>

Ciri-Ciri Pendidikan Kapitalistik yang Paling Menonjol

Ciri Pendidikan Kapitalistik

VADCOY - Pendidikan kapitalistik berasal berasal dari suatu orientasi yang berpandangan terhadap dunia, manusia, dan hubungan keduanya dengan segala perkembangannya yang hanya dilihat dari satu sisi. Pandangan terhadap dunia yang bersifat materi semata. Ada beberapa ciri yang menonjol pada pendidikan kapitalistik tersebut, berikut ini adalah ciri-cirinya.

1. Individualis dan Kebebasan

Dalam masyarakat kapitalis, ciri yang menonjol adalah individualis dan kebebasan tiap-tiap individu. Bahkan kebebasan tersebut berjalan melampaui batas kewajiban, sehingga setiap individu bebas bergerak sebebas-bebasnya. Tentunya, setiap individu memiliki kebebasan yang mutlak di dalam setiap hal kehidupannya. Setiap orang itu memiliki kebebasan berbicara, berserikat, berkumpul, bersikap, berperilaku, sesuai kemauan masing-masing orang sebagai wujud pelaksanaan Hak Asasi Manusia (HAM).

2. Memandang Sebelah Mata pada Orang Lain

Kemudian ciri yang kedua adalah individu di dalam masyarakat tersebut memandang sebelah mata atas hak orang lain, bahkan tidak mau mengakuinya. Setiap individu melihat, bahwa ia memiliki hak sepenuhnya di dalam melampiaskan syahwat dan hawa nafsunya. Meskipun hal itu akan merusak akhlak dan menghapus adat kebiasaan masyarakat di sekitarnya.

3. Enggan Mengikuti Aturan

Para tokoh pendidikan kapitalis ini akan menyerukan kebebasan tanpa batas di dalam pendidikan. Tentu saja mereka enggan untuk mengikuti aturan yang hendak mengekang kesenangan mengumbar syahwat atau hawa nafsu dan kekacauan pemikiran mereka (syubhat). Sekalipun aturan tersebut datangnya dari Sang Pencipta mereka (Tuhan Yang Maha Esa).
Mereka berpandangan, bahwa tidak akan ada kebaikan yang muncul di dalam kehidupan manusia, kecuali dengan membentangkan kebiasaan bagi setiap anggota masyarakat, baik itu wanita maupun pria.

4. Berkeyakinan Terhadap Tabiat dan Akal

Mereka meyakini bahwa keutamaan yang paling tinggi adalah yang telah ditetapkan oleh tabiat dan diakui oleh akal. Ketika setiap individu merasa puas dengan kebebasan dan telah menikmatinya di dalam menyelesaikan setiap permasalahan kehidupannya dengan caranya sendiri. Dan kesimpulan yang mereka hasilkan, akan lebih banyak mendatangkan manfaat daripada yang diberikan oleh masyarakatnya.

Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri Pendidikan Kapitalistik yang Paling Menonjol"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel