>

6 Sifat Pemimpin yang Sesuai dengan Ajaran Islam

6 Sifat Pemimpin
VADCOY - Menjadi seorang pemimpin tentunya mengemban tanggungjawab yang sangat berat. Terkadang seseorang tidak sadar, jika memimpin dirinya sendiri saja tidak bisa, apalagi harus memimpin orang lain. Namun, dalam ajaran Islam mengajarkan bagaimana seseorang bisa menjadi pemimpin yang baik. Ada beberapa sifat yang harus dimiliki seseorang jika dia ingin menjadi pemimpin yang baik menurut ajaran Islam. Sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin atau pengusaha yang sesuai dengan ajaran agama Islam adalah sebagai berikut.

1. Takwa dan Tawakal

Sifat takwa harus benar-benar dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Ada jaminan dari Allah bahwa barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, maka Allah akan memberinya jalan keluar, dan Allah akan memberinya rizki dari arah yang tak disangka-sangka. Tawakal adalah suatu sifat seseorang yang sepenuhnya menyerahankan dirinya kepada Allah secara aktif, tidak cepat menyerah. Sudah lumrah dalam berbisnis atau berwirausaha mengalami jatuh bangun sebelum bisnis itu benar-benar berhasil. Dunia bisnis ini sangat kompleks, persaingan sangat tajam, tetapi muncul pula bisnis baru yang seakan-akan tidak peduli dengan persaingan kiri kanan tersebut. Di sinilah kita perlu tawakal, seperti yang dijaminkan Allah bila kita tawakal: "Allah akan memberi rizki seperti burung-burung yang keluar sangkar di pagi hari dan pulang petang dengan kenyang". (HR. Tirmidzi).

2. Jujur

Pada suatu hadis diriwayatkan: "Kejujuran itu akan membawa ketenangan, dan ketidakjujuran akan menimbulkan keragu-raguan". Jujur dalam kegiatan berbisnis, mengukur, menimbang, membagi, berjanji, membayar utang, berhubungan dengan orang lain, maka hal tersebut akan membuat ketenangan lahir dan batin.

3. Niat Suci dan Ibadah

Bagi orang Islam melakukan bisnis adalah dalam rangka ibadah kepada Allah. Demikian pula hasil yang diperoleh dalam berbisnis akan dipergunakan untuk kembali di jalan Allah. Maka niatkan semuanya hanya untuk beribdah kepada Allah SWT. 



4. Toleransi

Toleransi juga salah satu sifat yang harus dianut oleh seorang pemimpin atau orang-orang yang bergerak dalam bidang bisnis. Dengan demikian, orang berbisnis itu tampak supel, mudah bergaul, komunikatif, praktis, tidak banyak teori, fleksibel, pandai melihat situasi dan kondisi, toleransi terhadap pelanggan, dan tidak kaku.

5. Bangun Subuh dan Bekerja

Rasulullah SAW telah mengajarkan agar mulai bekerja sejak pagi hari. Selesai solat subuh jangan tidur lagi, bergeraklah untuk bekerja. Karena para malaikat akan turun dan membagi rizki sejak terbit fajar sampai terbenam matahari.

6. Berzakat dan Berinfaq

Dalam berbisnis, mengeluarkan zakat dan infaq harus menjadi budaya muslim. Karena harta yang dikelola dalam bidang bisnis dan laba yang diperoleh, harus disisihkan sebagian untuk membantu anggota masyarakat yang membutuhkan. Dalam Islam sudah dijelaskan bahwa harta yang dizakatkan dan diinfaqkan tidak akan hilang, melainkan menjadi tabungan yang berlipat ganda, baik di dunia maupun di akhirat.

Wallahu A'lam Bishawab

Belum ada Komentar untuk "6 Sifat Pemimpin yang Sesuai dengan Ajaran Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel