك، وغناك قبل فقرك، وفراغك قبل شغلك, وحياتك قبل موتك

"Manfaatkanlah lima perkara sebelum datang nya lima perkara : waktu muda mu sebelum datang waktu tua mu, waktu sehat mu sebelum waktu sakitmu, masa kayamu sebelum datang masa miskin mu, masa luang mu sebelum masa miskinmu, hidupmu sebelum datang matimu."

Berikut ini adalah penjelasan dari 5 perkara tersebut.

1. Waktu Mudamu sebelum Waktu Tuamu

Jika waktu muda kita sudah malas beribadah, jangan harap waktu tua kita bisa giat untuk beribadah. Masa muda adalah masa yang baik, di mana pada masa ini kondisi fisik badan kita masih kuat, masih sehat, pikiran kita masih penuh dengan ide-ide kreasi seperti pribahasa "belajar di waktu muda bagaikan mengukir di atas batu, sedangkan belajar di waktu tua, bagaikan mengukir di atas air".

Apalagi untuk orang yang masih muda, jangan sia-siakan waktu muda kalian hanya untuk bersenang senang, berfoya-foya, apalagi digunakan untuk bermalas-malasan. Masa muda adalah masa di mana harus banyak-banyaknya mencari ilmu agar bisa dijadikan bekal dihari tua nanti. Semua ilmu harus bisa dipelajari bukan hanya ilmu dunia saja, tapi ilmu agama akhirat pun wajib dikuasai. Kenapa harus seperti itu? Karena orang yang hanya belajar ilmu dunia saja maka bagaikan orang yang buta, sedangkan orang yang hanya belajar ilmu akhirat saja maka dia akan pincang. Jadi, jika tidak memiliki keduanya maka cacatlah keduanya.

2. Masa Sehatmu sebelum Masa Sakitmu

Nabi Muhammad berpesan kepada kita semua untuk selalu menjaga kesehatan dan menggunakannya untuk taat beribadah kepada Allah. Yuk.. maka dari itu saling mengingatkan untuk menggunakan tubuh kita yang sehat untuk beribadah, salah satunya pergi ke masjid untuk solat berjamaah. Apalagi melakukan ibadah dengan istiqomah insya Allah gakan pernah punya rasa cape karena sudah terbiasa jikalau nanti kita tertimpa musibah sakit, kita sudah punya bekal beribadah yang istiqomah, maka ketika sakit pahala beribadah sudah banyak, dan pasti akan terasa berat meninggalkan keistiqomahan itu.



Tidak perlu banyak mengeluh, karena sakit membuat susah untuk beribadah, tapi kita harus bisa mencontoh Nabi Ayub walaupun separah apapun sakitnya dia masih mau beribadah, sekalipun harus memindahkan belatung terlebih dahulu ketika hendak sholat. Jadi kita harus banyak bersyukur Allah masih memberikan kita sehat maka kita gunakan sebaik baiknya kesehatan kita untuk beribadah kepada Allah.

3. Masa Kayamu sebelum Masa Miskinmu

Kekayaan adalah salah satu anugerah dari Allah yang harus kita gunakan sesuai perintah Allah, Allah memberikan kita harta untuk dibelanjakan di jalan Allah. Jangan sampai kita menutupkan kenikmatan yang telah di berikan Allah untuk orang fakir miskin, yatim lewat jalan kita untuk memperjuangkan agama Allah. Karena disetiap harta yang kita miliki ada hak untuk mereka. Contohnya ketika kita diberikan harta yang banyak cukup sedekah 10 % nya saja misalkan dari uang 100 ribu kita cukup sedekah kan 10 ribu saja, kita tidak akan rugi, harta kita tidak akan habis dan itu sangat bermanfaat untuk orang lain, Allah juga akan menjaga harta kita dan menambahkannya, Amiiinnn.

4. Waktu Luang sebelum Waktu Sibukmu

Waktu luang adalah kesempatan emas untuk kita gunakan untuk beribadah kepada Allah , kapan lagi kita beribadah kalau sedang sibuk, sudah dipastikan sangat sulit apalagi untuk membaca Alqur'an. Jadi manfaatkan lah waktu luang sebelum datangnya waktu sibukmu.

5. Waktu Hidupmu sebelum Matimu

Rasulullah saw, mengajarkan kita untuk menggunakan kesempatan hidup kita, karena tidak mungkin kembali lagi kedunia jika sudah mati apalagi menunda nunda kematian, kematian datang tiba tiba tanpa ada yang tau siapa pun di dunia ini kecuali Allah , oleh sebab itu "sedia payung sebelum hujan" bersiap diri untuk datangnya ajal yaitu dengan melakukan perbuatan yang baik dan beribadah dengan sebaik baiknya.

Itulah 5 perkara yang membuat kita bahagia di dunia dan di akhirat, semoga bermanfaat.

Wallahu A'lam Bishawab

Belum ada Komentar untuk "Gak Mau Menyesal? Ingat Lima Perkara Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel