>

4 Manfaat Sinar Matahari Pagi bagi Kesehatan Tubuh

4 Manfaat Sinar Matahari

VADCOY - Siapa yang tidak tahu sinar matahari? Sinar matahari mempunyai dampak baik dan buruk bagi kesehatan kita. Jika kita terpapar sinar matahari pada siang hari, kita akan mendapatkan dampak buruknya. Tetapi jika kita berjemur di pagi hari, maka kita akan mendapatkan dampak baiknya atau manfaatnya. Apa saja dampak baik atau manfaat jika kita berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari? Berikut adalah ulasannya.

1. Mengurangi Kadar Gula Darah

Manfaat yang pertama adalah memberikan kemudahan glukosa untuk masuk ke dalam sel-sel tubuh manusia. Kemudian tubuh merangsang gula darah menjadi glycogen. Glycogen seterusnya disimpan di dalam hati dan otot, maka hal ini membuat kadar gula darah menjadi turun. Orang-orang yang memiliki kadar gula darah tinggi bisa mencoba untuk melakukan ini, yaitu berjemur di pagi hari.

2. Memperbaiki Pernafasan

Saat kita berjemur di pagi hari di bawah terik matahari, kapasitas darah di dalam tubuh akan meningkat dengan banyaknya oksigen yang dibawanya. Kandungan oksigen tersebut tersebar ke seluruh tubuh, terutama paru-paru sehingga bisa memperbaiki pernapasan kita. Hal ini sangat membantu bagi orang-orang yang sering terkena AC setiap harinya, setidaknya bisa memperbaiki paru-parunya.


3. Menyehatkan Tulang

Sinar matahari adalah sumber vitamin D utama dan paling besar yang hampir semua dokter menyepakatinya. Dengan meningkatnya vitamin D, maka kalsium dalam usus dapat diserap dengan baik. Penyerapan kalsium ini selanjutnya didistribusikan pada tulang, sehingga nutrisi utama tulang dapat terpenuhi dengan baik. Tulang yang tidak sehat bisa dikembalikandengan cara seperti ini, sekaligus terhindar dari penyakit tulang, seperti rakitis osteomalacia. Orang-orang yang sering duduk lama tulangnya biasanya terkena masalah. Oleh karena itu, dengan cara berjemur di pagi hari bisa mengatasi masalah ini.

4. Menghilangkan Kolesterol Darah

Proses hilangnya kolesterol darah sebenarnya seperti yang telah disinggung di atas karena vitamin D. Dengan sinar matahi pula kolesterol darah yang berada di bawah kulit diubah menjadi vitamin D. Kolesterol darah tersebut kemudian dibuang keluar melalui kulit. Saat kita berkeringat karena sinar matahari pagi, maka saat itulah kolesterol darah dibuang. Sehingga jantung pun akan terjaga dari serangan jantung yang mematikan.


Itulah 4 manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan tubuh kita, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Belum ada Komentar untuk "4 Manfaat Sinar Matahari Pagi bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel