>

7 Macam Profil Wirausaha dalam Dunia Entrepreneurship

Profil Wirausaha

VADCOY - Dalam dunia entrepreneurship, ada beberapa macam profil wirausaha, terutama di negara Amerika Serikat. Tapi, di negara Indonesia juga ada beberapa dari profil-profil ini. Berikut ini adalah macam-macam profil wirausaha.

1. Woman Entrepreneur

Profil yang pertama adalah woman entrepreneur. Banyak wanita yang terjun ke dalam bidang bisnis. Adapun alasan mereka menekuni bidang bisnis ini karena didorong oleh beberapa faktor. Misalnya, wanita ingin memperlihatkan kemampuan prestasinya, membantu ekonomi rumah tangga, frustasi terhadap pekerjaan sebelumnya, dan lain sebagainya.

2. Minority Entrepreneur

Kaum minoritas terutama di negara Indonesia kurang memiliki kesempatan kerja di lapangan pemerintahan sebagaimana layaknya warga negara pada umumnya. Oleh karena itu, mereka menekuni kegiatan dalam bidang bisnis dalam kehidupan mereka sehari-hari. Demikian pula para perantau dari kelompok tertentu yang menjadi kelompok minoritas pada suatu daerah, mereka juga bergiat mengembangkan dunia bisnis.

3. Immigrant Entrepreneurs

Orang-orang pendatang yang memasuki suatu daerah biasanya sulit untuk memperoleh pekerjaan formal. Oleh karena itu, mereka lebih bebas terjun dalam pekerjaan yang bersifat non formal yang dimulai dari berdagang kecil-kecilan sampai berkembang menjadi pedagang tingkat menengah, dan tidak menutup kemungkinan menjadi pedagang yang sukses.

4. Part Time Entrepreneurs

Memulai bisnis untuk mengisi waktu luang atau part time merupakan pintu gerbang untuk berkembang menjadi usaha besar. Bekerja part time tidak mengorbankan pekerjaan di bidang lain, misalnya seorang pegawai pada sebuah kantor mencoba mengembangkan hobinya untuk berdagang atau hobi yang lainnya. Hobi ini akhirnya mendatangkan keuntungan yang lumayan. Ada kalanya orang ini beralih profesi dan berhenti dari seorang pegawai, kemudian beralih ke bisnis yang merupakan hobinya.



5. Home-Based Entrepreneurs

Ada pula ibu-ibu rumah tangga yang memulai bisnisnya dari rumah tangga, misalnya ibu-ibu yang pandai membuat kue dan aneka masakan. Kemudian ia mengirim kue-kue tersebut ke toko eceran di sekitar tempatnya. Akhirnya usaha makin lama makin maju. Usaha catering bisa dimulai dari rumah tangga yang biasa masak. Kemudian usaha ini berkembang melayani pesanan untuk pesta.

6. Family-Owned Business

Suatu keluarga bisa membuka berbagai jenis dan cabang usaha. Mungkin saja usaha keluarga ini dimulai lebih dulu oleh bapak, dan setelah usaha bapak maju lalu dibuka kantor cabang dan dikelola oleh ibu. Perusahaan ini pun menjadi maju, lalu membuka beberapa cabang lain mungkin jenis usahanya berbeda atau lokasinya berbeda. Masing-masing usaha ini bisa dikembangkan oleh anak-anak mereka. Dalam keadaan sulitnya lapangan pekerjaan pada saat ini, maka kegiatan semacam ini perlu dikembangkan.

7. Copreneurs

Corpreneursdibuat dengan cara menciptakan pembagian pekerjaan yang didasarkan atas keahlian masing-masing orang. Orang-orang yang ahli di bidang inidiangkat menjadi penganggung jawab divisi-divisi tertentu dari bisnis yang sudah ada.

Itulah macam-macam profil wirausaha yang telah dipaparkan. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca semua.

Belum ada Komentar untuk "7 Macam Profil Wirausaha dalam Dunia Entrepreneurship"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel