>

10 Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Osteoporosis

Faktor Osteoporosis

VADCOY - Osteoporosis atau yang sering biasa disebut dengan pengeroposan tulang adalah salah satu penyakit yang rentan menyerang orang-orang yang telah memasuki usia lanjut. Tapi, bukan hanya mereka saja yang rentan terserang oleh penyakit ini, ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya osteoporosis. Apa saja faktor-faktornya? Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya osteoporosis (pengeroposan tulang) pada seseorang.

1. Usia

Faktor yang pertama adalah usia. Dengan bertambahnya usia, semakin besar pula terjadinya osteoporosis pada seseorang. Terutama bagi orang-orang yang telah mencapai usia 50 tahun ke atas.

2. Keturunan

Faktor yang paling umum terjadinya pengeroposan tulang pada seseorang, sebagian besar disebabkan oleh faktor keturunan.

3. Jenis Kelamin

Wanita mempunyai risiko 6-8 kali lebih besar daripada pria, karena kepadatan tulang akan semakin berkurang setelah masa monopause.

4. Merokok

Seperti yang sudah kita ketahui, merokok mempunyai banyak efek negatifnya. Salah satunya merokok bisa menurunkan hormon estrogen, sehingga berisiko terjadinya pengeroposan tulang.

5. Kerangka Tubuh

Kerangka tubuh yang lebih kecil akan lebih mudah mengalami pengeroposan tulang, dibandingkan dengan kerangka tubuh yang lebih besar.



6. Haid

Wanita yang telah mencapai masa monopause lebih dini, akibat proses ilmiah maupun setelah operasi pengangkatan indung telur. Ia mempunyai risiko timbulnya pengeroposan tulang yang lebih besar akibat penurunan hormon estrogen secara tajam setelah masa monopause.

7. Masuknya Zat Kalsium dan Vitamin D

Faktor yang berikutnya adalah masuknya zat kalsium dan vitamin D. Masuknya zat kalsium dari diet yang tidak seimbang mampu menjadi penyebab pegeroposan tulang. Zat kalsium juga membantu mencegah hilangnya sel tulang secara cepat. Sedangkan vitamin D mempertahankan penyerapan zat kalsium.

8. Obat-Obatan Tertentu

Mengonsumsi obat-obatan tertentu bisa menyebabkan pengeroposan tulang dalam jangka waktu yang lama. Apalagi mengonsumsi jenis obat-obatan terlarang, maka bukan hanya menjadikan tulang keropos saja, akan tetapi bisa menjadikan tulang menjadi lemah.

9. Kurang Berolahraga

Orang yang rutin dan jarang berolahraga mempunyai kekuatan tulang yang berbeda. Biasanya orang yang rutin berolahraga cenderung memiliki tulang yang lebih kuat dibandingkan orang yang jarang berolahraga. Contoh seseorang memiliki tulang yang lemah, misalnya jika orang tersebut tersenggol sedikit saja oleh orang lain, maka ia akan merasa sakit akibat dari senggolan tersebut.

10. Hormon

Dengan bertambahnya usia, produksi hormon tertentu juga akan menurun. Misalnya hormon yang dihasilkan anak ginjal, sehingga bisa menyebabkan osteoporosis (pengeroposan tulang).

Belum ada Komentar untuk "10 Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Osteoporosis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel