>

6 Jenis Media Komunikasi yang Digunakan Manusia

Jenis Media Komunikasi

VADCOY - Ada 6 jenis media yang digunakan manusia dalam berkomunikasi. Mulai dari zaman dahulu sampai sekarang, media tersebut masih digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi. Berikut ini jenis-jenisnya.

1. Suara

Dari 6 jenis media komunikasi manusia, yang pertama adalah suara. Sebelum berkembangnya bahasa dan teks, manusia mengekspresikan makna lewat sistem komunikasi non bahasa, seperti sentuhan aroma atau penglihatan. Mode komunikasi ini mencakup segala jenis gerakan tubuh seperti gerak-gerik tangan, ekspresi wajah atau aksi-aksi. Ini juga mencakup lambang-lambang seperti tanda-tanda api atau papan-papan tanda. Selain itu, manusia juga berkomunikasi lewat lambang-lambang vokal primitif yang berhubungan dengan bahasa, seperti tawa, tangis, atau teriakan. Tetapi pesan yang disampaikan lewat ekspresi non bahasa itu terbatas. Sementara sejarah manusia berkembang, bahasa menggantikan teriakan-teriakan, gerak-gerik serta tanda-tanda yang primitif. Tetapi, pergeseran dari suara dan bahasa itu tidaklah seberapa. Menurut catatan teks yang ada, bahasa Sumerian muncul antara tahun 4000 Sebelum Masehi.

2. Teks

Teks semula muncul di dataran tinggi Mesopotamia di Timur Tengah, di mana penghuninya mencari nafkah dengan bertani dan beternak. Pahatan di loh-loh dari tanah liat memungkinkan para penghuninya melacak gandum serta ternak mereka. Semula bangsa Sumerian mensimulasi objek-objek nyata dengan garis-garis sederhana, membentuk semacam piktograf. Setelah itu, mereka gabungkan beberapa piktograf untuk mengekspresikan satu makna, sehingga membentuk ideogram. Lambang tulisan paling awal teks digunakan untuk menghitung ternak. Beberapa waktu kemudian, teks digunakan untuk mencatat ekspresi-ekspresi perpecahan sehari-hari, dan belakangan menjadi alat berekspresi dan berkomunikasi.


3. Musik

Musik bisa digunakan dengan peralatan komunikasi. Sekarang ini banyak suku aborigin masih berkomunikasi lewat musik. Ketika berburu, para pejuang menabuh drum untuk menghasilkan suara-suara yang dramatis. Ketika menuai panen, mereka berkumpul, menari, dan bernyanyi dengan gembira. Banyak lagi cinta yang indah dilantunkan oleh para kekasih untuk menyampaikan kasih sayang mereka lewat musik.

4. Animasi

Menggunakan animasi media relatif masih baru. Permainan bayang-bayang serta lentera-lentera ajaib Tionghoa di zaman dahulu bisa dianggap sebagai pendahulu animasi. Selain digambar dengan tangan, animasi tradisional juga dihasilkan dengan menggunakan patung tanah liat, boneka kertas, dan boneka gantung. Prinsipnya adalah mengambil gambarnya kerangka demi kerangka, lalu memutarnya dengan cepat untuk menciptakan ilusi aksi.

5. Video

Lebih dari 100 tahun yang lalu, orang-orang tidak bisa melestarikan gambar. Oleh karenanya, dua kelompok yang sedang berinteraksi harus menyaksikan suatu kejadian di saat yang sama dan di tempat yang sama. Karena ketika itu mustahillah menghasilkan ulang kejadian yang sama bagi masing-masing. Menggunakan video sebagai cara berkomunikasi belumlah umum, hingga ditekannya kamera film serta alat perekam video.


Adapun suatu teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan, dan menata ulang gambar bergerak disebut dengan video. Biasanya menggunakan sinyal elektronik, film seluloid, atau media digital. Video juga bisa dikatakan sebagai gabungan gambar-gambar mati yang dibaca berurutan dalam suatu waktu tertentu dengan kecepatan tertentu.

6. Grafik

Selanjutnya dari 6 jenis media komunikasi yang terakhir adalah grafik. Sebelum ditemukan teks, media komunikasi lain yang penting adalah grafik. Di antara berbagai relik prasejarah merupakan seni gua yang ditinggalkan manusia pada zaman dahulu. Umpamanya, di Lascaux Cave di Perancis Selatan, ada lukisan hewan di dinding batunya. Semua hewan dalam lukisan tersebut sangat jelas. Ada hewan yang digambarkan seolah-olah ingin keluar dari lukisannya.


Walaupun makna sejati dari lukisan ini tidak jelas, kita bisa memastikan bahwa maksud dari lukisan dinding ini adalah menyampaikan pesan. Bahkan setelah ditemukannya teks pun, grafik merupakan media komunikasi yang sangat penting bagi manusia. Dari 6 jenis komunikasi tersebut masih digunakan oleh manusia hingga saat ini, dan tidak menutup kemungkinan di masa mendatang akan lahir media-media komunikasi yang baru dan lebih canggih lagi.

Belum ada Komentar untuk "6 Jenis Media Komunikasi yang Digunakan Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel